Cara Merawat & Warna Kabel Kiprok Honda Grand

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Kiprok (2) warna kabel kiprok honda grand
Daftar Topik

Warna kabel kiprok honda grand. Salah satu hal penting dalam dunia sepeda motor yaitu bagian kelistrikan. Hal ini berkaitan dengan fungsi dan kenyamanan saat menggunakan sepeda motor. Kamu harus benar-benar memperhatikan performa bagian kelistrikan. Apabila sistem kelistrikan tidak berjalan dengan baik, sepeda motor juga tidak akan berfungsi dengan baik. Salah satu bagian kelistrikan yang harus diperhatikan dengan baik adalah kiprok. Fungsi kiprok atau regulator rectifier sangat berperan penting. Jika kiprok rusak, sepeda motor tidak akan bisa dikendarai. 

Berdasarkan fungsinya, kabel kiprok motor memiliki fungsi sebagai penyearah Arus AC (Bolak-Balik) yang diubah menjadi arus DC (Searah). Kabel kiprok honda grand dan kiprok motor supra memiliki kesamaan dalam socket yang terdapat pin yang berbeda-beda. Berdasarkan warnanya, kamu dapat melihat 4 jenis kabel dengan warna yang berbeda. 

 

Warna kabel kiprok

kiprok 1 warna kabel kiprok honda grand

Keempat jenis kabel kiprok honda grand memiliki arah dan fungsinya masing-masing. Beberapa warna kabel kiprok honda grand, yakni sebagai berikut:

  1. Kabel warna hijau sebagai massa atau body (-). Jadi kabel hijau ini tidak mengalirkan listrik. Apabila pada kabel listrik hijau terdapat arus listrik, maka telah terjadi korsleting pada kabel kiprok.  
  2. Kabel berwarna kuning sebagai arus penerangan lampu utama dari spul. Nantinya kabel kiprok kuning akan mengantarkan dengan tegangan 12 sampai dengan 14 volt. Sehingga lampu penerangan pada sepeda motor akan menyala dengan terang. 
  3. Kabel berwarna putih sebagai arus pengisian dari spul yang akan masuk ke kiprok. Batas tegangan yang mengalir dibatasi sekitar 14,5 volt. Apabila melebihi angka 14,5 volt yang terjadi adalah ledakan pada aki, karena melebihi kapasitas semestinya. 
  4. Kabel berwarna merah sebagai bagian dari baterai atau aki 12 volt dan biasanya melewati fuse (sekring) 10 Ampere. Fungsi dari kabel merah ini yakni untuk mengalihkan arus listrik sebagai pengisian dari spull. Nantinya tegangan yang ada akan diubah dan dilakukan ke aki oleh kabel kiprok tersebut. 

Cara merawat kabel kiprok

Kiprok (3) warna kabel kiprok honda grand

Nah setelah paham mengenai warna dan bagian dari kabel kiprok. Selanjutnya kami akan memaparkan beberapa tips jitu untuk merawat kabel kiprok. Perhatikan tips di bawah ini, agar kabel kiprok honda grand kamu bisa terawat dengan baik. Selain itu, perawatan ini dilakukan untuk menghindari kelumpuhan kabel kiprok yang dapat memicu kerusakan pada aki. Bahkan jika kamu sampai salah dalam perawatan dan pemasangan, akan dapat menyebabkan konsleting yang menyebabkan kebakaran pada sepeda motor. Berikut merupakan cara merawat kabel kiprok:

1. Memastikan kabel sekring pengaman

Kabel sekring pengaman, wajib kamu kontrol saat pertama kali melakukan cek sepeda motor secara keseluruhan. Pengecekan kabel kiprok juga dapat kamu lakukan setelah beberapa bulan pemakaian. Pastikan kondisi kabel sekring pengaman kiprok masih dalam kondisi yang baik. Kabel sekring pengaman jangan sampai putus atau berkerak. Hal ini karena kabel sekring pengaman berfungsi melindungi dan menghindari dari korsleting. 

2. Memastikan tegangan volt pada kabel kiprok

Terkadang, cacat pabrik juga terjadi pada kiprok baru. Dianjurkan untuk melakukan pengecekan pada saat membeli sepeda motor. Apabila kondisi kabel kiprok tidak bermasalah, tetangga akan menunjukkan 13,5 volt. Jika volt kiprok menunjukan angka lebih dari 13,8-14,4 volt tandanya kabel kiprok kamu bermasalah. Tegangan kiprok yang kurang dari 12 volt menandakan adanya gangguan pada sistem sambung atau soket kiprok. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat melakukan perawatan pada kabel kiprok dengan menggunakan cairan pembersih yang memang digunakan untuk pembersih elektronik. 

Kiprok (2) warna kabel kiprok honda grand

Kamu juga dapat mendeteksi kondisi kabel kiprok dengan memperhatikan kondisi suhu kabel. Kabel kiprok yang dalam kondisi sehat memiliki suhu hangat, tidak terlalu panas ataupun dingin. Apabila kabel  kiprok terlalu panas bisa buat aki overcharged. Aliran yang terlalu besar dari kabel kiprok membuat aki menjadi bekerja lebih dari biasanya. Saat aki kamu terlalu panas, hal yang dapat dilakukan adalah melepas akinya lalu menempelkan kabel merah multitester di kabel merah positif dan kabel hitam di kabel negatif atau kutub negatif aki. Kemudian kamu bisa menghidupkan sepeda motor dengan menyalakan gas sampai 3.000 rpm, lihat angkanya, bila melebihi 14 volt tandanya rusak. 

Berikut tadi informasi mengenai warna kabel kiprok honda grand dan cara merawatnya. Semoga informasi bisa berguna dan bermanfaat.

Baca juga:

Daftar Harga Ban Motor Zeneos Terbaru

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP