Wajib Tahu! Ini Dia Daftar Ukuran Standar Pintu Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
shutterstock_786008092
Daftar Topik

Ukuran Standar Pintu Rumah – Selain jendela dan ventilasi, pintu adalah salah satu komponen penting dalam pembangunan rumah. Selain bentuknya yang beragam, pintu merupakan salah satu benda yang fleksibel dapat dipilih sesuai selera. Namun beberapa benda tertentu memiliki ukuran standar masing-masing sebagai patokan dalam memilihnya. Kira-kira berapa saja ya, standar ukuran pintu sesuai kebutuhannya? Berikut penjelasan lengkapnya versi Blog elevenia.

Ukuran Standar Pintu Rumah

Sebagian besar pintu rumah memiliki ukuran standar yang cenderung sama. Namun ada beberapa ruangan yang memiliki ukuran berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan. Ini dia daftar selengkapnya:

1. Ruang Tamu

ruang-tamu

Umuumnya, standar ukuran pintu ruang tamu disesuaikan dengan ukuran standar tubuh orang dewasa. Sehingga beberapa pintu ruangan utama juga memiliki ukuran yang sama. Lebar pintu ruang tamu rata-rata 80 cm sesuai dengan standar lebar tubuh orang dewasa, yaitu 60 cm. Tentunya ukuran ini akan berbeda jika diperkirakan dengan ukuran kusen.

Rata-rata ukuran kusen ialah 6 cm. Jika terdapat 2 buah kusen pada sisi samping pintu, ukuran lebar yang dibutuhkan ialah 92 cm. Untuk ukuran tingginya sendiri, pintu ruang tamu standar memiliki tinggi 216 cm.

2. Kamar Tidur

kamar-tidur

Ruang utama selanjutnya ialah kamar tidur. Pada dasarnya, ukuran pintu kamar tidur sama dengan pintu ruang tamu, yaitu 92 x 216 cm. Meski agak tinggi, ukuran pintu ini dapat meminimalisir resiko menunduk saat ingin memasuki ruangan.

3. Kamar Mandi, WC atau Toilet

kamar-mandi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang tak kalah penting. Uniknya, kamar mandi justru memiliki ukuran standar pintu yang berbeda. Yaitu 82 x 216 cm. Tentunya ukuran tersebut sudah termasuk dengan lebar 2 buah kusen 6 cm. Kamu dapat juga menyesuaikan kembali ukuran pintu ruangan ini sesuai dengan kebutuhan atau ukuran ruangan. Mengingat pintu dengan lebar yang agak kecil akan cocok dengan ukuran ruangan yang minimalis juga.

4. Ruang Kerja

ruang-kerja

Sama seperti kamar tidur, ruang kerja juga memiliki ukuran yang serupa dengan ukuran ruangan utama. Yaitu 92 x 216 cm.

Baca Juga: 15 Model Atap Rumah, Millenials Wajib Tahu

5. Ruang Makan

ruang-makan

Meski tidak semua rumah memiliki ruangan ini, ternyata ruang makan tergolong dalam ruangan utama, loh. Hal ini dibuktikan dengan ukuran standar pintunya yang juga sama dengan ruang kerja, yaitu 92 x 216 cm.

6. Dapur

dapur

Untuk pintu dapur, ukuran lebarnya 92cm. Untuk tingginya sendiri ialah 216 cm. Namun untuk kamu yang punya ukuran ruangan lebih besar, dapat menggunakan ukuran lebar pintu yang lebih besar. Misal dua kalinya. Kamu juga dapat memasang kusen tanpa pintu untuk menciptakan kesan lebih lega.

7. Kamar Anak (Ruang Bermain)

kamar-anak

Dari namanya, ruangan ini khusus diperuntukkan untuk anak-anak. Namun ukuran pintu ruangan anak juga harus disesuaikan dengan ukuran pintu ruang utama, loh. Yaitu 92 x 216 cm. Hal ini tentu membawa beberapa keuntungan. Salah satunya ialah anak-anak jadi semakin leluasa untuk keluar masuk ruangan saat bermain bersama.

8. Gudang

gudang

Digunakan untuk ruangan penyimpanan, gudang biasanya terletak pada bagian sudut rumah. Misal di ruangan sudut, di loteng, kamar yang tidak terpakai, maupun di bawah tangga. Karenanya, ukuran pintu yang digunakan untuk ruangan ini tidak perlu terlalu besar. Ukuran 92 x 216 cm sudah cukup besar untuk ruangan ini.

9. Ruang Cuci

ruang-cuci

Bagi sebagian orang yang punya rumah bertingkat, ruangan ini biasanya terletak di bagian luar lantai atas. Karena itu lah ruangan ini tidak tergolong dalam ruangan utama. Jadi, kamu cukup memasang pintu dengan ukuran 82 x 216 cm untuk ruangan ini.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat gambar di bawah ini.

standar-tinggi-dan-lebar-pintu-rumah

Sebagai keterangan, gambar kiri merupakan ukuran pintu ruang utama (ruangan umum). Sedangkan gambar sebelah kanan merupakan pintu ruangan khusus, seperti kamar mandi, toilet maupun ruang cuci.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP