Tuntunan dan Doa Sujud Tilawah Lengkap

0

Sujud menjadi salah satu bentuk pengakuan  kita sebagai makhluk yang memiliki kelemahan dan ketidakberdayaan di sisi Allah SWT, sehingga sujud menjadi sesuatu yang sangat mulia. Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai makhluk agar lebih dekat dengan Sang Pencipta, salah satunya yaitu dengan bersujud. Banyak sekali jenis sujud, salah satunya yaitu sujud tilawah. Tahukah Anda apa dan seperti apa sujud tilawah itu? Sujud tilawah dilakukan setelah membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah dalam Al Qur’an.

Sujud tilawah tidak hanya sekedar sujud, melainkan ada doa sujud tilawah yang harus dibaca. Selain itu, dalam melakukan sujud tilawah juga ada tata caranya. Nah, untuk mengetahui doa sujud tilawah dan tata caranya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bacaan Niat Sujud Tilawah


تَعَالَ اللَّهُ سُنَّةً التِّلاَوَةِ سُجُوْدَ نَوَيْتُ

“Saya Sujud sunnah Tilawah kerana Allah Ta‘ala”.

Disebutkan dalam sebuah hadist yang riwayatkan oleh Muslim:

“Ketika ia bersujud merupakan waktu yang terdekat antara seorang hamba dengan Rabb-Nya”

Dari hadits tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa ada banyak keutamaan bagi orang yang bersujud dengan ikhlas, salah satunya akan terhindar dari api neraka.  Dari sekian banyak sujud, salah satu sujud yang dianjurkan dalam Islam yaitu sujud tilawah. Yang mana sujud ini dilakukan setelah seseorang karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah dalam Al Qur’an.

Bacaan Sujud Tilawah Lengkap


Setelah mengetahui pengertian dari sujud tilawah dan niat yang harus dibaca, ada juga doa sujud tilawah yang harus dibaca. Sebagaima berikut ini doa sujud tilawah yang panjang dan pendek yang harus diketahui.

الْخَالِقِينَ أَحْسَنُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَقُوَّتِهِ بِحَوْلِهِ وَبَصَرَهُ سَمْعَهُ وَشَقَّ وَصَوَّرَهُ خَلَقَهُ لِلَّذِى وَجْهِى سَجَدَ

“Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakan, membentuknya, memberi pendengaran dan penglihatan, Maha besar Allah SWT sebagai Pencipta terbaik”.

Dari arti bacaan doa sujud tilawah tersebut bisa disimpulkan bahwa sudah sepatutnya kita sebagai makhluk untuk bersujud kepada Allah SWT yang sudah menciptakan, membentuk rupa penampilannya lalu memberi penglihatan dan pendengarannya.  Dari arti tersebut juga menjelaskan mengenai proses awal pembentukan atau penciptaan manusia.

Selain doa sujud tilawah yang panjang, ada juga doa sujud tilawah yang pendek seperti doa yang sering kita baca ketika sholat. Sebagaimana berikut ini doanya:

لأَعْلَى ارَبِّىَ سُبْحَانَ

“Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi”.

Dari doa tersebut bisa disimpulkan bahwa sudah seharusnya sebagai makhluk kita harus mengagungkan Allah sebagai Dzat yang Maha Tinggi.

Tata Cara Sujud Tilawah


Sujud tilawah bukan hanya sekedar sujud biasa. Karena, dalam menjalankannya ada beberapa tata cara yang harus dilakukan. Sebagaimana berikut ini tata caranya.

  1. Sujud tilawah hanya dilakukan dengan sekali sujud saja.
  2. Sujud tilawah sama seperti sujud dalam shalat. Namun, bedanya sujud tilawah tidak perlu dimulai dengan takbiratul ikhram dan tidak diakhiri dengan salam. Dengan kata lain, sujud tilawah sunnah dilakukan setelah membaca atau mendengar ayat sajadah dan bisa dilakukan tanpa diawali dengan takbiratul ikhram terlebih dahulu. Ketika sujud, bisa langsung membaca doa yang sudah dijelaskan pada ulasan sebelumnya.
  3. Sujud tilawah juga bisa dilakukan ketika dalam perjalanan dengan cara menggunakan isyarat gerakan kepala ke arah mana saja.

Syarat Sujud Tilawah


Mengingat sujud tilawah merupakan perbuatan yang sangat mulia, sehingga dalam melakukan sujud tilawah juga ada syarat-syaratnya. Sebagaimana berikut ini:

  • Suci dari hadats atau najis baik itu badan, pakaian dan tempat. Menutup aurat.
  • Sangat disarankan untuk menghadap kiblat, sekalipun tidak juga tidak apa-apa.
  • Selesai siap, langsung sujud dengan membaca doa sujud tilawah
  • Khusus untuk sujud tilawah yang dilakukan ketika sholat berjama’ah. Maka makmum wajib mengikuti Imam, karena jika tidak sholat bisa batal.

Dua Jenis Sujud Tilawah


Sujud sunnah tidaklah wajib, tetapi sunnah untuk dilakukan ketika sholat atau di luar sholat.

1. Sujud Tilawah di Dalam Sholat

Disunahkan untuk berniat melakukan sujud tilawah ketika mendengar atau membaca ayat sajadah. Ketika di dalam sholat, lebih baik memulainya dengan takbir, lalu sujud sekali dengan membaca doanya. Setelah selesai sujud tilawah, berdiri lagi untuk melanjutkan sholatnya sampai salam.

Penjelasan tersebut untuk sujud tilawah ketika sholat sendiri, berbeda lagi ketika sholat berjamaah. Lebih baik melakukan sujud tilawah dengan mengikuti imam, karena akan batal jika melakukan sujud sendiri tanpa mengikuti imam.

2. Di Luar Sholat

Hukum melakukan sujud tilawah yaitu sunnah, sehingga akan lebih baik jika dilakukan. Sujud tilawah ketika diluar sholat dilakukan tanpa diawali dengan takbir dan tanpa diakhiri dengan salam. Bahkan, niatnya cukup dibaca dalam hati.

Setelah mengetahui tata cara dan kemudahan dalam melakukan sujud tilawah, kini Anda tak perlu lagi bingung bagaimana cara melakukannya. Bahkan, sujud tilawah memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh setiap orang yang melakukannya.

BACA JUGA! 

Keutamaan Do’a Kafaratul Majlis Sebagai Do’a Penutup Acara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here