Urutan dan Tingkatan Prosesor HP

0
15920 Prosesor Kirin Selular ID
Source: Kirin

Memang benar jika pada saat ini smartphone memiliki perkembangan yang sangat cepat. Dan pada saat ini saja smartphone memiliki keunggulan yang sejajar dengan pc ataupun laptop, hal ini dikarenakan urutan dari prosesor hp pun juga semakin beraneka macam. Pada awalnya, tingkatan prosesor hp dimulai dari single core, setelah itu muncul HP yang memiliki prosesor dual-core, kemudian ada quad core, lalu ada hexacore bahkan sampai ada yang berprosesor octa core.

Sudah banyak mobile processor yang memiliki fitur dengan 64 bit, sedangkan dahulu smartphone hanya diberikan 32 bit. Yang mana kecepatan dari mobile processor dengan 64-bit ini bisa mencapai 3,0 bahkan sampai 3,5 GHz. Nah, untuk Anda yang penasaran tingkatan dari prosesor HP terbaik pada saat ini, Anda bisa menyimak urutannya di bawah ini.

Urutan dan Tingkatan Prosesor HP

1. Smartphone dengan Tingkatan Prosesor Snapdragon


15920 Prosesor Snapdragon Jagat Review
Source: Jagat Review

Qualcomm teknologi menjadi salah satu perusahaan yang pada awalnya merupakan brand yang pada saat itu mereka memperkenalkan teknologi CDMA. Qualcomm ini juga menjadi salah satu perusahaan yang sangat aktif dalam pembuatan  semikonduktor yang meningkatkan perangkat mobile, kemudian telepon satelit, lalu ada virtual reality, alat pelacak dan masih banyak lagi. Sedangkan brand Snapdragon yang berasal dari qualcomm telah banyak dipakai oleh smartphone bahkan modem LTE.

Tentu saja prosesor Qualcomm Snapdragon ini sangat terkenal bahkan telah digunakan oleh banyak perangkat dimulai dari smartphone bahkan sampai tablet. Performa yang dimiliki oleh Snapdragon memang sangat hebat di mana Snapdragon tersebut mampu menghandle multitasking serta menghandle pekerjaan yang sangat berat contohnya saja pada saat bermain game.

2. Urutan Tingkatan Prosesor HP Exynos


15920 Exynos Liputan6
Source: Liputan6

Exynos merupakan merek dari Samsung electronics, dimana menjadi perusahaan yang fokus dalam pembuatan prosesor berdasarkan dari arsitektur ARM. Sedangkan untuk x minus delapan Octa 8895 merupakan prosesor terbaru dari exynos. Dimana prosesor HP tersebut telah dipasang fitur octa core yang berada di bagian arsitektur ARM 64-bit dengan menggunakan GPU Mali.

Processor ini juga mampu berjalan dengan kecepatan 2,3 GHz dengan adanya dukungan untuk melakukan game 3D beserta dengan dukungan resolusi 4K UHD. Sedangkan untuk bagian cheatnya telah dilengkapi dengan teknologi 10 nm. Untuk processor ini telah dipakai pada smartphone galaxy S8 dan juga S8 plus.

3. Tingkatan Prosesor MediaTek


15920 Prosesor MediaTek Fudzilla
Source: Fudzilla

Tingkatan prosesor hp selanjutnya ialah MediaTek. MediaTek menjadi salah satu perusahaan semikonduktor yang sangat terkenal dari Taiwan. Dimana perusahaan tersebut menyediakan chip bagi aneka macam jenis perangkat seluler nirkabel, lalu sistem navigasi, kemudian produk multimedia dan berbagai macam perangkat elektronik. Di tahun 1997 perusahaan ini didirikan yang kantornya berpusat di Hsinchu, Taiwan.

Untuk processor dari HP MediaTek ini memang memiliki biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan prosesor lainnya. Processor ini menargetkan smartphone yang ada dalam kategori mid range dengan adanya kinerja yang sangat tinggi. Prosesor ini pun juga dipakai pada smartphone yang berasal dari Cina.

4. Urutan Prosesor Kirin


15920 Prosesor Kirin Selular ID
Source: Kirin

Hisilicon adalah perusahaan yang memang hanya fokus dalam teknologi semikonduktor, dan menjadi perusahaan besar di Cina. Perusahaan ini merupakan milik dari produk huawei yang juga menciptakan chip dengan berdasarkan arsitektur Arm. Selain itu perusahaan ini juga menjadi perancang sirkuit terpadu domestik yang paling besar di negara Cina.

Kirin 960 menjadi seri terbaru dalam perilisan prosesor smartphone. Dibangun dengan adanya fitur arsitektur arm 64-bit dengan teknologi finfet 16mm. Sedangkan untuk prosesnya menggunakan quad core di mana prosesor tersebut mampu melaju sampai 2,4 Ghz. Dan tentu saja prosedur tersebut menjadi yang pertama kali dengan menggunakan GPU Mali G71 MP8 yang rupanya galaxy S8 pun akan segera merilisnya.

GPU ini sendiri memiliki kecepatan hingga 180% jika dibandingkan dengan pendahulunya. Tentu saja berdasar ini menjadi perbaikan yang sangat tepat untuk memastikan baterai bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. Terdapat banyak sekali peningkatan dalam kecepatan pengunduhan serta mengunggah LTE yang tinggi, bahkan processor ini juga memang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan Apple A10 fusion maupun Snapdragon 820 dan juga 821.

5. Urutan Prosesor Apple


15920 Prosesor Apple Merdeka
Source: Merdeka

Apple memang tidak memproduksi prosesor untuk HP apapun, namun sebagai gantinya mereka pun membuat sebuah kontrak dengan perusahaan yang membuat prosesor HP terlebih lagi seperti Samsung beserta TSMC untuk bisa membuat prosesor HP yang yang desain dibuat secara khusus dengan harapan dari kinerja mereka. Contohnya saja untuk processor dari A9 14 nm dibangun oleh pihak Samsung namun untuk versi A9 16 nm yang dibangun oleh pihak TSMC.

Apple A series dirancang untuk digunakan prosesor HP seperti iPad, kemudian iPhone, Apple TV dan juga iPod touch. Sedangkan untuk prosesor yang berada dalam seri ini ialah A4 hingga A13. untuk Apple a13 bionic ini adalah prosesor smartphone yang paling baik pada tahun sebelumnya. Sebab dia telah menggunakan sistem berbasis ARM 64 bit pada sebuah chip yang merupakan rancangan dari Apple inc. Pertama kali muncul pada iPhone yaitu iPhone tipe 11, kemudian iPhone 11 pro dan juga iPhone 11 pro max.

Itulah tingkatan prosesor hp terbaik yang wajib Anda ketahui. hal tersebut menjadi hal yang sangat penting ketika Anda ingin membeli smartphone baru dengan teknologi yang canggih. Dengan adanya ulasan di atas, semoga saja bisa membantu Anda untuk bisa menemukan smartphone terbaik.

BACA JUGA!

Urutan Snapdragon Mulai dari Tingkat Rendah Hingga Tinggi