Variasi Busana Muslim Untuk Berbagai Acara Kamu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
baju muslim variasi
Daftar Topik

Tren berbusana tidak hanya ada pada rancangan-rancangan yang mewah dan karya dari perancang busana terkenal. Di daerah atau lingkungan tertentu, tren busana bisa jadi berbeda di setiap daerah. Busana muslim yang tentu saja tidak populer di kota mode dunia, justru menjadi tren tersendiri di negera-negera muslim, salah satunya Indonesia.

Salah satu yang melatarbelakanginya adalah kewajiban untuk menutup aurat bagi umat muslim sehingga menjadikan busana muslim sesuatu yang sangat dibutuhkan bahkan menjadi tren, misalnya di Indonesia, Malaysia, Timur Tengah dan juga beberapa negara Eropa dan Afrika.

Variasi Model Busana Muslim

Busana muslim dalam beberapa dekade lalu tidak mengalami perkembangan yang signifikan soal mode, saat ini telah mengalami perubahan. Banyak para perancang yang mulai mendesain dan membuat tren berbusana muslim menjadi semakin cantik. Dengan permainan warna dan gabungan berbagai macam bahan serta corak yang indah, busana muslim saat ini sungguh bervariasi.

Mulai dari model penutup kepala atau kerudung yang banyak jenisnya. Kini berbagai merk bermunculan bak jamur di tengah-tengah masyarakat. Jilbab instan, seperti merek-merek Pasmira, Rabbani, dll, sampai dengan pakaian dengan rancangan dari perancang terkenal seperti Itang Yunaz pun turut meramaikan tren busana muslim di tanah air. Belum lagi dengan pakaian anak-anak seperti dannis, refannes dkk.

Saat ini yang disukai masyarakat adalah model busana muslim yang menggabungkan gaya modern dan eye catching serta modis, yang memang diperuntukkan bagi anak-anak, remaja, maupun ibu-ibu rumah tangga. Selain itu banyak juga saat ini peragaan busana muslim yang juga diikuti oleh perancang-perancang ternama. Event  telah diselenggarakan secara rutin dan sudah menjadi umum di masyarakat.

Peran Media dan Pemerintah

Di Indonesia sendiri fenomena busana muslim mulai menjadi tren pada pertengahan tahun 1990an dimana saat itu beberapa masyarakat mulai sadar akan kewajiban untuk menutup aurat. Tentunya hal ini didukung oleh pemerintah dan beberapa pihak seperti produsen dan media, sehingga tren busana muslim pun terus berkembang hingga kini.

Media memiliki peranan yang signifikan dalam mengkampanyekan busana muslim di Indonesia. Misalnya melalui film yang banyak memuat nilai-nilai religi, bacaan-bacaan seperti majalah islami, ataupun novel serta tak ketinggalan sinetron-sinetron religi.

Pasar busana muslim di Indonesia sangatlah besar, dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta dan didominasi oleh umat Islam, dengan persentase lebih dari 80%, tentunya merupakan potensi yang besar apalagi jika mendekati hari-hari besar Islam.

Busana Muslim untuk Berbagai Acara

Sekarang ini, busana muslim sedang menjadi sebuah tren dikalangan penggunanya. Tren inilah yang mengubah stigma bahwa orang yang menggunakan busana muslim tidak bisa modis atau berpenampilan menarik. Semakin beragamnya busana muslim ini semakin meningkatkan jumlah pengguna busana muslim.

Dalam berpenampilan, sesuaikan busana muslim yang dikenakan dengan acara yang akan dihadiri. Busana muslim pun memiliki berbagai tipe, yaitu kasual, semi formal, dan glamor. Beikut ini pembahasan mengenai tipe busana muslim untuk berbagai acara dan suasana.

Busana Muslim Kasual

Busana muslim kasual tentunya digunakan untuk acara dan suasana yang kasual pula. Jika Kamu memiliki jadwal yang padat, busana muslim kasual ini cocok untuk digunakan untuk menunjang aktivitas Kamu yang padat. Hal ini dikarenakan model busana muslim kasual ini biasanya tidak terlalu ribet dan banyak menggunakan bahan yang banyak menyerap keringat.

Nuansa kasual bisa didapat dari padanan atasan yang simple dan sederhana dengan celana panjang dari jins, kaus, atau katun. Untuk mempermanis penampilan, Kamu bisa menambahkan aksesori kalung atau belt (ikat pinggang) yang serasi. Namun, usahakan aksesori yang digunakan tidak terlalu banyak.

Perlu diperhatikan pula meskipun busana muslim yang digunakan betema kasual, tapi bukan berarti boleh menggunakan pakaian muslim yang ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh. Selain itu, hindari juga atasan yang terlalu pendek. Sebaiknya, pilih baju atasan dengan potongan hingga lutut.

Busana Muslim Semi Formal

Busana muslim semi formal terlihat dari bahan dan model yang agak mewah dari busana muslim tipe kasual. Busana muslim jenis semi formal ini sebaiknya digunakan untuk acara-acara berkesan semi formal juga, seperti digunakan saat mengunjungi rumah klien atau bertKamung ke acara semi formal lainnya.

Untuk jenis busana muslim jenis semi formal ini, Kamu bisa memilih busana muslim dengan variasi potongan dan corak maupun warna. Busana muslim jenis semi formal ini bisa dalam bentuk two pieces (atasaan dan bawahan) dan juga bentuk terusan. Pilihlah sesuai dengan selera.

Busana Muslim Glamor

Busana muslim glamor ini sangat cocok digunakan untuk acara resmi, khususnya yang digelar pada malam hari, seperti menghadiri jamuan makan makan malam atau menghadiri undangan pesta pernikahan. Bentuk busana muslim glamor merupakan busana muslim yang mewah dan memiliki corak, warna, dan model yang mewah pula.

Kesan glamor bisa dilihat dri pemilihan desain dan bahan yang glamor pula, seperti batik yang akan memberikan kesan etnik, tapi tetap glamor. Selain itu, kombinasi bahan dengan warna-warna cerah dan berbagai variasi motif pun bisa menambah nilai dari busana muslim glamor.

Jilbab yang digunakannya pun berbeda dari jenis jilbab lainnya, seperti jilbab kasual atau jilbab semi formal. Jilbab untuk busana muslim glamor lebih menunjukkan kesan mewah agar bisa serasi dengan bajunya. Model jilbab yang digunakan pun lebih bervariasi, bis menggunakan model jilbab dengan 2 kain, 2 corak, 2 warna, atau kreasi lainnya.

Untuk bahannya, busana muslim glamor menggunakan bahan kain yang memiliki kualitas lebih baik. Model potongannya pun tidak biasa, penuh corak dan biasanya dilengkapi dengan payet-payet atau hiasan agar kesan glamornya keluar. Model cutting atau potongan bisa two pieces atau one pieces. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Berikut ini berbagai aksesori penunjang yang dibutuhkan untuk mempermanis dan meyempurnakan penampilan Kamu.

Kalung

Jika Kamu memutuskan untuk menggunakan kalung, sesuaikan dengan busana dan gaya jilbab yang dikenakan. Jika Kamu memilih menggunakan kerudung panjang menutupi dada, pilihlah kalung yang panjang pula. Namun, jika Kamu menggunakan kerudung yang pendek, bisa menggunakan kalung yang panjang atau pendek atau bisa disesuaikan dengan selera dan model busananya.

Bros

Bros bisa digunakan untuk mempermanis penampilan dan sebagai pengait jilbab, khususnya jilbab yang digunakan lebih dari satu warna. Bros bisa disematkan didekat leher, di dada, kepala untuk menambah kesan manis pada jilbab atau bisa juga dibagian lainnya yang dirasakan bagus.

Syal

Selain kalung atau bros, syal juga bisa menjadi salah satu aksesori berjilbab. Ya, memadupadankan syal dengan jilbab merupakan salah satu tren fashion yang sedang berkembang. Jika menggunakan syal, pilihlah syal yang sesuai dengan tampilan busana muslim yang Kamu kenakan secara keseluruhan. Motif, ukuran, dan warna syal bisa menjadi acuan untuk dipadupadankan dengan baju muslim. Syal ini biasanya digunakan untuk busana muslim bertipe glamor. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bisa digunakan untuk tipe kasual atau semi formal.

Nah, itulah penjelasan mengenai busana muslim. Semoga penjelasan yang dipaparkan menjadi nilai positif bagi Kamu yang membacanya. Semoga bermanfaat.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP