Urutan Daya Listrik PLN Tahun 2020

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
9620-pln
Daftar Topik

listrik merupakan kebutuhan yang paling utama dan paling penting dalam kehidupan manusia. Listrik membantu berbagai jenis kebutuhan dan juga pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Tersedia berbagai jenis daya listrik dan juga berbagai jenis kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan listrik. Terdapat daftar urutan daya listrik PLN yang bisa dipahami. Setiap daya listrik memiliki kegunaan yang berbeda dalam proses pembantuan tugas manusia.

Urutan daya listrik PLN dibuat bertingkat dikarenakan penggunaan yang berbeda turut membutuhkan daya listrik yang berbeda. Semakin besar kegiatan yang dilakukan, maka daya listrik yang dibutuhkan juga semakin besar pula. Oleh karena itu, untuk lebih memahami hal tersebut, berikut ini merupakan urutan dari daya listrik PLN yang terbaru.

Besaran Listrik yang Ditetapkan Kementerian ESDM


Setiap daya listrik yang dialirkan baik ke rumah tangga, bisnis hingga industri selalu dikontrol kapasitas dan besarannya oleh kementerian ESDM. Apabila Anda perhatikan tarif listrik serta daya yang dialirkan sangat berbeda. Tentu saja hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan keperluan dalam penggunaan daya listrik.

Tentu saja setiap aliran daya listrik yang diberikan dipertimbangkan melalui berbagai faktor. Berikut merupakan alasan yang dipertimbangkan oleh PLN dalam membedakan daya arus yang diberikan pada setiap rumah tangga.

  1. Sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan yang terjadi pada perusahaan. Karena apabila aliran daya listrik yang dimiliki tidak dilakukan pengaturan dalam proses penyalurannya, maka tentu saja akan merugikan perusahaan penyedia tenaga listrik dan akan berdampak pada ketersediaan listrik di Indonesia.
  2. Menjaga agar pelayanan tetap berkualitas. Proses kualitas layanan memang dapat diketahui dari ketersediaan listrik yang selalu ada dan sesuai dengan kebutuhan setiap rumah tangga. Apabila rumah tangga industri, maka penggunaan daya listrik juga disesuaikan sehingga tidak mengganggu proses produksi yang terjadi.
  3. Merupakan proses yang digunakan untuk melakukan peningkatan pada elektrifikasi
  4. Menaruh subsidi listrik yang sesuai dan tepat. Karena pasti sangat merugikan jika subsidi listrik yang dialirkan tidak tepat sasaran yang seharusnya

Daftar Urutan Daya Listrik PLN Beserta Golongan Tarif Pemakaian


1. Golongan tarif listrik R-1/TR

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat dua batas daya yang dimiliki. Batas 1300 VA dengan biaya pemakaian Rp. 1.467,28/kWh. Kemudian terdapat pula batas daya yaitu 2200 VA dengan biaya pemakaian, Rp. 1.467,28/kWh.

2. Golongan tarif listrik R-2/TR

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat dua batas daya yang dimiliki. Batas 3500VA hingga 5500 VA dengan biaya pemakaian Rp. 1.467,28/kWh. Kemudian terdapat pula batas daya yaitu 5501 VA hingga 200 kVA dengan biaya pemakaian, Rp. 1.467,28/kWh.

3. Golongan tarif listrik R-3/TR

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada lebih dari 6600 VA dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 1.467,28/kWh.

4. Golongan tarif listrik B-3/TM

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada lebih dari 200 kVA dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 1.114,74/kWh.

5. Golongan tarif listrik I-3/TM

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada lebih dari 200 kVA dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 1.115/kWh.

6. Golongan tarif listrik I-4/TT

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada lebih dari 30000 kVA dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 996,74/kWh.

7. Golongan tarif listrik P-1/TR

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada 5501 VA hingga 200 kVA  dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 1,467/kWh.

8. Golongan tarif listrik P-2/TM

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada lebih dari 200 kVA dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 1.114,74/kWh.

9. Golongan tarif listrik P-3/TR

Untuk golongan tarif listrik ini terdapat batas daya yang berada pada lebih dari 200 kVA dengan biaya pemakaian mencapai Rp. 1.467,28/kWh.

Setiap daya listrik memang digunakan untuk berbagai jenis rumah tangga. Berikut merupakan pembagian daya dalam berbagai jenis rumah tangga.

  1. Rumah Tangga Kecil menggunakan batas daya mulai dari 1300 VA dan 2200 VA
  2. Rumah tangga menengah menggunakan batas daya mulai dari 3500 VA hingga 5500 VA
  3. Rumah tangga besar menggunakan batas daya lebih dari 6600 VA
  4. Bisnis sedang menggunakan daya 5501 VA hingga 200 kVA
  5. Bisnis sedang dan industri skala menengah menggunakan daya lebih dari 200 kVA
  6. Kantor pemerintahan kecil menggunakan daya 5501 VA hingga 200 kVA
  7. Kantor pemerintahan besar menggunakan daya lebih dari 200 kVA

Dengan demikian, urutan daya listrik PLN terbentuk berdasarkan ketergunaan. Setiap rumah tangga menggunakan konsumsi daya yang berbeda, sehingga jumlah alokasi juga berbeda. Jadi, dalam hal ini Anda harus memahami terkait penggunaan daya listrik PLN.

BACA JUGA!

Yuk Mulai Mengenal Asuransi Pendidikan untuk Buah Hati!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP