Wajib Tahu! Inilah Manfaat Jeruk Lemon yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
0_cover[1]
Daftar Topik

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat, untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit. Tapi siapa sangka, ada sejumlah manfaat yang mungkin saja belum diketahui oleh orang banyak tentang buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini. Apa saja itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

Manfaat Jeruk Lemon yang Masih Jarang Diketahui

Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang tengah melakukan program diet, jeruk lemon bisa menjadi teman baik. Lemon mengandung polifenol yang bisa mengurangi nafsu makan. Terlebih saat kamu mengonsumsi segelas air jeruk lemon, sebelum makan. Jeruk lemon tersebut dapat mengisi perut sehingga makanan yang masuk lebih terkontrol supaya cepat merasa kenyang.

Antibodi

Seperti yang sudah diketahui bahwa lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C tersebut dapat menjadi antibody tambahan. Namun ternyata ada manfaat lain dari jeruk lemon ini, yaitu membantu dalam mencegah infeksi. Tak hanya itu, zat yang bernama fitanutrein dalam lemon punya sifat antioksidan yang bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Membantu Pencernaan

Tak hanya meningkatkan antibodi, rasa asam yang terdapat dalam jeruk lemon mampu mencerna makanan. Lemon mengandung flavonoid yang membantu asam di dalam perut memecah makanan. Proses tersebut dapat memperbaiki pencernaan secara keseluruhan. Hal ini tentu sangat penting terutama untuk mereka yang berumur di atas 60 tahun, karena asam dalam perut akan menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Dengan begitu, pencernaan terutama kesehatan usus pun dapat terjaga dengan baik.

Penambah Asupan Vitamin C

Sumber vitamin C di dalam jeruk memang tak terbantahkan banyaknya. Sekitar sepertiga dari asupan harian yang asupan harian vitamin C dapat dipenuhi oleh buah yang satu ini. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang mampu melindungi sel melawan radikal bebas dan juga melindungi tubuh dari penyakit kanker, dan mampu mempercepat penyembuhan luka. Supaya kandungan vitamin C dalam jeruk tak berkurang, maka campurkan perasan air jeruk dengan air hangat yang tidak terlalu panas atau hangat suam-suam kuku.

Tetap Terhindrasi

Sebenarnya jeruk lemon sendiri tak bermanfaat secara langsung untuk hindrasi. Tapi minum air yang punya rasa mampu mendorong lebih banyak lagi untuk mengonsumsi cairan lainnya. Artinya, bila kamu menambahkan lemon pada minumanmu, maka membuat kamu lebih banyak mengonsumsi air putih daripada biasanya. Hal ini karena vitamin C merupakan nutrisi yang bisa melawan kerusakan akibat dari radikal bebas dan mampu melindungi kulit.

Menjaga dan Membantu Fungsi Hati

Manfaat lainnya yang diberikan oleh jeruk lemon adalah membantu fungsi hati sebagai penyaring tubuh supaya bekerja lebih baik. Flavonoid jeruk yang terkandung dalam lemon dapat melindungi hati dari racun dan dapat mengurangi lemak di hati. Hal ini membuat lemon dapat dari melindungi penyakit hati yang berlemak.

Meningkatkan Kalium

Biasanya kalium bakal dikaitkan dengan pisang, namun ternyata lemon juga memiliki kalium yang baik bagi tubuh. Ini merupakan unsur yang sangat penting untuk fungsi sel dan metabolisme serta transmisi sinyal pada saraf.

Melancarkan BAB

Tak hanya membantu fungsi usus dan hati dalam melakukan tugasnya, jeruk lemon pun bisa menjadi salah satu pola hidup sehat yang dapat mendorong lancarnya buang air besar (BAB). Meski jeruk lemon tak memberikan banyak serat, namun saat kamu mengonsumsi daging dengan parutan lemon mampu meningkatkan kandungan seratnya.

Mencegah Batu Ginjal

Salah satu penyebab dari batu ginjal adalah dehidrasi. Namun kamu tidak perlu takut, karena lemon dapat membantu dalam menghaluskan ginjal sehingga dapat mencegah terjadinya endapan. Dengan kata lain, asam yang berasal dari lemon mampu membantu menjaga supaya batu tersebut tidak bersatu. Meski rasa lemon sering dianggap sebagai diuretik, tapi hal ini belum terbukti secara keseluruhan.

Menyegarkan Nafas

Manfaat yang bakal kamu dapatkan dari lemon adalah membuat nafasmu lebih segar. Hal ini karena jeruk dalam jeruk lemon mampu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga nafasmu akan lebih segar. Namun sayangnya, asam lemon ini dapat mengikis emael di gigi. Untuk itu agar lebih aman, kamu bisa meminum lemon lewat sedotan dan tidak perlu tiap hari mengonsumsinya.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jeruk lemon merupakan salah satu tambahan yang pas untuk rutinitas di pagi hari. Sebab lemon dapat meningkatkan metabolisme yang membuat berat badan tetap sehat dan aktif. Selain itu, dengan meminum jeruk lemon sebanyak tiga hari sekali dapat membantu mempercepat dan memberikan rasa kenyang.

Itulah sejumlah manfaat lemon yang tidak semua orang tahu. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari lemon memang banyak sekali. Hal ini tentu jangan kamu sia-siakan. Terlebih untuk mendapatkan lemon bisa dibilang sangat gampang. Kamu tinggal membelinya di supermarket terdekat. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA