Warna Kabel Spul Honda dan Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Spul Motor
Daftar Topik

Warna kabel spul honda. Spul merupakan salah satu komponen yang penting pada motor. Pada setiap spul (stator coil) sepeda motor tentu tidak terlepas dari kabel yang berfungsi untuk menyalurkan arus atau penghubung arus dari komponen satu ke lainnya, serta kabel tersebut mempunyai warna yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Spul Motor Honda

Spul pada motor honda grand mempunyai persamaan warna kabel dengan spul motor honda lain, di antaranya:

  • Astrea 800
  • Astrea Star
  • Astrea Prima
  • Honda win
  • Supra
  • Astrea Legenda
  • Supra X
  • Supra Fit
  • Fit X/S

Kabel spul motor honda grand terdapat 4 kabel dengan warna berbeda, setiap kabel mempunyai fungsi yang berbeda-beda pula. Namun, kabel tersebut saling berkaitan antara kabel satu dengan kabel lainnya. Artinya, ketika satu kabel tidak berfungsi kemungkinan dapat mempengaruhi fungsi kerja komponen lain, hal tersebut tentu akan menyebabkan komponen lain tidak dapat berfungsi dengan normal.
Spul Motor

Warna kabel spul motor honda

Nah, agar kamu tidak salah dalam mengatasi dan mengenal kabel spul yang ada di motor kamu. Berikut adalah warna kabel spul motor honda beserta fungsinya.

1. Warna Kabel Putih 

Warna kabel putih dari spul motor berfungsi sebagai spul pengisian untuk sistem pengisian (cas) Accu, agar tegangan Accu tetap stabil ketika dipakai untuk sistem beban.

Warna kabel putih ini akan masuk terlebih dahulu ke kiprok (regulator) kemudian akan dibatasi tegangannya menjadi 14,50 Volt sebelum masuk ke Accu.

Warna Kabel Spul Honda dan fungsinya

2. Warna Kabel Hitam – Garis Merah

Warna kabel hitam garis merah dari spul digunakan sebagai kabel arus awal pada sistem pengapian. Kabel spul ini berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi, jika spul ini lemah atau rusak maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi.

Untuk motor jenis ini tahanan spul pengapian berkisar 500 – 600 ohm, jika nilai tahanan lebih dari nilai tersebut maka dipastikan adanya kerusakan pada lilitan spul tersebut.

3. Warna Kabel Biru – Garis Kuning 

Warna kabel biru garis dari spul berfungsi sebagai pulse, yang menormalkan ataupun menstabilkan sistem pengapian pada sepeda motor.

Warna Kabel Spul Honda

4. Warna Kabel Kuning 

Warna kabel kuning pada spul motor difungsikan sebagai arus awal dari lampu penerangan motor yang melewati kiprok terlebih dahulu untuk merubah arus AC dari spul menjadi arus DC ke lampu utama.

Untuk cara pemeriksaan setiap kabel spul tersebut dengan cara menempelkan ujung kabel tersebut ke massa (-) atau ke body motor. Jika percikan api keluar maka kabel tersebut masih normal, namun  jika di kabel tidak mengeluarkan percikan api spulnya rusak.

Berikut tadi informasi mengenai warna kabel spul Honda yang kamu haru ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu.

Baca juga:

Pilih Pertalite atau Pertamax? Inilah Perbedaan Pertalite dan Pertamax!

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP