Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Ukuran Amplop Putih Standar Indonesia di Microsoft Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
amplop lecek 5
Daftar Topik

Ukuran amplop putih. Amplop merupakan salah satu stationery atau Alat Tulis Kantor (ATK) yang sudah sejak dahulu digunakan oleh kakek-nenek moyang kita untuk membungkus surat yang akan dikirim juga untuk melindunginya agar tidak terbaca oleh orang lain. Sejak 2000 tahun sebelum masehi yang lalu, amplop sudah dikenal dan digunakan oleh masyarakat Babilonia yang sudah pintar menulis untuk kepentingan dokumen administrasi negara. Sayangnya, dahulu amplop digunakan oleh masyarakat Babilonia hanya terbatas untuk menyimpan catatan atau dokumen-dokumen yang dianggap penting. Menurut buku The History of Envelopes yang ditulis oleh Maynard H Benjamin, amplop pertama yang dikenalkan masyarakat Babilonia terbuat dari tanah liat dengan bentuk yang sangat sederhana dan tidak bisa dilipat. 

 Ukuran Amplop Putih - 1

Wah, jika melihat sejarah amplop, tentu amplop saat ini telah sangat sangat mengalami kemajuan ya. Hadirnya amplop dengan berbagai macam bentuk, fungsi, dan ukuran, seiring dengan perkembangan kertas. Selain itu, perkembangan amplop juga menunjukkan bahwa amplop juga masih memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, amplop yang umumnya kita kenal adalah amplop yang berwarna putih dan amplop yang berwarna cokelat. 

Perbedaan Amplop Putih Panjang dan Amplop Cokelat

Pasti dari kita kebanyakan menanyakan mengapa terdapat amplop putih dan amplop cokelat dan apa perbedaan keduanya. Pada dasarnya, perbedaan kedua amplop tersebut terletak pada ukurannya. Ukuran paling besar dari amplop putih adalah untuk kertas A3, sedangkan amplop cokelat memiliki ukuran terbesar yang sesuai untuk dokumen yang memiliki ukuran kertas F4. 

Selain itu, amplop cokelat juga kerap diasosiasikan dengan pengiriman dokumen formal, seperti surat lamaran pekerjaan hingga dokumen-dokumen penting. Berdasarkan jenisnya, amplop cokelat ini termasuk dalam jenis amplop besar. 

Ukuran Amplop Putih Panjang pada Microsoft Word

Ukuran Amplop Putih - 2

Berbeda dengan negara-negara lain, Indonesia memiliki ukuran amplop standar sendiri yang sudah diakomodir oleh Microsoft Word, salah satu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengetik dokumen. Ukuran amplop putih panjang standar yang umum digunakan di Indonesia dan telah diakomodir oleh Microsoft Word terbagi menjadi sedikitnya 10 ukuran, antara lain:

1. Amplop Ukuran C4

Amplop ukuran C4 memiliki detail ukuran yaitu 229 mm x 324 mm atau 9 inc x 12,8 inc. Amplop ukuran C4 ini sesuai untuk dokumen atau surat yang memiliki ukuran A4. 

2. Amplop Ukuran C3

Amplop ukuran C3 memiliki detail ukuran yaitu 324 mm x 458 mm atau 12,8 inc x 18 inc. Amplop ukuran C3 ini sesuai untuk dokumen yang memiliki ukuran A3. 

3. Amplop Ukuran B6

Amplopo ukuran B6 memiliki detail ukuran yaitu 125 mm x 176 mm atau 4,9 inch x 6,9 inch. Amplop ukuran B6 ini sesuai untuk dokumen yang memiliki ukuran C6. 

4. Amplop Ukuran B4

Amplop ukuran B4 memiliki detail ukuran yaitu 250 mm x 353 mm atau 9,8 inch x 13,9 inch. Amplop ukuran B4 ini sesuai untuk dokumen yang memiliki ukuran C4. 

5. Amplop Ukuran E4

Amplop ukuran E4 memiliki detail ukuran yaitu 280 mm x 400 mm atau 11 inch x 15,75 inch. Amplop ukuran E4 ini sesuai untuk dokumen yang memiliki ukuran B4. 

6. Amplop Ukuran C7

Amplop ukuran C7 memiliki detail ukuran yaitu 81 mm x 114 mm atau 3,2 inch x 4,5 inch. Amplop ukuran C7 ini sesuai untuk dokumen yang memiliki ukuran kertas A7 (seukuran dengan kertas A6 yang dilipat dua kali)

ukuran word 3

7. Amplop Ukuran C7/C6

Amplop ukuran C7/C6 memiliki detail ukuran 81 mm x 162 mm atau 3,19 inch x 6,4 inch. Amplop ukuran C7/C6 ini sesuai untuk dokumen yang berukuran sepertiga dari kertas A5. 

8. Amplop Ukuran C6

Amplop ukuran C6 memiliki detail ukuran 114 mm x 162 mm atau 4,5 inch x 6,4 inch. Amplop ukuran C6 ini sesuai untuk dokumen yang berukuran A6 (seukuran dengan kertas A4 yang dilipat sebanyak dua kali)

Amplop Putih - 4

9. Amplop Ukuran C6/C5

Amplop ukuran C6/C5 memiliki detail ukuran 114 mm x 229 mm atau 4,5 inch x 9 inch. Amplop ukuran C6/C5 ini sesuai untuk dokumen yang berukuran sepertiga dari kertas A4.

10. Amplop Ukuran C5

Amplop ukuran C5 memiliki detail ukuran 162 mm x 229 mm atau 6,4 inch x 9 inch. Amplop C5 ini sesuai untuk dokumen yang berukuran A5 (seukuran dengan kertas A4 yang dilipat satu kali)

Cara Print Amplop Putih Panjang Standar Indonesia di Microsoft Word

Setelah mengetahui ukuran amplopnya, sekarang kamu dapat mencetak amplop sendiri dengan aplikasi Microsoft Word. Berikut adalah tahapan-tahapan untuk melakukan print amplop dengan Microsoft Word. 

  1. Jika kamu ingin mencetak amplop yang kemungkinan tidak diatur oleh Word, kamu dapat mengukur terlebih dahulu amplop tersebut dengan penggaris;
  2. Setelahnya, buka aplikasi Word dan klik menu “Mailings” lalu klik submenu “Envelopes”;
  3. Kemudian akan muncul dialog box “Envelopes and Labels” untuk menentukan ukuran amplop. Pada dialog box tersebut, pilih tombol “Options” untuk menentukan ukuran amplop;
  4. Pada dialog box “Envelopes Options”, klik “Envelopes Size”, kemudian pilih model dan ukuran amplop yang kamu inginkan. Jika ukuran amplop yang kamu inginkan tidak ada, silahkan pilih “Custom” pada dialog box bagian bawah. 
  5. Setelahnya kamu dapat langsung print amplop yang kamu inginkan! 

Walaupun berbeda dengan kebanyakan negara lain, namun ukuran amplop putih di Indonesia telah diatur oleh Microsoft Word loh, tentu ini akan memudahkan kamu dalam mencetak amplop kedepannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP