Apa itu Zaman Mesozoikum? Berikut Ciri-Cirinya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
zaman-mesozoikum
Daftar Topik

Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum – Zaman prasejarah merupakan zaman yang sangat menarik untuk ditelusuri. Termasuk Zaman Mezosoikum yang juga terkenal dengan zaman Jurassic. Pada saat itu, banyak spesies dinosaurus yang muncul. Hingga kini, kebanyakan fosil dinosaurus berasal dari zaman tersebut. Kira-kira hal apa yang menjadi ciri-ciri lain dari zaman ini? Simak ulasan yang satu ini.

Perbedaan Zaman Mesozoikum dan Zaman Paleozoikum

Pengertian Zaman Paleozoikum

zaman-paleozoikum

Zaman Paleozoikum adalah era paling awal dalam sejarah Bumi. Nama “Paleozoikum” berarti “kehidupan kuno”. Zaman ini berlangsung dari sekitar 542 juta tahun yang lalu hingga 251 juta tahun yang lalu. Era ini memiliki waktu evolusi cepat, yang menyebabkan ledakan keanekaragaman organisme. Sehingga ada peningkatan besar dalam jumlah hewan dan tumbuhan di Bumi.

Zaman Paleozoikum juga disebut “zaman invertebrata.” Ini karena sebagian besar bentuk kehidupan di zaman ini adalah invertebrata, atau hewan tanpa tulang belakang.

Bukti fosil menunjukkan bahwa hewan pertama adalah air. Mereka mirip dengan ubur-ubur dan spons. Tumbuhan pertama juga air dan terdiri dari rumput laut, lumut, dan ganggang.

Ada banyak fosil dari zaman Paleozoikum yang telah ditemukan sejauh ini. Fosil-fosil ini menunjukkan berbagai hewan yang hidup selama periode ini, termasuk vertebrata awal seperti ikan, amfibi, serangga, arakhnida, krustasea, dan moluska.

Zaman Paleozoikum adalah periode waktu di mana iklim sedang hingga dingin. Ini juga dikenal sebagai “Zaman Ikan” karena menandai periode ketika ikan pertama kali berevolusi. Periode ini juga mencakup periode Kambrium yang  mewakili ledakan kehidupan.

Baca Juga: Biografi dan Jejak Sejarah Ki Hajar Dewantara

Pengertian Zaman Mesozoikum

zaman-mesozoikum

Sedangkan Zaman Dinosaurus ( Zaman Mesozoikum) adalah zaman setelah Zaman Paleozoikum. Zaman Mesozoikum adalah era geologi yang berlangsung dari sekitar 252,2 juta tahun yang lalu hingga 66 juta tahun yang lalu. Zaman ini adalah yang terpanjang dari tiga era geologi, berlangsung selama 165 juta tahun. Zaman ini bertepatan dengan periode Jurassic dan Cretaceous dalam sejarah geologi.

Zaman Jurassic sendiri adalah zaman dinosaurus. Berlangsung dari sekitar 200 juta tahun yang lalu hingga sekitar 145 juta tahun yang lalu. Selama waktu ini, dinosaurus paling beragam dan mendominasi Bumi. Setelah periode Jurassic dan dinosaurus punah, terdapat era yang terkenal dengan sebutan Periode Kapur.

Karenanya zaman ini juga sering disebut zaman dinosaurus. Karena banyaknya spesies dinosaurus yang muncul. Kepunahan semua dinosaurus non-unggas dan berakhir dengan kepunahan semua dinosaurus unggas merupakan ciri-ciri zaman Mesozoikum.

Zaman ini merupakan salah satu periode geologi terpenting dalam sejarah Bumi, karena menandai tren pendinginan yang mengakibatkan terbentuknya gletser. Zaman ini diikuti oleh era Paleogen dan Neogen.

Pada tahun 1855, sebuah fosil dari era Mesozoikum ditemukan. Fosil ini berasal dari spesies Ichthyornis. Ichthyornis adalah burung prasejarah yang hidup selama periode Jurassic. Spesies Ichthyornis ditemukan di Kansas, dan fosilnya hanya ditemukan di Amerika Utara dan Greenland.

Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum

zaman-mesozoikum

Sebagai kesimpulan, berikut ini rangkuman mengenai ciri-ciri Zaman Mesozoikum versi Blog elevenia:

  • Zaman Mezoikum merupakan era setelah Paleozoikum.
  • Berlangsung dari sekitar 252,2 juta tahun yang lalu hingga 66 juta tahun yang lalu. Atau selama 165 juta tahun.
  • Pada Zaman Mesozoikum terdapat banyak spesies dinosaurus yang muncul. Karena bertepatan dengan periode Jurassic.
  • Zaman Mesozoikum ditandai dengan kepunahan semua dinosaurus non-unggas dan berakhir dengan kepunahan semua dinosaurus unggas.
  • Pada Zaman Mesozoikum terdapat tren pendinginan yang mengakibatkan terbentuknya gletser.
risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP