Berbagai Ukuran Amplop yang ada di Microsoft Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ukuran amplop
Daftar Topik

Ukuran Amplop. Amplop merupakan benda yang digunakan sebagai pembungkus uang, surat, ataupun dokumen berharga lain yang ingin dikirimkan atau diberikan kepada orang lain secara langsung ataupun melalui perantara. Fungsi utamanya adalah melindungi kerahasiaan dan menjaga barang yang ada di dalamnya dari kerusakan. Jenis amplop pun ada banyak dan beraneka ragam. Secara umum, amplop ada yang warna coklat dan putih dengan ukuran yang beraneka ragam pula. Amplop berwarna putih biasanya dilengkapi dengan perekat dan berbentuk panjang (paperline panjang). Sedangkan amplop berwarna coklat beberapa diantaranya tidak memiliki perekat, melainkan ditutup menggunakan tali yang dililitkan.

         Amplop putih dan amplop coklat jika ditinjau dari segi kegunaannya memiliki perbedaan. Amplop putih umumnya digunakan untuk membungkus uang ataupun surat undangan yang bersifat resmi, sedangkan amplop coklat penggunaannya lebih kepada penyimpanan dokumen agar tidak terlipat dan rusak. Surat-surat yang ditujukan untuk kebutuhan formal biasanya dilengkapi dengan kop atau label nama di bagian luar amplop. Nah, kamu pasti akan kesulitan dong untuk membuatnya secara manual, tapi tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena pekerjaanmu akan semakin mudah dengan aplikasi Microsoft word. Microsoft word telah merangkum dan menyediakan berbagai ukuran yang ada di seluruh dunia. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, kamu tinggal memilih berbagai ukuran standar yang telah disediakan oleh Microsoft word.

ukuran amplop di microsoft word

         Indonesia tentunya memiliki ukuran amplopnya sendiri. Ukuran amplop di Indonesia jelas sangat banyak ragamnya, namun hampir semua ukuran tersebut tersedia di Microsoft Word. Jika ingin mencetak amplop menggunakan aplikasi Microsoft word, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan format ukurannya. Tentu banyak dari kamu yang masih asing dengan ukuran tersebut. Berikut telah kami rangkum informasinya untuk disajikan kepada kamu mengenai ukuran amplop yang disediakan oleh Microsoft word.

Ukuran amplop yang disediakan oleh Microsoft word

1. Amplop C4

Amplop ini memiliki ukuran panjang dan lebar yaitu 229 mm x 324 mm, yang jika diubah ke dalam satuan inci maka sama dengan 9 inci x 12.8 inci. Jika kamu sulit untuk membayangkannya, maka ukuran ini sesuai dengan ukuran kertas A4.

2. Amplop C3

Amplop jenis ini lebih besar dengan panjang dan lebar yaitu 324 mm x 458 mm, atau dalam satuan inci 12.8 inci x 18 inci. Seperti namanya, amplop ini sesuai dengan ukuran kertas A3.

3. Amplop B6

Amplop B6 memiliki ukuran yang lebih kecil dengan panjang dan lebar yaitu 125 mm x 176 mm, yang jika diubah ke dalam satuan inci maka sama dengan 4.9 inci x 6.9 inci. Jika kamu sulit untuk membayangkannya, maka ukuran ini sesuai dengan ukuran kertas C6.

ukuran amplop

4. Amplop B4

Amplop jenis ini sedikit lebih besar dari amplop C4, dengan ukuran panjang dan lebar yaitu 250 mm x 353 mm, yang dalam satuan inci yaitu 9.8 inci x 13.9 inci. Amplop B4 cocok untuk kertas C4.

5. Amplop E4

Amplop ini memiliki ukuran panjang dan lebar yaitu 280 x 400 mm atau 11 inci x 15.75 inci. Jika kamu sulit untuk membayangkannya, maka ukuran ini sesuai dengan ukuran kertas B4.

6. Amplop C7

Amplop C7 sesuai dengan kertas A7 yang mana kertas A7 ini seukuran dengan kertas A6 yang dilipat dua. Amplop C7 memiliki ukuran 81 mm x 114 mm atau dalam satuan inci 3.2 x 4.5 inci.

7. Amplop C6/C7

Amplop jenis ini hanya ukuran panjangnya saja yang melebihi ukuran sebelumnya, yaitu 81 mm x 162 mm atau sama dengan 3.19 inci x 6.4 inci. Ukuran ini sama dengan kertas A5 dibagi 3.

8. Amplop C6

Amplop ini seukuran dengan kertas A6 atau kertas A4 yang dilipat 2 sebanyak 2 kali. Ukurannya adalah 114 mm x 162 mm atau setara dengan 4.5 inci x 6.4 inci.

9. Amplop C6/C5

Amplop C6/C5 memiliki ukuran 114 mm x 229 mm atau sama dengan 4.5 inci x 9 inci. jika dicari perbandingannya, maka seukuran dengan kertas A4 dibagi tiga..

10. Amplop C5

Amplop C5 memiliki ukuran 162 mm x 229 mm atau sama dengan 6.4 inci x 9 inci. Amplop C5 seukuran dengan kertas A5, atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali.

microsoft word

Itulah beberapa ukuran amplop yang penting untuk kamu ketahui. Kamu dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhanmu. Sekarang yuk pelajari bagaimana cara mencetak amplop sesuai ukuran yang kita inginkan di aplikasi Microsoft word.

  1. Ukur terlebih dahulu ukuran yang ingin kamu cetak menggunakan mistar, dan cocokkan dengan berbagai ukuran yang telah dijabarkan di atas.
  2. Buka aplikasi Microsoft word (2007, 2010, 2013, atau 2016) kemudian pilih menu Mailings > Envelopes.
  3. Akan muncul kotak dialog Envelopes and Labels, lalu klik tombol options.
  4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Envelope Options, dan kamu dapat memilih model dan ukurannya yang ada di Envelope Size. Jika ukuran yang kamu inginkan tidak tersedia, maka kamu dapat custom sendiri ukuran yang kamu inginkan dengan menu custom size yang terdapat di menu paling bawah. 

Wah, mudah sekali kan caranya teman-teman? Semoga informasi tersebut dapat berguna ya. Demikianlah sekilas informasi mengenai ukuran amplop dan cara mencetaknya dengan aplikasi Microsoft word. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Mengubah Halaman dari Potrait ke Landscape Tanpa Mempengaruhi Halaman Sebelumnya

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP