Wajib Dicoba! Makanan Khas India yang Paling Terkenal di Dunia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
feature-image-aloo-kathi-roll-825x510[1]
Daftar Topik

Untuk kamu yang sangat menyukai segala sesuatu mengenai negara India pasti sering menekumakn berbagai makanan khas negara tersebut yag sangat unik tentunya sangat lezat pula, baik melalui film atau drama Bollywood maupun restoran-restoran India yang terkenal. Selain rasanya yang sangat lezat, makanan khas India juga memiliki komposisi bahan seperti rempah-rampah yang banyak kita temui di Indonesia. Itulah yang menyebabkan banyaknya restoran India di Indonesia. Karena bumbu yang digunakannya pun serupa dengan rempah yang ada di Indonesia, apa salahnya jika kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu repot-repot pergi ke restoran India.

Makanan Khas India yang Paling TerkenalĀ 

Kathi Roll

Jajanan kaki lima khas India juga menyajikan cita rasa lezat yang wajib dicoba kalau kamu memang merupakan salah satu pecinta kuliner atau budaya India. Salah satu jajanan kaki lima khas India adalah Kathi Roll. Jajanan ini telah dikenal oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang sederhana dan bisa diterima oleh lidah semua orang.

Sekilas, kathi roll ini mirip dengan kebab ala timur tengah, tapi yang membedakannya adalah roti yang membungkusnya. Kathi roll dibuat dengan menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti ala India asli yang enak banget.

Jalebi

Jalebi merupakan salah satu makanan khas India yang berupa permen atau manisan. Jalebi merupakan salah satu makanan khas India yang wajib ada di rumah-rumah orang India. Camilan ini berbentuk seperti pretzel yang dibuat dari tepung dan dibentuk melingkar untuk kemudian digoreng hingga matang. Jalebi yang telah digoreng, selanjutnya akan direndam dalam sirup gula hingga permukaanya terlihat mengkilap dan mengkristal. Makanan ini bisa disajikan ketika hangat maupun dingin.

Samosa

Salah satu snack yang paling populer dari India adalah samosa. Snak yang satu ini mirip dengan pastel, yang membedakannya hanya isiannya saja. Samosa merupakan makanan khas India yang memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Selain dengan rasa gurih dan original, saat ini samosa telah memiliki berbagai variasi rasa seperti coklat dan susu dan berbentuk segitiga.

Biryani

Salah satu makanan India yang telah dikenal hampir olah seluruh masyarakat dunia ini diberi nama biryani. Nasi biryani merupakan makanan rumahan yang khas dari India yang dibuat dengan memanfaatkan rempah-rempah dimulai dari ketumbar sampai kapulaga. Beras basmati merupakan beras yang memiliki ciri khas dengan bentuknya yang panjang dan sedikit kering yang digunakan sebagai bahan pembuatan nasi untuk membuat nasi biryani ini. Lauk pelengkap yang yang biasanya ditambahkan dalam nasi biryani ini biasanya berupa olahan aneka daging dan sayuran.

Chole Bhature

Chole bhature ini merupakan salah satu makanan khas India yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari kacang-kacangan. Chole merupakan kacang yang bisa kita temukan di India dengan sangat mudah karena bentuknya yang unik.

Chole akan direndam terlebih dahulu selama satu malam untuk kemudian diolah dengan bumbu-bumbu yang dicampurkan dengan yoghurt. Sementara bhature merupakan roti yang berbentuk lebar setelah melewati proses penggorengan. Ukuran bhature cukup besar tapi di dalamnya tidak ada isi. Oleh karena itu, chole dan bhature bisa disantap sebagai sajian yang saling melengkapi.

Gulab Jamun

Makanan khas India ini yaitu makanan yang berbentuk bulat seperti bola dengan ukuran kecil-kecil. Gulab jamun terbuat dari biskuit, susu bubuk, susu cair, dan mentega leleh. Adonan yang telah dibentuk bulat-bulat dan digoreng hingga matang kemudian akan direndam dalam sirup air mawar selama beberapa jam. Gulab jamun bisa dimakan setelah sirupnya menyerap dan kamu akan merasakan rasa manis dan aroma mawar yang enak dan segar.

Papri Chaat

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini di India bahkan di restoran India, karena makanan ini merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh orang India. Makanan ini mempunyai cita rasa yang unik yang belum pernah kamu coba sebelumnya dari makanan-makanan yang lain.

Lassi

Cara pembuatan minuman khas India ini mirip dengan milkshake, bahan-bahan yang digunakan yaitu yoghurt dan rempah-rempah. Selain itu, ada pula lassi yang dicampur dengan buah-buahan yang dijamin segar dan menyehatkan apalagi diminum saat siang hari.

Dhokla

Kamu yang suka sayur-sayuran atau vegetarian pasti cocok dengan makanan ini. Dhokla dikenal sebagai makanan khas India vegetarian. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dhokla ini terbuat dari berbagai sayuran dan juga cukup sederhana hanya campuran tepung beras dan kacang. Dhokla biasanya disajikan untuk pelengkap makan malam, makan siang, sarapan atau dijadikan snack karena enak dan ringan dimakan.

Demikian pembahasan mengenai makanan khas India yang paling terkenal di dunia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP