Urutan Generasi Prosesor Intel Beserta Keterangannya

0
5820 Intel Kaby Lake

Urutan Generasi Prosesor Intel Beserta Keterangannya – Prosesor adalah suatu komponen yang ada dalam bagian komputer atau laptop yang sangat penting. Setiap komputer atau laptop yang tidak mempunyai prosesor makan tidak akan bisa digunakan. karena prosesor menentukan  kemampuan dan kecepatan yang dimiliki laptop atau komputer tersebut. Prosesor komputer ada banyak macam dan jenisnya yang dijual di pasaran. Salah satu prosesor komputer yang sering digunakan yaitu prosesor intel.

Prosesor intel ini adalah salah satu prosesor yang sangat banyak digunakan dalam produksi terbaru laptop atau computer. Prosesor intel ini juga terdapat banyak jenisnya karena dari generasi ke generasi prosesor intel mengalami banyak perkembangan dan perubahan.

Berikut akan kami bagikan terkait dengan urutan generasi processor intel  dari masa ke masa. Urutan ini akan kami bagikan dari urutan yang terendah ke urutan yang tertinggi serta urutan ini merupakan intel baru yang didasarkan generasinya.

Urutan Generasi Processor Intel dari Masa ke Masa

1. Generasi Intel Nehalem


5820 Processor Intel NehalemNehalem ini merupakan generasi yang pertama di prosesor intel. Pada generasi nehalem ini prosesornya memakai teknologi fabrikasi 45nm serta menjadikan satu komponen controller RAM di chipset prosesor.

2. Generasi Intel Sandy Bridge


5820 Intel Sandy BridgeMerupakan generasi yang nomor dua dalam prosesor intel. Pada generasi  sandy bridge ini prosesornya memakai teknologi fabrikasi 32 nm. Dimana prosesornya lebih efektif jika dibandingkan dengan pendahulunya. Fitur baru dibawa oleh generasi prosesor sandy bridge ini yakni dengan membenamkannya di dalam prosesor pengolah data grafis  dan juga CPU.

3. Generasi Intel Ivy Bridge


5820 Intel Ivy BridgeGenerasi ini adalah generasi yang nomor tiga dalam prosesor intel. Pada generasi  Ivy bridge ini prosesornya memakai teknologi fabrikasi 22nm. Dimana prosesornya  sangat lebih efektif jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dukungan port USB 3.0 serta PCLe 3.0 adalah dukungan yang dibawa oleh generasi ivy bridge ini.

4. Generasi Intel Haswell


5820 Intel HaswellGenerasi keempat ini adalah generasi Haswell, dimana generasi ini dirilis di tahun 2013.  Pada prosesor generasi Haswell ini mengalami peningkatan yaitu dengan sangat kencangnya grafis  yang digunakan. Pada generasi ini, kecepatan dari prosesor ini mencapai 3,4 GHz.   Dan Pada generasi   Haswell ini prosesornya memakai teknologi fabrikasi 22nm.

5. Generasi Intel Broadwell


5820 Intel BroadwellGenerasi yang kelima ini adalah generasi Broadwell, dimana prosesor generasi ini teknologi vibrasi yang dimilikinya yaitu 14nm. Dimana ini merupakan teknologi vibrasi yang sangat kecil dan juga hemat terhadap penggunaan daya. Teknologi fibrasinya didesain lebih kecil karena laptop atau komputer yang diciptakan juga semakin kecil.  Untuk performa dari generasi prosesor Broadwell ini hingga 20 %. Yang merupakan lebih bagus dari prosesor di generasi-generasi yang dahulu.

6. Generasi Intel Skylake


5820 Intel SkylakeGenerasi Skylake adalah generasi yang nomor enam dari generasi prosesor intel. Teknologi vibrasi yang dipakai dalam prosesor generasi skylake ini adalah 14 nm. Performa yang ditingkatkan dari prosesor generasi ini yaitu disertakannya teknologi   berupa speed shift. Dan akhirnya kecepatan prosesor dari generasi skylake ini hingga 50 %. Dimana kecepatan ini lebih besar dari prosesor generasi yang dahulu. Namun, meskipun besar prosesor ini masih bisa hemat daya. Streaming video dengan kualitas 4K UHD merupakan sebuah dukungan yang diberikan oleh prosesor dari generasi Skylake ini.

7. Generasi Intel Kaby Lake


5820 Intel Kaby LakeGenerasi yang ketujuh yaitu generasi kaby lake. Dimana generasi ini memakai teknologi vibrasi 14 nm. Kecepatan pada prosesor generasi kaby lake ini mencapai 12 % yang ,mana ini lebih bagus jika dibandingkan dengan generasi skylake. Dengan begitu, pada prosesor generasi Kaby lake ini, kalian sudah dapat menonton hiburan multimedia yang sangat bagus, dalam game kemampuan grafisnya juga lebih bagus. Dan bahkan kalian juga dapat menikmati streaming dengan lancar.

8. Generasi Intel Coffee Lake


5820 Intel Coffe LakeGenerasi coffee lake ini adalah generasi prosesor intel yang ke delapan dan juga kesembilan. Pada generasi prosesor ini ada yang sebagian memakai teknologi fabrikasi yang 14nm dan juga sudah ada yang memakai 10 nm. Pada teknologi fabrikasi yang 10 nm ini, prosesornya sangat canggih dan sangat efisien. Core yang dimiliki prosesor generasi ini lebih banyak serta tingkat kecepatannya yang sangat tinggi sampai mencapai 5.0 GHz.

Nah, itulah urutan generasi prosesor intel yang bisa kami bagikan. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu kalian yang sedang belajar tentang materi ini. dan penjelasan singkat diatas bisa kalian jadikan referensi  atau pedoman untuk  belajar sehingga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA!

Inilah Perbedaan Antara Intel dan AMD Bagi Kamu yang Masih Bingung