Cara Membuat Undangan Tahlilan Menggunakan Ms Word

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Contoh Undangan Tahlil Tinggal Edit Microsoft Word | Contoh Kartu Nama, Matematika Kelas 5, Undangan
Daftar Topik

Sudah semestinya setiap acara diberitahukan dengan cara yang baik dan benar, tidak terkecuali tahlilan. Undangan tahlilan adalah sebuah undangan yang bermaksud untuk mendoakan orang yang telah meninggal. Seperti yang diketahui bahwa masyarakat yang kejawen masih suka mengadakan tradisi bersama-sama. Salah satu acar tersebut adalah tahlilan. Sehingga untuk memberitahukan adanya acara tersebut, diperlukan alat untuk menyampaikan pesan kepada pihak tertentu. misalnya dengan menggunakan undangan.

Pengertian Undangan

Berasal dari kata dasar undang yang berarti panggil. Sedangkan kata undangan mendapatkan akhiran “an” dimana konotasinya berubah menjadi kata benda yang berarti orang yang dipanggil. Dimana panggilan ini sudah ditentukan mulai dari hari, tangga, serta waktunya. Selain itu dalam undangan juga dicantumkan tempat yang harus dihadiri.

Menyampaikan pesan melalui undangan merupakan salah satu cara yang sopan, dimana mengindikasikan kita menghormati orang tersebut. Oleh sebab itu, dalam membuat undangan juga harus memenuhi prosedur tertentu. Apalagi jika undangan tersebut ditujukan untuk orang tertentu. dalam undangan juga harus tercantum secara jelas. Mulai dari nama acara, isi, dan tempatnya. Hal ini dimaksudkan agar yang diundang dapat datang tepat waktu

Undangan Tahlilan

Terdapat berbagai acara yang memang membutuhkan undangan, seperti pernikahan, tasyakuran kelahiran, pertunangan, dan lain sebagainya. nah, salah satu undangan yang sudah bisa dibuat untuk mendoakan adalah undangan tahlilan. Dimana acara ini adalah ritual untuk mendoakan orang yang telah meninggal. Ritual ini biasa diadakan dari hari pertama sampai ketujuh, ke 40 hari, ke 100 hari, ke 1000 harinya, dan seterusnya.

Secara bahasa kata tahlil berarti mengingat Allah dengan mengucapkan Laa ilaaha illallah (tiada Tuhan selain Allah). Meski begitu tahlil bukanlah suatu kegiatan yang wajib dilakukan. Setiap orang bebas ingin menjalankan tahlilan ataupun tidak. Karena pendapat melakukan tahlilan pun berbeda-beda.

Selain itu, tahlilan juga tidak harus dilakukan di tempat meninggalnya orang tersebut. Ritual ini bisa diadakan secara mandiri di rumah ataupun dengan mengundang masyarakat sekitar. Jika Anda ingin mengadakan tahlilan dengan mengundang orang banyak, tentu diperlukan alat untuk memberitahukan acara tersebut. maka dari itu Anda membutuhkan undangan tahlilan sebagai media penyampaian pesannya.

Baca Juga: Cara Membuat Bingkai di Word untuk Undangan

Cara Membuat Undangan Tahlilan

Teknologi sudah semakin canggih, dengan perangkat lunak Anda sudah bisa membuat undangan tahlilan sendiri. Mula-mula Anda harus memerhatikan setiap bagian yang dibutuhkan dalam membuat undangan.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka word baru agar muncul lembar kerja baru di layar. Selanjutnya arahkan cursor di bagian atas dengan klik File – New Template. Kemudian pada bagian kiri akan muncul banyak kategori template yang bisa dipilih. Sedangkan untuk pratinjau yang tersedia Anda bisa klik pada bagian kanan.
  2. Langkah berikutnya adalah memilih pratinjau. Untuk kali ini pilih kategori invitation baru pilih template undangan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Untuk undangan tahlil pilih template yang sederhana dan cukup formal
  3. Buatlah kop surat terlebih dahulu. Kop ini berisi alamat pengirim pesan, kalau dalam undangan tahlilan berisi tujuan pembuatan. Misalnya ditulis undangan tahlilan 100 hari
  4. Bubuhkan kata salam dalam undangan. Sebab Anda akan mengundang orang muslim, sehingga dengan kata salam seakan memberikan rasa hormat kepada penerimanya. Berikan salam pembuka lalu tujuan undangan tersebut dibuat. Jangan lupa untuk mencantumkan tempat, tanggal, waktu, serta yang paling penting adalah nama orang yang meninggal. Paragraf terakhir diisi dengan penutup
  5. Setelah itu tambahkan garis pinggir agar undangan terkesan rapi. Menambahkan garis pinggir ini bisa disebut border. Selain itu, agar lebih menarik pilih jenis font yang selaras. Fokuskan pada bagian kop surat. Untuk ketentuannya sendiri bisa disesuaikan dengan pembuat, yang terpenting adalah bisa dibaca

Bagian-Bagian Undangan

Secara umum surat memiliki beberapa bagian tertentu. meski dengan tema yang berbeda komposisi atau bagian surat cenderung sama. Sebelum membuat undangan berikut beberapa bagian yang harus Anda ketahui.

1. Kepala Surat

Bagian atas surat atau KOP berisi nama instansi terkait, organisasi, atau nama badan yang mengundang. Selanjutnya dicantumkan pula alamat pengundang, nomor telepon, logo, nomor surat, tanggal pembuatan, alamat tujuan.

2. Isi Surat

Isi adalah  bagian inti dari surat tersebut. bisa berisi salam pembuka terlebih dahulu kemudian diikuti latar belakang, hari/tanggal, waktu, acara, serta tempat diadakannya acara tersebut

3. Penutup

Seperti undangan biasanya tentu disertai penutup. Pada bagian ini tulis salam penutup, jabatan pengirim surat lengkap dengan nama dan nomor induk.

Setelah kita membahas mengenai pengertian undangan sampai ke[ada cara membuat undangan tahlilan. Sampai sini sudahkan Anda memahaminya? Jika iya, maka sekarang Anda sudah bisa membuat undangan tahlilan sendiri tanpa harus memesan ke orang lain. Manfaatkan alat yang Anda miliki, atau bahkan ini bisa menjadi peluang untuk membuka usaha pemesanan undangan.

Beberapa Contoh Undangan Tahlilan

Contoh Undangan Tahlil Tinggal Edit Microsoft Word

template tahlilan

Surat Undangan Tahlil 1Tahun

Template Kosongan Undangan Tahlilan

Contoh Undangan Tahlilan

Undangan Tahlil Pendak 1

Undangan Tahlil

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA