Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Mengatur Ukuran Kertas F4/Legal di Ms. Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Ukuran-Kertas-F4
Daftar Topik

Ukuran kertas F4. Kertas telah menjadi salah satu alat tulis yang penting sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini. Mulai dari mencatat sejarah, pengetahuan, peta, hingga saat ini kita gunakan untuk belajar, mencetak, dan lain sebagainya. Saat pertama kali ditemukan oleh Ts’ai Lun dari Dinasti Han, tentu ukuran kertas dan jenisnya tidak seberagam seperti saat ini. Berbahan utama papyrus, kertas pertama di dunia tercipta dengan ukuran yang cukup tebal. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan zaman, kini ukuran kertas memiliki standar yang telah ditetapkan, bahkan secara internasional. International Organization for Standardization atau yang akrab kita ketahui ISO merupakan standar internasional yang salah satunya mengatur tentang ukuran kertas. 

Seri Kertas A, B, C, F, dan R

Berdasarkan standar ISO, ukuran kertas pada dasarnya mengacu pada rasio aspek tunggal 1:1,4142. Lebih lanjut, ISO juga mengatur ukuran kertas secara internasional melalui beberapa seri, antara lain seri A, B, C, dan R. Masing-masing seri tersebut memiliki ukuran kertas turunan yang beragam. Sebagai contoh, dalam seri A kita ketahui seri A memiliki beberapa ukuran turunan kertas. Dengan dasar ukuran kertas adalah A0 yang berukuran 11889 mm x 841 mm, seri A kemudian menurunkan ke beberapa ukuran yaitu A1, A2, hingga A5. Ukuran kertas A1 hingga A5 sendiri memiliki ukuran setengah lebih kecil dari ukuran kertas sebelumnya. Misalnya, ukuran kertas A1 memiliki ukuran setengah lebih kecil dari ukuran kertas A0. 

macam-macam ukuran kertas

Umumnya, kertas yang mayoritas digunakan di berbagai negara adalah ukuran A4, B3, dan C4. Namun, di Indonesia kita memiliki beberapa jenis yang umum digunakan, yakni A4, Kuarto, dan F4. F4 merupakan ukuran kertas yang tidak memiliki ukuran turunan, alias hanya ukuran tunggal. Ukuran kertas F4 sendiri muncul karena tingginya permintaan pasar terhadap ukuran kertas ini. Selain itu, ukuran kertas F4 juga tidak banyak digunakan secara internasional, sehingga tidak heran jika kita cukup kesulitan menemukan ukuran F4 di beberapa perangkat lunak seperti Microsoft Word, Excel, Photoshop, dan aplikasi lainnya. 

Ukuran kertas F4

F4 atau yang juga akrab disebut Folio memiliki ukuran yang umum, yaitu 21,5 cm x 33 cm, yang apabila dikonversi dalam inci akan berukuran 8,5 x 13. Ukuran F4 sendiri tidak selamanya sama antar produsen kertas. Terdapat beberapa produsen kertas yang memiliki ukuran kertas F4 21 cm x 33 cm hingga 21,6 cm x 33 cm. Namun perbedaan ukuran ini tentu tidak menjadi masalah yang besar karena hanya berbeda 0,5 – 0,6 cm saja. 

Ukuran Kertas Ukuran dalam cm Ukuran dalam mm Ukuran dalam inch Ukuran dalam pixel
F4 21,5 x 33 215 x 330 8,5 x 13 2,539 x 3,898

Ukuran Kertas F4 ms word

Menambahkan Ukuran F4 dalam Microsoft Word

Untuk kamu yang sedang mengalami kesulitan menambahkan ukuran kertas F4 dalam Microsoft Word, berikut adalah langkah-langkahnya. 

  1. Buka Microsoft Word;
  2. Buat “Dokumen Baru”; 
  3. Kemudian klik menu “Layout” dan pilih kotak kecil pada pojok kanan bawah yang berisikan tanda panah ke ujung bawah kotak pada menu “Page Setup”;
  4. Pada kotak dialog “Page Setup” pilih menu “Paper”;
  5. Pada bagian “Paper Size”, pilih ukuran kertas “Legal” yang berukuran 8,5 x 14 inch atau pilih F4 yang berukuran 8,5 x 13 inchi. Apabila tidak ada ukuran kertas tersebut, kamu bisa menambahkannya secara manual dengan mengisi kolom “Width” dan “Height” sesuai dengan ukuran kertas yang kamu ingin tambahkan;
  6. Kemudian klik “Ok”

Sekarang Microsoft Word kamu sudah memiliki ukuran kertas Legal atau F4. Namun, bagaimana cara agar dapat mencetak dokumen dengan kertas F4?

Mencetak dokumen pada kertas F4 atau Legal

Ukuran-Kertas-F4

Setelah memiliki ukuran kertas F4 atau Legal, tentu kamu ingin mencetak dokumen dengan ukuran tersebut kan? Pada beberapa kasus, setelah melakukan penyesuaian pada Word atau Excel, kita lupa untuk melakukan penyesuaian pada printer, alat untuk mencetak dokumen tersebut. Hal ini tentu berakibat pada dokumen yang tercetak tidak sesuai dengan yang telah dibuat dalam Word atau Excel, seperti terpotong, menjadi lebih kecil, dan lain sebagainya. Nah, untuk menghindari masalah-masalah tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencetak dokumen pada kertas F4. 

  1. Buka dokumen Word yang ingin dicetak;
  2. Klik menu “File” kemudian pilih menu “Print”;
  3. Setelah klik menu “Print” maka akan muncul dialog perintah untuk melakukan print. Kemudian, klik menu “Printer Properties” pada menu “Printer”;
  4. Kemudian, pada kotak dialog “Printer Properties” pada bagian “Paper Size” ubah menjadi ukuran F4 atau Legal. Jika ukuran kertas pada printer masih belum ada, kamu bisa melakukan penambahan ukuran kertas pada menu “Paper/Quality” kemudian “Custom”. 

Ukuran Kertas F4 word

Tips umum lainnya yang dapat kamu ingat dalam mencetak dokumen adalah pertama, pastikan bahwa kamu akan menggunakan printer yang selalu sama, karena jika kamu menggunakan printer yang berbeda, maka kamu harus melakukan penyesuaian pada printer yang akan baru digunakan. Kedua, kamu bisa memanfaatkan “Print Preview” pada Word maupun Excel untuk melihat apakah dokumen yang akan dicetak sudah sesuai jika telah dicetak, hal ini bermanfaat untuk meminimalisir kesalahan pencetakan. Ketiga, seperti halnya printer, jika kamu menggunakan pc yang berbeda, kamu juga perlu memastikan bahwa pc tersebut juga telah disesuaikan ukuran kertasnya. Keempat, jika perangkat sulit menambahkan atau tidak ada ukuran F4 maupun Legal, kamu dapat menggunakan keduanya sebagai pengganti salah satu ukuran. 

Baca juga:

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word Dengan Mudah

ARTIKEL LAINNYA