Yuk Mulai Mengenal Ikan Mas Koki dan Jenisnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
goldfishes
Daftar Topik

Ikan koki, atau yang biasa kita sebut ikan mas koki, ikan yang punya ukuran umum 20cm ini termasuk dalam keluarga Cyprinidae. Dalam bahasa Inggris biasa dipanggil Goldfish. Yupp.. dengan image imut pada bentuknya serta warna – warnanya yang khas membuatnya tetap digemari dari dulu hingga saat ini he hee.. Tetapi kawan pembaca, sebelum kita lebih jauh mengupas tentang ikan ini, ada baiknya kita berbicara tentang sejarah ikan mas koki lebih dulu ya.

Sejarah Ikan Mas Koki


Dimulai ribuan tahun silam, pada saat masa Dinasti Jin (265-420 M). Ikan ini diambil di alam liar dan dipelihara sebagai ikan konsumsi di Cina. Dan termasuk komoditi pangan disaat itu. Berlanjut ke era Dinasti Tang (618-907 M). Pandangan masyarakat sudah berbeda saat itu, karena ikan koki sudah mulai populer , untuk dipelihara sebagai ikan hias di kolam penduduk setempat. Pada masa Dinasti Ming (1368-1644 M). Mulailah masyarakat sekitar mengembak biakkan, dengan perkawinan silang antar jenis mulai keluar jenis -jenis ikan mas koki baru. Dan pada masa ini juga ikan koki mulai didomestikasi. Pada tahun 1620, koki sudah populer di benua Eropa, karena kecantikannya dan “katanya” memberi sebuah nilai prestige pada saat itu. Selanjutnya, di tahun 1850 ikan ini sudah menyebar di benua Amerika, dan sampai saat ini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Sekarang, kita mulai mempelajari aneka macam jenis ikan koki yang ada di dunia. Apa gunanya kalo kita cuma pelihara saja tanpa mengetahui jenis koki apa yang kita punya. Ikan koki sendiri hingga saat ini sudah mencapai kurang lebih 200 ras beragam. Tetapi pada kenyataannya banyak sekali peternak ikan koki yang sudah menemukan strain baru namun belum begitu terangkat namanya. Oleh karena itu kita belajar ikan koki dari jenis yang populer di kalangan kita saja ya. Dan seperti biasa, kami lengkapi dengan gambar ikan koki yang akan kami bahas.

Beragam Jenis Ikan Mas Koki

Ranchu


Ikan mas koki jenis ranchu mempunyai ciri khas yang unik, yaitu tidak adanya sirip atas atau dorsal. Bentuk badannya-pun tidak sekasar Lionhead, walaupun dihasilkan dengan persilangan mas koki lionhead. Dikenal sangat unik, bahkan dijuluki sebagai Goldfish King atau Raja Ikan Mas. Variasi warna ikan koki ranchu ini juga banyak sekali, diantaranya merah, oranye, putih, merah putih, biru, hitam, hitam putih dll. Namun diantara beberapa warna tersebut yang paling banyak dicari oleh para penghobi dan kolektor adalah warna kuning agak pucat dengan warna kepala merah. Karena sulit sekali dicari dan sangat eksklusif.

Oranda


Mas koki oranda adalah salah satu mas koki yang terkenal di dunia. Struktur tubuhnya dan juga bentuk kepalanya hampir mirip dengan Koki Lionhead. Bedanya hanya pada sirip punggung, koki oranda memiliki sirip punggung, sedangkan lionhead tidak ada. Kemudian jika lionhead cenderung bulat dan besar, mas koki oranda badannya lebih terlihat panjang. Beberapa orang menganggap oranda juga merupakan keturunan dari lionhead. Namun beberapa pihak membantahnya dengan mengatakan bahwa oranda dihasilkan dari persilangan fantail.

Ryukin


Ikan mas koki ryukin berasal dari negara Jepang, ciri umumnya adalah memiliki sirip yang sangat besar. Bahkan dua kali lipat badannya. Selain itu punggungnya yang bungkuk terlihat seperti punuk unta dengan mulut yang menonjol ke depan. Kebanyakan mas koki Ryukin adalah berwarna cerah. Warna merah marun, putih, merah, merah putih dan abu – abu metalik mendominasi ikan jenis ini. Ikan mas koki ryukin mampu mencapai panjang lebih dari 20 cm jika perawatan yang kita lakukan maksimal.

Mata Gelembung /  Bubble Eye


Ikan mas koki mata gelembung mulai ditemukan di negara Cina. Bentuknya sangat unik dikarenakan posisi matanya yang tertutup gelembung besar. Gelembung di mata tersebut berukuran sangat besar, inilah yang membuat ikan mas koki bubble eye terlihat tidak proporsional dan jika kita asal-asalan merawatnya gelembung tersebut akan pecah. Namun, pecah tersebut bukan berarti ikan akan mati, dengan perawatan yang optimal maka gelembung di mata ikan hias tersebut akan besar kembali seperti sebelumnya. Ukuran ikan mas koki ini biasanya dapat mencapai 8 inchi.

Komet


Ikan mas koki komet merupakan jenis mas koki yang paling banyak dipelihara di Amerika Serikat, juga di Indonesia. Jika dilihat sekilas tidak ada yang istimewa dari mas koki komet ini, karena bentuknya yang ramping, sangat jauh dengan ikan mas koki dari jepang dan china. Ciri khas lain dari mas koki komet adalah ekornya yang panjang dan hanya satu/single tail.

Black Moor


Black moor juga merupakan jenis ikan mas koki yang banyak beredar di pasaran. Warna nya hitam gelap diselingi warna kuning emas. Matanya yang besar melotot menambah kesan keindahan pada ikan ini. Banyak orang percaya bahwa ikan mas koki black moor dapat membuang kesialan jika kita pelihara.

Jikin / Butterfly Tail


Jikin merupakan mas koki yang sangat sulit didapatkan. Termasuk salah satu endemik langka yang berasal dari Jepang. Disebut butterfly tail karena memang bentuk ekornya jika kita lihat berbentuk diagonal atau huruf X. Keindahan lain jenis mas koki ini adalah warna merah putih yang sebarannya teratur, yaitu di insang, bibir dan sirip bagian atasnya.

Choten Gan


Terlihat sangat aneh karena posisi matanya yang menengadah ke atas dan disangga oleh kantung mata yang cukup besar. Ikan mas koki ini berasal dari Korea dan China. Tidak mempunyai sirip atas dan tubuhnya tidak se-bulat bubble eye.

Calico


Calico mempunyai ciri khas bercak – bercak hitam kecil yang muncul di sisik dan sirip yang berwarna metalik. Yang mempercantik ikan ini adalah bercak hitam kecil yang tidak beraturan tersebut saling tumpang tindih dengan warna merah, kuning dan oranye. Ikan mas koki calico bisa mencapai panjang 12 inch.

Chinsurin / Sisik Mutiara


Chinsurin juga termasuk ikan mas koki yang paling unik. Hal yang sangat mencolok dari ikan ini adalah sisik nya yang timbul seperti kulit buah nanas. Dipanggil ikan mas koki mutiara / pearlscale karena sisiknya yang timbul berwarna seperti mutiara. Badannya yang bulat dan gemuk membuat sisiknya semakin terlihat menggemaskan. Selain itu sirip-siripnya juga berukuran kecil. Berasal dari Jepang dan diberi nama Chinsurin.

Fantail


Fantail memiliki struktur dan bentuk tubuh yang hampir sama dengan Ryukin. Tubuh koki fantail lebih bulat dengan ekor yang mekar panjang. Sirip atasnya berdiri tegak dan sirip bawahnya berjumlah 4 buah. Di Jepang, maskoki ini juga merupakan ikan hias yang sangat digemari.

Lionchu / Lionhead


Mas koki lionhead adalah jenis ikan koki yang paling terkenal di Jepang. Dikenal dengan benjolan di kepalanya yang merata seperti rambut singa. Bentuk badannya bulat seperti bola pingpong, siripnya pun kecil. Jika dilihat dengan seksama maka pada bagian pangkal ekornya condong dan melengkung ke bawah. Ekornya kecil namun mekar. Sekilas terlihat seperti mas koki oranda.

Hanafusa


Memiliki struktur tubuh dan kepala seperti Lionhead, namun bukan benjolan di kepalanya, melainkan adanya seperti daging yang tumbuh. Itupun hanya di bagian atas bibir dan bawah rahang saja. Bentuk badannya juga melengkung di bagian pangkal ekor, tetapi tubuhnya tidak se-gemuk lionhead dan ekornya lebih besar.

Demekin / Moor / Telescope Eyes


Keunikan ikan mas koki moor adalah matanya yang melotot keluar seperti teleskop. Variasi warnanya juga sangat banyak, tidak seperti black moor yang hanya dua warna. Bentuk mata ikan ini belum terlihat pada anakan yang berumur di bawah tiga bulan. Walaupun matanya berbentuk seperti teleskop, namun ikan ini memiliki indra penglihatan yang sangat buruk.

Panda Moor


Merupakan pecahan warna yang unik dari moor. Warnanya yang mewah perpaduan hitam dan putih membuatnya dijuluki mas koki panda. Struktur tubuh dan sirip sama persis dengan Black Moor.

Tosakin / Veiltail / Ekor Rumbai


Disebut juga sebagai ikan koki tosa. Banyak dipelihara karena keanggunan ekornya. Besar, panjang dan jika dilihat dari atas ekornya yang rumbai menjadi sangat indah. Bentuk punggungnya hampir seperti Ryukin, namun tubuhnya tidak terlalu bulat seperti Ryukin. Dibandingkan dengan jenis yang lain, veiltail merupakan ikan koki yang hiperaktif dan agresif.

Shubunkin


Tubuhnya langsing seperti komet, namun yang membedakan adalah warnanya yang beragam / fancy. Harus terdapat warna hitam, ungu, merah dll di bagian tubuh. Sebaran warna nya juga harus sampai ke sirip nya. Ikan mas koki shubunkin dibedakan menjadi dua yaitu Bristol dan London.

Sakura


Ikan mas koki sakura adalah salah satu jenis ikan koki mewah di dunia. Warnanya kebanyakan adalah warna metalik transparan dan pigmen warna utama di bagian tubuh adalah merah dan putih. Bisa dibilang sakura adalah calico tanpa warna hitam dan biru.

Wakin / Ikan Koki Biasa


Wakin adalah ikan mas koki jenis biasa / common goldfish yang paling mirip dengan nenek moyang ikan koki. Ekornya  masih single tail, warna dan struktur tubuhnya juga jauh sekali dibandingkan dengan ikan mas koki yang sudah menjadi trend masa kini. Warna utama wakin adalah merah putih, oranye, oranye putih, atau putih saja.

Watonai


Walaupun watonai merupakan jenis yang kurang digemari dan belum terkenal, namun watonai memiliki ketahanan tubuh yang jauh lebih baik daripada mas koki jenis lain. Oleh karenanya banyak dipelihara di kolam dibandingkan di aquarium, Bentuk tubuhnya mirip wakin, namun sirip dan ekornya lebih elegan. Warna nya pun juga sudah mulai beragam.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP