VPN Chrome: Akses Semua Situs Tanpa Batas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
gambar 2 vpn
Daftar Topik

VPN chrome. Era globalisasi merupakan suatu era yang tidak dapat terhindarkan, dimana batasan-batasan tiap negara tidak dapat lagi menjadi penghalang untuk saling berhubungan dan saling bertukar pandangan, budaya, pemikiran , dan ekonomi.Salah satu tanda bahwa globalisasi itu adalah semakin mudahnya kita untuk mendapatkan informasi melalui Internet. Saat ini internet bukan lagi bahan mewah seperti dahulu dimana hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki akses untuk mengakses internet. Sekarang, mulai dari tua muda semua bisa mengakses internet dengan mudah baik melalui perangkat seluler maupun komputer.

gambar 1 vpn

Dalam mengakses informasi di internet melalui perangkat kita tentu perlu yang namanya web browser. Web browser merupakan sebuah perangkat lunak yang berguna untuk mencari, menerima dan menyediakan segala informasi dari Internet atau sederhananya fungsi web browser adalah alat untuk kamu mencari informasi yang kamu butuhkan.  Web browser sendiri banyak macamnya, seperti Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari , dan juga yang tidak lagi asing di telinga kamu yaitu Google Chrome.

Google Chrome Itu Apa

Google Chrome merupakan aplikasi web browser yang dikembangkan oleh Google yang merupakan perusahaan besar yang bergerak dibidang internet. Kegunaan dari Google Chrome ini sama saja dengan Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari yaitu untuk memudahkan kamu untuk berselancar di dunia Internet. Google Chrome sendiri  untuk versi Beta-nya pertama kali dirilis pada 2 September 2008 yang hanya tersedia untuk versi Windows XP. Barulah 3 bulan kemudian tepatnya pada tanggal 11 Desember 2008 Google Chrome mulai dipublikasikan secara luas.Awalnya pengguna aplikasi Google Chrome hanya ada 1% bahkan sempat turun. Namun setelah mengalami pengembangan berulang ulang agar Chrome menjadi lebih stabil saat digunakan, tercatat pada bulan Desember 2015 total ada 58% pengguna desktop yang mempercayakan Google Chrome sebagai aplikasi web browser mereka. Tidak berhenti disitu saja, pada tahun 2012 tepatnya pada tanggal 7 Februari, Google Chrome versi Android akhirnya rilis, lalu pada tanggal 26 Juni Google Chrome untuk perangkat iOS juga resmi dirilis. Bahkan masih di tahun yang sama Google Chrome juga dirilis untuk Windows 8.

gambar 2 vpn

Banyak sekali orang-orang yang beralih menggunakan Google Chrome, hal ini dikarenakan kemudahan yang diberikan Google Chrome saat digunakan. Fitur-fitur yang dibawakan seperti mode incognito yang menjaga privasi pengguna ketika berselancar di Internet, ada juga multi tab yang bisa membuka banyak situs sekaligus, atau juga kamu bisa mengatur tema dari Google Chrome-mu sendiri, dan juga ada Extension guna menambahkan layanan yang bisa mendukung kegiatan browsing kamu melalui Google Chrome merupakan keunggulan dari Google Chrome dibandingkan dengan web browser lainnya. Selain itu Google Chrome juga menjamin keamanan kamu saat berselancar ria di internet dengan cara mengunduh berkas yang berisi daftar malware dan phising secara berkala, karena itu tak jarang ketika kamu ingin mengakses suatu situs yang berbahaya, Google Chrome akan memberikan peringatan kepadamu.

gambar 3 vpn

Selain fitur-fitur yang tadi, Google Chrome juga memiliki mesin virtual V8 Javascript yang membuat pengalaman kamu dalam menjelajahi internet menjadi anti lemot dan ngelag. Hal ini jugalah yang membuat orang orang lebih memilih Google Chrome dibanding dengan web browser lain. Namun demikian, tidak semua situs bisa bebas kamu kunjungi melalui Google Chrome. Ada beberapa situs yang biasanya tidak bisa kamu kunjungi lewat Google Chrome, hal ini biasanya dikarenakan Google Chrome bertabrakan dengan kebijakan di Indonesia alias situs yang akan kamu kunjungi merupakan situs ilegal menurut Undang-undang. Namun itu tidak masalah karena kamu bisa menambahkan layanan VPN di Extension Google Chrome kamu. Apa sih VPN itu?

Fungsi Vpn

VPN seperti singkatannya yaitu Virtual Private Network merupakan layanan yang memungkinkan kamu untuk mengakses ke semua website dengan tetap menjaga keamanan serta tetap menjaga privacy  kamu dengan cara mengubah jalur koneksi kamu melalui jalur khusus tidak melalui server jaringan yang utama. Cara kerja VPN adalah ketika kamu ingin mengakses sebuah halaman website maka VPN akan mengubah jalur koneksi kamu yang tadinya harus melewati server utama alias direct tanpa enkripsi, menjadi terenkripsi dan tidak melewati server utama tapi melalui server milik VPN terlebih dahulu. 

gambar 4 vpn

Lebih gampangnya adalah, ketika kita tidak memakai VPN, maka kegiatan browsing kita akan menggunakan server Indonesia dan otomatis terlacak oleh system keamanan milik Indonesia, tapi ketika menggunakan VPN, kita akan disamarkan dan pindahkan ke server negara lain, karena itulah ketika kita menggunakan VPN, kegiatan browsing kita tidak akan terlacak dan akan bebas untuk masuk website yang sebelumnya tidak bisa dimasuki sekalipun. Untuk menambahkan layanan VPN di Google Chrome sebenarnya sangat mudah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak cara di bawah ini :

Cara Pasang Extension

Cara untuk menambahkan layanan VPN di Google Chrome kamu adalah sebagai berikut :

1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuka Google Chrome, kalau sudah kamu klik kiri tombol titik tiga di pojok kanan atas Google Chrome kamu. Setelah itu akan muncul banyak opsi, kamu langsung saja pilih More tools lalu pilih Extensions.

gambar 5 vpn

2. Setelah kamu klik Extensions maka akan muncul layanan extensions yang terpasang di Google Chrome kamu. Kamu langsung saja klik symbol garis tiga di sebelah kalimat Extensions lalu klik, nanti akan muncul pilihan Extensions dan Keyboard Shortcuts. Nah, kamu klik tulisan Open Chrome Web Store.

gambar 6 vpn

3. Setelah kita masuk ke dalam laman Chrome Web Store kamu langsung search saja melalui search engine dengan memasukan keyword VPN. Nanti akan muncul beragam pilihan VPN di situ. Kamu bebas pilih VPN yang mana, jika sudah memilih klik tulisan Add to Chrome di sebelah VPN yang kamu pilih.

gambar 7 vpn

4. Setelah itu akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi ulang untuk menambahkan VPN tersebut. Kalau sudah yakin klik Add Extensions.

gambar 8 vpn

Itu tadi merupakan Langkah untuk menambahkan VPN ke Google Chrome kamu. Untuk mengeceknya kamu bisa membuka menu Extension kembali seperti langkah-langkah yang sudah diajarkan barusan. Semoga tutorial ini dapat membantu kamu untuk memasang VPN di Google Chrome kamu

Baca juga:

Mlive MOD Terbaru di Tahun 2021 yang Bisa Kamu Coba

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP