6 Aplikasi Terbaik untuk Tweak Windows 10

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Windows 10
Daftar Topik

Tweak windows 10. Apa Itu Tweak? Tentu diantara kamu masih banyak yang tidak tahu apa itu tweak. Tweak adalah sebuah fasilitas (Utility) yang ada pada OS, yang bisa mengoptimalkan kinerja sistem operasi. Dengan adanya fasilitas tweak ini, kamu bisa memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, dan kemudahan serta keamanan dalam berinternet. 

Tweak pada Windows

Salah satu yang dilakukan tweak adalah melalui sistem operasi Windows. Berbagai fasilitas pada Windows bisa kamu ubah pengaturannya, seperti tweak yang dilakukan melalui Control Panel dan melalui setting regedit Windows. Dengan melalui Control Panel, banyak yang bisa kamu ubah pengaturannya. Sebagai contoh adalah kamu bisa mengubah kecepatan pada memori yang ada, karena Windows membutuhkan memori yang cukup besar. Selain kebutuhan pada internal sistem, program-program yang sedang berjalan di background juga membutuhkan memori yang cukup besar. Namun penyesuaian tidak hanya dengan pengaturan pada Control Panel, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar komputer kamu bisa berjalan sesuai dengan yang kamu inginkan.

customize-windows-10

Kamu bosan dengan penampilan windows 10 kamu yang kaku dan standart? Kamu mau windows 10 mu terlihat unik dan mengesankan? Kalau kamu mau membuat dan mengubah windows kamu terlihat lebih bagus dan menarik, berikut ini adalah beberapa alat untuk menyesuaikan Windows kamu

Aplikasi Yang Paling Sering Digunakan Pengguna Windows Untuk Merubah Tampilan

1. TweakNow PowerPack

Aplikasi tweak windows 10 pertama adalah TweakNow PowerPack, yang lebih sering digunakan untuk menyesuaikan cara Windows 10 beroperasi daripada cara tampilannya. Sebagai contoh adalah kamu bisa mengatur shutdown secara otomatis yang akan mematikan perangkat kamu pada waktu tertentu sesuai dengan penyesuaian yang kamu lakukan, selain itu kamu bisa mengoptimalkan penggunaan RAM pada sistem, serta membuat beberapa pintasan khusus untuk aplikasi intensif CPU yang secara otomatis bisa menetapkan tingkat prioritas CPU tertinggi dan mengosongkan cukup RAM. Kemudian ada juga modul Virtual Desktop yang bisa membantu kamu dalam mengatur empat konfigurasi desktop yang dirancang khusus, yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu dan kebutuhan pekerjaan kamu. 

Dekstop custom

2. Ultimate Windows Tweaker

Ultimate Windows Tweaker merupakan aplikasi Windows ringan dan portabel, yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan Windows 10 kamu, termasuk juga pada Windows 7 dan 8. Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbaik, yang digunakan untuk mengkostumisasi Windows 10. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 200 tweak Windows untuk bisa kamu mainkan. Kamu bisa menemukan tweak privasi, tweak keamanan, tweak kinerja, tweak menu konteks, tweak pencarian, dan masih banyak lainnya. Selain dari kegunaan di atas, aplikasi Ultimate Windows Tweaker juga bisa berfungsi sebagai software penyesuaian taskbar Windows 10. Sebagai contohnya adalah kamu bisa mengubah dan menyesuaikan tata letak Baterai, Tanggal dan Waktu, dan Volume, serta bisa menampilkan dan menyembunyikan folder Sering dan file Terkini. 

3. Customizer God

Customizer God merupakan aplikasi yang kompatibel dengan Windows 7, 8, dan 10 yang bisa menjadi alat bantu kamu untuk mengubah apapun pada penampilan ikon di Windows. Mulai dari ikon untuk menu Mulai, bilah tugas, drive anda, baterai, layar masuk, waktu dan tanggal, dan lain sebagainya. Aplikasi yang satu ini juga sangat mudah untuk digunakan. Kamu tidak perlu pengetahuan khusus untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini, kamu hanya perlu install pada sistem kamu dan kamu bisa mulai untuk mengubah dan meyesuaikan sesuka hati kamu. 

4. Winaero Tweaker

Winaero Tweaker juga merupakan salah satu alat tweak Windows 10 yang sering digunakan oleh pengguna. Aplikasi ini mampu bersaing dengan aplikasi lain, dan bisa menjadi salah satu yang terbaik diantaranya. Aplikasi ini menawarkan kamu banyak fitur yang bisa kamu gunakan, sebagai contoh antara lain:

  • Kamu bisa menambahkan delapan warna khusus ke menu Pengaturan> Personalisasi> Warna.
  • Kamu bisa mengubah ukuran kursos.
  • Mengedit ukuran batas jendela, bilah judul, dan juga menu. 
  • Kamu bisa menambahkan enskripsi file ke menu konteks; dan masih banyak lainnya

Bukan hanya pada Windows 10, aplikasi ini juga kompatibel dengan Windows 7 dan juga Windows 8. Aplikasi ini juga masih dalam pengembangan aktif, dengan penambahan baru tiap 3 atau 4 bulan. 

Tweak control panel windows 10

5. Rainmeter

Rainmeter juga merupakan aplikasi untuk mengubah tampilan Windows 10 agar lebih seru dan unik. Karena penggunaannya yang mudah, tidak heran jika banyak orang yang kecanduan mengutak-atik komputernya agar lebih menarik dan sesuai dengan selera pribadi. Ada beberapa skin Rainmeter yang bisa dengan mudah digunakan oleh pemula. Agar lebih menarik lagi, kamu bisa membuat skin kamu sendiri dengan tweaker Windows 10 ini. 

6. UltraUXThemePatcher

Buat kamu yang ingin mengubah theme computer dengan nuansa yang disukai, bisa menggunakan software yang satu ini, UltraUXThemePatcher. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali desain keren dan menarik yang sesuai dengan gaya kamu. Namun untuk bisa menyesuaikan tema windows ini, dibutuhkan beberapa tambahan eksternal agar bisa berfungsi. Pada dasarnya, Windows belum bisa menggunakan tema dari pihak ketiga yang bukan langsung datang dari Microsoft Store-nya. Dan aplikasi ini merupakan alat pihak ketiga yang paling banyak digunakan untuk mengatur tema. Mengingat bahwa pihak ketiga akan mengakses secara keseluruhan komputer kamu, ada baiknya jika kamu telah membackup beberapa data yang penting dan berharga. 

Buat kamu yang mau menyesuaikan perangkat kamu sesuai dengan gaya dan karakter kamu, bisa mencoba semua aplikasi tweak Windows10 diatas ya. Keperibadian mu juga bisa tercermin dari perangkat mu. Selamat mencoba!

Baca juga:

Kelebihan Spotify Premium yang Tidak Terduga

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA