Cara Mangaktifkan Wifi Direct Windows 10

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
wifi direct
Daftar Topik

Wifi direct windows 10. Pernahkah kamu menggunakan jaringan LAN di komputer atau laptop kamu? Atau pernahkah kamu berpikir, bagaimana cara untuk menghubungkan smartphone kamu ke internet tanpa wifi, dan hanya ada kabel LAN saja?.Tentu saja caranya mudah, kamu bisa menggunakan Wifi Direct Windows 10. Di jaman yang sudah semakin maju ini, terutama dalam bidang teknologi, ada berbagai cara untuk bisa mengakses data dari satu device ke device lainnya. Salah satu yang baru dan perlu kamu ketahui adalah dengan menggunakan Wifi Direct Windows 10.

Apa itu Wifi Direct Windows 10?

Buat kamu yang belum tau, Wifi Direct Windows 10 merupakan salah satu fitur penting di windows 10 yang sangat jarang diketahui oleh para penggunanya. Wifi Direct ini memungkinkan kamu untuk bisa mengubah sebuah laptop atau computer menjadi sebuah hotspot, wifi atau jaringan wireless. Atau secara singkatnya, jika selama ini kamu menggunakan laptop sebagai penerima sinyal saja, seperti dari jaringan wifi dari router atau hotspot wifi handphone, maka dengan wifi direct kamu bisa memiliki prinsip yang sama seperti hotspot pada ponsel dan mengirimkan sinyal untuk perangkat lain.

Perangkat windows 10

Secara umum, dengan menggunakan Wifi Direct, kamu bisa melakukan dua hal. Yang pertama adalah kamu bisa membagikan jaringan internet dari laptop ke perangkat lain, baik untuk sesame laptop atau ponsel. Dan yang kedua adalah kamu bisa melakukan transfer file dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga kamu bisa mempersingkat waktu pemindahan file jauh lebih singkat. Jika kamu masih berpikir bahwa untuk mentransfer file bisa dengan Bluetooth saja, maka kamu perlu tahu bahwa kecepatan mentransfer file via Bluetooth hanya 30-50 kilo byte per detik. masih terbilang lambat.

Mungkin jika hanya mengirimkan file dengan ukuran dan jumlah yang sedikit, ini bukan masalah besar, namun coba bayangkan jika kamu harus mengirim file dengan ukuran hingga giga byte. Tentu saja hal tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama bisa memakan waktu berjam-jam. Yakin kamu akan sabar menunggunya? Kalo kamu suka dengan sistem cepat, maka Wifi Diirect lah jawabannya. Dengan menggunakan Wifi Direct, kamu bisa memindahkan file dengan ukuran giga byte hanya dalam waktu beberapa menit saja. Sungguh sebuah kecepetan yang luar biasa bukan? 

Bagaimana Cara Mengaktifkan Wifi Direct Windows 10

Wifi Direct Windows 10 tidak serta merta bisa dipakai, sebelum kamu mulai menggunakannya kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah mudah untuk mengaktifkan Wifi Direct Windows 10

wifi direct

1. Pastikan Ketersediaan LAN Card

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan laptop dengan internet. Kamu bisa menggunakan wifi atau kabel LAN untuk bisa terhubung dengan jaringan internet. Kamu juga harus memastikan bahwa laptop kamu memiliki wireless LAN Card agar bisa terhubung dengan jaringan nirkabel. Untuk memeriksa ketersediaan wireless LAN card dengan cara berikut:

  • Tekan logo Windows di keyboard bersamaan dengan huruf X
  • Kemudian kamu akan melihat daftar menu muncul pada sudut kiri bawah layar laptop atau computer kamu
  • Klik pada pilihan “Network Connection
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke laman Network Connection.
  • Di laman tersebut tersedia berbagai jaringan yang bisa digunakan oleh perangkat kamu. Dan ketika kamu menemukan ikon “Wifi”, artinya laptop atau komputer kamu sudah memiliki wireless LAN Card

Namun apabila laptop kamu belum mendukung jaringan Wifi, kamu masih bisa terhubung dengan internet menggunakan kabel LAN.

2. Hubungkan dengan Internet

Kamu bisa menghubungkan komputer kamu dengan internet dengan menggunakan koneksi LAN, kabel LAN, atau dengan wifi.

3. Membuka Command Prompt

Apabila kamu sudah terhubung dengan internet, maka kamu bisa memulai pengaturan terhadap Wifi Direct Window 10. Hal pertama yang perlu lakukan adalah membuka command prompt khusus admin. Kamu bisa menekan kombinasi dua tombol di keyboard, yakni Windows dan X. Setelah itu klik pada pilihan “Command Prompt (Admin)”. Setelah itu jendela CMD akan terbuka. 

4. Cek Kartu Wifi

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa kembali wireless LAN Card. Tapi kali ini ada hal lain yang harus diperiksa, yaitu kemampuan wireless LAN Card untuk membuat jaringan atau hotspot. Caranya dengan menuliskan perintah “ netsh wlan show drivers” pada jendela Command Prompt (Admin) yang sudah terbuka. Kemudian tekan Enter. Beberapa detik kemudian, jendela CMD akan menampilkan hasil dari perintah yang kamu masukkan di atas. Setelah itu, cari tulisan “Hosted network supported”. Jika statusnya bertuliskan “Yes” artinya komputer kamu bisa digunakan untuk membuat jaringan atau hotspot. 

5. Membuat Jaringan Wifi

Langkah selanjutnya kamu masih harus menggunakan CMD. Kamu harus menuliskan perintah di bawah ini

Netsh wlan set hostednetwork mode=allowssid=Nama Wifi key=Password

Pada value “Nama Wifi” dan “Password”, kamu bisa menggantikan dengan nama jaringan yang kamu sukai, begitu pula dengan passwordnya. Setelah selesai, maka kamu sudah berhasil membuat jaringan wifi, namun masih belum aktif. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa memasukkan perintah

Cara Mengaktifkan Wifi direct

Netsh wlan start hostednetwork

Setelah itu, kamu bisa menutup jendela command prompt. 

1. Mengubah Setting

Step selanjutnya untuk mengaktifkan Wifi Direct Windows 10 adalah dengan melakukan beberapa pengaturan seperti:

  • Bukalah laman Network Connection dengan menekan tombol Windows dan X secara bersama-sama dan pilih opsi ”Network Connection
  • Kemudian pilih salah satu jaringan yang terhubung dengan komputer kamu
  • Klik kanan, dan pilih “Properties
  • Klik “Sharing
  • Kemudian beri tanda centang pada “Allow other network user to connect through this computer’s internet connection
  • Setelah itu klik juga pada menu dropdown yang ada di bawah pilihan mode tersebut, dan pilih nama jaringan sesuai dengan yang tersambung dengan komputer kamu
  • Kemudian klik tombol “OK

2. Sambung Perangkat

Langkah terakhir adalah kamu tinggal menghubungkan computer kamu dengan ke perangkat lain yang ingin kamu berikan jaringan internet. Pilih “Connect” ke nama jaringan yang tersedia di perangkat yang ingin dihubungkan dan jaringan internet bisa digunakan di perangkat tersebut.

Itu dia cara mengaktifkan Wifi Direct Windows 10 dengan mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas untuk mengaktifkan fitur ini. Semoga tulisan ini bermanfaat ya!

Baca juga:

4 Cara Dual Boot Windows dan Linux

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP