Vignette adalah? Berikut Fungsi Beserta Penjelasannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
16720 Efek Vignette Mrfdn Com
Daftar Topik

Vignette adalah salah satu efek yang bisa diaplikasikan dalam sebuah gambar secara sengaja maupun tidak sengaja. Efek ini dikenal memberikan kesan fokus pada gambar bagian tengah, dengan cara menggelapkan bagian pinggiran gambar. Namun memang, efek ini dapat memberikan kesan yang berbeda dari gambar aslinya.

Setiap efek memang dapat diaplikasikan dengan menggunakan aplikasi editor, namun untuk efek vignette sendiri dapat muncul tanpa menggunakan editor. Mengapa demikian? Salah satu alasannya diakibatkan karena optik dari kamera itu sendiri. Sehingga salah satu efek dari optik kamera memang dapat menghasilkan gambar dengan efek vignette. Namun adanya efek vignette sendiri juga belum tentu merusak gambar yang diambil, bahkan bisa memberikan kesan tersendiri untuk gambar.

Manfaat Adanya Efek Vignette Pada Gambar


16720 Efek Vignette Kreativv ID
Source: Kreativv ID

Adanya efek vignette tidak melulu menjadi sebuah kecacatan dalam gambar, namun efek ini juga dapat memberikan kesan yang spesial. Salah satu buktinya yaitu dengan adanya manfaat efek vignette pada gambar. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, berikut penjelasannya.

1. Memberikan Cerita Secara Tersirat

Sebuah gambar memang sudah dikenal dapat memberikan sebuah cerita bagi yang melihatnya. Namun, tidak semua gambar juga dapat melakukan hal tersebut. Dibutuhkan sebuah teknik untuk mengambil gambar supaya terlihat mengandung cerita. Salah satunya dengan adanya efek vignette ini, yang dapat memberikan cerita tentang kebahagiaan maupun kesedihan dalam sebuah gambar.

2. Memberikan Efek Secara Alami

Efek biasanya harus diberikan secara manual untuk memberikan kesan seni yang menarik. Namun efek vignette, dapat memberikan efek pada gambar secara alami. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan efek ini dapat muncul secara alami akibat optik yang digunakan pada kamera ataupun faktor lainnya.

3. Mempertajam Emosi

Sudah biasa jika gambar dapat memberikan sebuah emosi kepada siapapun yang melihatnya. Namun, sebuah emosi tidak bisa tersampaikan dengan jelas apabila gambar yang diambil tidak tepat. Dengan adanya efek vignette yang terjadi secara alami, dapat membuat gambar memberikan emosi yang jelas. Sehingga bagi siapapun yang ingin mengambil gambar dengan emosi yang kuat, maka dapat menggunakan efek ini.

4. Memberikan Point of Interest yang Jelas

Bagi dunia fotografi pasti tidak asing lagi dengan sebutan Point of Interest. Point of Interest atau biasa disebut dengan POI merupakan sebutan untuk titik fokus pada sebuah gambar. Gambar yang memiliki POI yang jelas, biasanya menggunakan efek vignette untuk diaplikasikan pada gambar yang diambil.

Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Efek Vignette


16720 Efek Vignette Belajar Fotografi 1
Source: Belajar Fotografi

Vignette adalah salah satu efek yang dapat muncul secara alami tanpa bantuan aplikasi apapun. Meskipun memang, efek ini juga dapat muncul dengan bantuan editor. Apa alasan yang mendasari terjadi efek vignette? Faktor yang menyebabkan munculnya efek vignette akan dibahas lebih lanjut, sebagai berikut.

1. Faktor Kesalahan Teknis

Salah satu faktor yang menyebabkan efek vignette muncul secara tidak sengaja adalah karena adanya kesalahan teknis. Kesalahan ini terjadi ketika proses pengambilan gambar terhalang oleh sesuatu. Sesuatu inilah yang biasanya dapat menutup akses sensor kamera dan sumber cahaya.

2. Faktor Artificial Vignette

Artificial Vignette merupakan faktor yang menyebabkan munculnya efek vignette dengan cara disengaja. Faktor ini biasanya membutuhkan sebuah aplikasi untuk memberikan efek vignette. Untuk cara menggunakan efek ini dalam aplikasi juga mudah, karena efek ini langsung tersedia di aplikasi sehingga dapat digunakan tanpa harus mengaturnya terlebih dahulu.

3. Faktor Optical Vignetting

Berbeda dengan faktor sebelumnya yang terjadi secara sengaja, untuk faktor Optical Vignetting dapat terjadi secara alami. Faktor ini disebabkan karena lensa kamera yang digunakan memiliki ketebalan tertentu. Bisa juga dikarenakan akibat konstruksi lensa kamera yang tidak sesuai.

4. Faktor Lensa yang Terhalang

Adanya benda yang menghalangi kamera juga dapat membuat efek vignette muncul secara alami. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan lensa yang tertutup benda dapat memunculkan efek gelap pada gambar atau biasa disebut dengan efek vignette. Sesuatu yang menghalangi lensa memang dapat disadari dengan jelas, namun bisa juga tidak dapat disadari sebelum gambar diambil terlebih dahulu.

5. Faktor Alami

Disebut dengan faktor alami, karena efek vignette yang muncul tidak dikarenakan adanya campur tangan para pengambil gambar. Namun, munculnya efek ini diakibatkan adanya cahaya yang mengenai lensa kamera. Kejadian ini biasanya muncul akibat pemilihan pengambilan angle pada gambar. Sehingga ketika proses pengambilan gambar, cahaya yang mengenai lensa kamera dapat memberikan efek vignette secara jelas.

Efek vignette adalah salah satu efek yang dianggap dapat memberikan nilai seni pada sebuah gambar. Salah satu alasannya dikarenakan efek vignette dapat memberikan seni melalui sebuah emosi. Memberikan fokus yang kuat pada bagian tengah gambar, membuat gambar seolah-olah memunculkan emosi yang tajam. Sehingga efek vignette sendiri dapat memberikan sebuah emosi yang kuat pada bagian tengah gambar.

BACA JUGA!

Trik Mendapatkan Hasil Foto Makanan yang Bagus

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA