Windows 10 yang Paling Ringan Buat Komputer Jadul

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gambar 3 windows (1)
Daftar Topik

Windows 10 yang paling ringan. Sistem operasi Windows merupakan perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengendali perangkat komputer agar dapat berjalan sesuai perintah yang diberikan kamu. Bisa dibilang Windows adalah otak atau pusat dari segala operasi dari komputer. Sistem operasi Windows ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft org yang pada awal kemunculannya, Windows langsung menjadi sistem operasi komputer inovatif yang mendapatkan perhatian dunia. 

gambar 1 windows (1) windows 10 yang paling ringan

Sistem operasi Windows, dengan cepat menjadi sistem operasi komputer yang banyak dipilih oleh masyarakat dunia. Banyak faktor yang membuat Windows menjadi sistem operasi yang banyak dipilih oleh banyak orang. Pertama sistem operasi Windows sangat mudah sekali untuk dioperasikan, yang kedua adalah update berkala yang memastikan Windows kamu tetap up to date dengan perkembangan yang ada, dan yang ke-3 adalah desainnya yang simple menarik dan cenderung futuristik tentunya memanjakan mata para penggunanya.

gambar 2 windows (1) gambar 1 windows (1) windows 10 yang paling ringan

Namun demikian, terkadang semakin lama komputer kita tidak lagi sanggup untuk menerima update yang diberikan oleh Windows, khususnya Windows 10. Akhirnya kinerja sistem operasi pun menjadi terhambat gara-gara Windows 10 nya menjadi terlalu berat untuk dijalankan komputer kita yang termasuk sudah jadul. Biasanya orang-orang akan mengakalinya dengan cara menghentikan update yang rutin diberikan atau menurunkan sistem operasi Windows 10 ke versi Windows 7. Sangat di sayangkan jika harus downgrade ke Windows 7, padahal Windows 10 mempunyai tampilan yang elegan dan futuristik bukan?

gambar 3 windows (1)

 Tapi jangan khawatir, ada cara agar kamu tetap bisa menikmati fitur dan tampilan Windows 10 tanpa harus memberatkan kinerja laptop kamu loh! Mau tau caranya? Simak caranya di bawah ini!

Tiny 10, Tampilan Windows 10, Dengan Keringanan OS Windows XP!

Tiny 10 merupakan sistem operasi modifikasi dari sistem operasi Windows 10. Modifikasi yang diberikan tidak main-main. Ukurannya hanya 600 MB tentunya perbandingan yang sangat jomplang dibandingkan dengan besar sistem operasi Windows 10. Bahkan ketika sistem operasi Tiny 10 di coba ke Komputer yang memiliki spesifikasi Dual Core dengan 2 GB RAM, dan 10 GB HDD, sistem operasi ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Padahal sistem operasi Windows 10 tidak akan mungkin untuk di instal di komputer yang memiliki spesifikasi seperti itu. Benarkah demikian? Cermati Pembuktian di bawah ini!

Proses Instalasi

Proses Instalasi sistem operasi Tiny 10 dengan proses instal sistem operasi Windows 10 punya pola yang sama. Misalnya saja adanya proses untuk pemilihan tempat di partisi drive mana kamu akan menyimpan sistem operasi Tiny 10. Juga ada proses untuk memilih bahasa dan keyboard yang akan kamu gunakan.

gambar 4 windows (1)

gambar 5 windows (1)

Dapat kita lihat dimana Komputer yang memiliki spesifikasi Dual Core dengan 2 GB RAM, dan 10 GB HDD tadi, hanya bisa digunakan 9.5 GB saja untuk dialokasikan sebagai drive system guna menyimpan sistem operasi. Biasanya ketika kita menginstal sistem operasi Windows 10, tentu akan keluar tulisan error atau adanya kesalahan yang merujuk pada storage yang tidak cukup karena sangat kecil. Namun demikian saat menginstal Tiny 10, tidak ada peringatan bahwa proses instalasi error atau storage tidak cukup. Kesimpulannya adalah Tiny 10 sangat ringan sekali dan tidak butuh banyak storage. Selain itu Proses instalasi nya juga tidak sampai lima menit. Hasil akhir dari instalasinya simple sekali.

gambar 6 windows gambar 1 windows (1) windows 10 yang paling ringan

Usut punya usut, ternyata basis dari Tiny 10 ini adalah LTSC 2019. Perbedaannya dengan Windows 10 Enterprise LTSC adalah fitur yang biasanya ada dalam sistem operasi Windows 10 banyak yang dihilangkan misalnya saja Clipboard History, Remote desktop , Focus Assist, Autoplay, Storage dan lainnya. 

gambar 7 windows gambar 1 windows (1) windows 10 yang paling ringan

Selain menghapus beberapa fitur yang biasanya ada pada Windows 10, Tiny 10 juga menghapus layanan Windows Update. Selain menghilangkan Windows Update, VPN, Windows Wall dan Windows Security juga dihilangkan. Namun tenang saja, fitur penting seperti Regedit, Command Prompt, Windows Tools masih ada kok.

gambar 8 windows

Untuk segi performa dan kecepatan Tiny 10 menang jauh daripada sistem operasi Windows 10 yang resmi. Karena memang Tiny 10 ini hanya membutuhkan ruang sebesar 2.14 GB untuk bekerja secara maksimal. Sedangkan untuk RAM, Tiny 10 hanya butuh ruang sebesar 500 MB.

gambar 9 windows

Kekurangan Dan Kelebihan

Bagi kamu yang menginginkan tampilan komputer tuamu menjadi lebih modern dan elegan, Tiny 10 sangat layak untuk di coba. Selain tidak butuh spesifikasi yang tinggi untuk dijalankan, tampilan sistemnya yang tampak modern dan elegan sangat memanjakan mata. Namun meski Tiny 10 banyak kelebihan baik itu tampilan maupun kecepatannya karena ringan, Tiny 10 juga punya banyak kekurangan seperti banyaknya fitur penting yang dihilangkan kita ambil contoh Network & internet di Control Panel, hal ini mengakibatkan jika ada suatu masalah yang berhubungan dengan koneksi internet menimpa komputer kita, kita akan kesusahan untuk melakukan troubleshoot. Lalu juga tidak adanya browser yang tersedia di Tiny 10, padahall browser sangat penting sekali keberadaannya di sebuah komputer ataupun laptop. Selain itu Tiny 10 juga tidak dianjurkan untuk keperluan bermain game karena fiturnya terbatas. Fitur keamanan Tiny 10 juga sangatlah minim, karena itu Tiny 10 tidak aman digunakan untuk bekerja karena file kamu bisa diretas kapan saja.

Karena itu menggunakan sistem operasi modifikasi sah-sah saja, namun alangkah baiknya kita tetap menggunakan versi asli dari sistem operasi Windows meskipun itu sistem operasi yang lawas sekalipun karena sudah pasti keamanannya terjamin! 

Berikut tadi informasi mengenai windows 10 yang paling ringan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu.

Baca juga:

Cara Membuat Subtitle dengan Mudah!

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP