Tutorial Teknik Levitasi Fotografi

0
15920 Levitasi Redaksiana
Source: Redaksiana

Sekarang ini foto menjadi ajang berbagi di media sosial, pasalnya dengan foto kita bisa menunjukkan ke semua orang sedang melakukan sesuatu yang kita inginkan. Sehingga tak heran jika saat ini banyak sekali teknik yang dilakukan untuk menghasilkan foto yang bagus dan keren. bahkan ada juga beberapa teknik fotografi yang viral dan diikuti oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu teknik fotografi yang kini banyak dilakukan yaitu levitasi. Tahukah Anda apa itu levitasi?

Singkatnya levitasi adalah foto yang tampak melayang ketika ditangkap kamera. Pastinya kita sudah sering menjumpai foto dengan model seperti ini. Nah, Apakah anda termasuk salah satu orang yang ingin mencoba teknik levitasi fotografi? Jika benar tak perlu bingung atau khawatir lagi karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai tutorial teknik levitasi fotografi secara lengkap.

Apa Itu Foto Levitasi?


15920 Levitasi Detiknet
Source: detikNet

Nah, sebelum membahas secara lengkap mengenai teknik levitasi fotografi penting sekali untuk mengetahui apa itu foto levitasi seperti yang telah dijelaskan singkat sebelumnya bahwa foto levitasi adalah foto yang tampak melayang sehingga memiliki kesan yang unik pesan utama dari foto ini yaitu seolah-olah melayang melawan gravitasi. Objek foto yang digunakan bermacam-macam baik itu hewan, benda maupun manusia.

Membuat Foto Levitasi


15920 Levitasi Redaksiana
Source: Redaksiana

Memotret objek yang tampak melayang memang membutuhkan prinsip tertentu. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan shutter speed yang tinggi. Karena dengan menggunakan shutter speed ini bisa membekukan gerakan objek yang difoto. Mungkin bagi sebagian orang sudah pernah melakukan hal tersebut. Tetapi banyak juga yang belum pernah melakukannya. Namun, kini tak perlu khawatir lagi karena ada beberapa langkah yang bisa dipraktekkan untuk memotret levitasi. Sebagaimana berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pastikan Kamera Bisa Diatur Shutter Speed

Untuk mendapatkan hasil foto levitasi, pastikan jika kamera yang Anda miliki bisa diatur shutter speednya, baik itu kamera DSLR atau mirrorless. untuk mengatur shutter speed sangatlah mudah langkah pertama yaitu pilihlah mode pada DSLR atau mirrorless menggunakan manual (M) atau Shutter Priority (S/Tv). Lalu, untuk menambah Shutter speednya, putar dial kamera ke kanan. Maksimal putar shutter speednya 1/500 – 1/1000.

Selain menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, bisa juga menggunakan kamera saku atau smartphone. Untuk merubahnya gunakan model sport agar bisa membekukan gerakan objek. Pada smartphone, mode ini disimbolkan dengan gambar orang berlari atau mobil, apalagi teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, sehingga smartphone sudah banyak yang dibekali pengaturan Shutter speed.

2. Memotret di Lokasi dengan Cahaya Cukup

Agar hasil foto levitasi maksimal, lakukan pemotretan di luar ruangan agar mendapatkan cahaya yang cukup, meski begitu tetap saja bisa melakukan pemotretan di dalam ruangan. Asalkan ISO serta aperture yang ada disesuaikan. Jika perlu bisa menggunakan teknik strobist. Cahaya yang lebih memang sangat dibutuhkan ketika menggunakan shutter speed.

3. Pilih Objek Foto yang Masuk Akal

Tips selanjutnya harus dilakukan untuk teknik levitasi fotografi yaitu pilih objek foto yang masuk akal. Dengan kata lain, objek yang ingin dibuat melayang yang meliputi manusia ataupun benda-benda kecil. Karena hal tersebut juga akan memudahkan Anda.

4. Pilih Background dan Latar Cerita

Setelah menentukan objek yang akan di foto, langkah selanjutnya pastikan background dan latar cerita yang dipilih tepat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ketika menggunakan shutter speed memang dibutuhkan cahaya yang cukup. Selain itu, penting juga menentukan latar cerita dibalik foto levitasi tersebut. Bahkan, penting juga untuk menentukan cerita dibalik foto agar orang yang melihat mengerti maksud dari foto tersebut.

5. Mulai Memotret

Jika langkah-langkah sebelumnya sudah selesai disiapkan, kini saatnya melakukan pemotretan. Nah, dalam melakukan pemotretan teknik levitasi fotografi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti halnya menjaga fokus agar tetap pada objek yang digunakan. Caranya dengan menggunakan fokus continous serta burst mode di kamera. Hal tersebut berlaku bagi pengguna kamera DSLR atau mirrorless. Agar foto yang dihasilkan tajam secara keseluruhan, gunakan bukaan lensa kecil semacam f/8.

Bagaimana Menghindari Foto Salah Fokus


15920 Levitasi Hipwee
Source: Hipwee

Ketika memotret sebuah objek terkadang salah menempatkan fokus. Nah, maka dari itu bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil foto bokeh, perlu mencoba bukaan besar mulai dari f/1.8. agar hasil foto keren, pastikan model yang digunakan terlihat natural. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui arah tangan dan kakinya seperti apa. Selain itu, agar hasil foto levitasi lebih keren, gunakan properti yang sesuai. Baik itu balon, payung, buku dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui bagaimana teknik levitasi fotografi, kini Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Yang pasti pilihlah objek pas serta sesuaikan dengan latar belakangnya. Hal ini penting sekali agar foto yang dihasilkan maksimal dan terlihat nyata.

BACA JUGA!

Vignette adalah? Berikut Fungsi Beserta Penjelasannya