Tujuan Kongres Pemuda 1 Diselenggarakan

0

Kongres pemuda 1 merupakan kongres yang bersejarah yang mana diadakan oleh para pemuda di Indonesia. Dalam kongres inilah komitmen yang dimiliki para pemuda Indonesia disatukan demi persatuan Indonesia. Tujuan kongres pemuda 1 ini juga salah satunya sebagai ajang pertemuan para pemuda yang berasal dari berbagai wilayah di Hindia-Belanda yang mana sebelumnya sudah mendirikan organisasi atau perkumpulan.

Beberapa nama organisasi atau perkumpulan tersebut yaitu Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, Jong Minahasa serta Jong Batak. Kemudian M. Tabrani sebagai orang yang melakukan pidato pada saat pembukaan sekaligus sebagai ketua panitia, ia meminta pandangan tentang cara mempersatukan kalangan pemuda dalam semangat nasional dari seluruh peserta.

Di dalam kongres pemuda 1 tersebut kemudian Moh Yamin menyumbangkan pemikirannya terkait dengan bahasa persatuan Indonesia. Selanjutnya Moh Yamin melakukan pidato pada tanggal 2 Mei 1926 yang berjudul “Kemungkinan-kemungkinan Masa Depan Bahasa dan Sastra Indonesia”.

Nah, dari sekian banyaknya bahasa daerah di berbagai suku di Indonesia, maka Moh. Yamin meyakini bahwa Bahasa Jawa dan Bahasa Melayu bisa dijadikan sebagai bahasa persatuan. Dari perkembangannya, kemudian dipilihlah bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan Indonesia.

Kongres pemuda 1 ini telah menerima serta mengakui akan cita-cita persatuan bangsa Indonesia. Meskipun dalam hal ini masih samar-samar terkait dengan perumusannya. Maka dari itu, antara PPPI, PNI, PI dan Pemuda Indonesia kemudian memiliki rencana untuk bisa mewujudkan persamaan cita-cita serta persatuan Indonesia.

Organisasi pemuda ini semuanya merasa bahwa hal tersebut sangat perlu untuk bersatu. Hal tersebut dikarenakan mereka semua merasakan bahwasanya bentuk dari perkumpulan mereka masih memiliki bau-bau sifat kedaerahan. Hal tersebut sangat terlihat jelas di dalam kongres pemuda 1 yang diadakan tersebut. Di dalamnya masih menonjolkan kepentingan daerah sendiri-sendiri di dalam berbagai pembicaraan.

Tujuan Kongres Pemuda 1

Tujuan kongres pemuda 1 diadakan ini bukan tanpa tujuan, melainkan ada 6 tujuan yang dingin dicapai. Berikut ini keenam tujuan diadakannya kongres pemuda 1:

1. Meningkatkan Semangat Persatuan Pemuda Tanah Air


Kongres pemuda 1 diadakan memiliki tujuan yang pertama yaitu untuk bisa meningkatkan semangat persatuan pemuda seluruh tanah air. Nah, supaya cita-cita kemerdekaan Indonesia bisa terwujud, maka para pemuda harus sadar bahwasanya salah satu syaratnya yakni dengan meningkatkan semangat persatuan.

Perjuangan kedaerahan sebagaimana yang pernah dilakukan pada masa kerajaan dahulu sudah terbukti berhasil menaklukkan penjajahan. Dengan demikian, jika mereka semua bersatu seluruh daerah yang terdapat di wilayah Hindia Belanda bisa terbebaskan dari belenggu imperialisme.

2. Mempererat Hubungan Antar Organisasi Pemuda


Sebelum kongres pemuda 1 diadakan, yang mana sebelum itu sudah banyak berbagai organisasi pemuda didirikan yang tersebar di berbagai wilayah di Hindia Belanda. Sedangkan ruang lingkup pekerjaan dari organisasi tersebut hanyalah di daerahnya saja sehingga kurang diketahui oleh organisasi-organisasi yang lainnya.

Maka dari itu tujuan dari kongres pemuda 1 ini yang berasal dari berbagai organisasi kedaerahan di Hindia Belanda memiliki tujuan untuk bisa mempererat hubungan silaturahmi antar seluruh organisasi. Hal tersebut bertujuan agar jalinan kerjasama bisa berjalan dengan baik.

3. Memajukan Paham Persatuan Kebangsaan


Kongres pemuda 1 yang di dalamnya terdiri dari berbagai organisasi yang mana seluruh anggotanya adalah kaum terdidik yang bahkan mengenyam pendidikan hingga ke Eropa. Dengan demikian mereka semua sudah banyak memahami tentang kebangsaan yang mereka dapatkan dari bacaan selama menempuh pendidikan.

Maka dari itu seluruh anggota kongres pemuda 1 paham betul tentang pentingnya memajukan serta mengembangkan paham persatuan kebangsaan. Hal tersebut tak lain dan tak bukan adalah untuk mengingat semangat dari para pemuda bangsa Indonesia.

4. Meletakkan Dasar Kemerdekaan Indonesia


Selanjutnya kongres pemuda 1 diadakan bertujuan untuk meletakkan dasar-dasar kemerdekaan bangsa Indonesia. Mereka semua menyadari sepenuhnya bahwasanya kemerdekaan merupakan hak dari seluruh bangsa. Tak terkecuali, bangsa Indonesia yang mana selama berabad-abad terjatuh di dalam kubangan imperialisme sehingga harus merdeka. Bangsa Indonesia juga harus bisa bebas, lepas dan juga mandiri dari seluruh bentuk intervensi dari bangsa lain.

5. Melakukan Kegiatan Pemuda


Selanjutnya kongres Pemuda 1 bertujuan untuk melakukan berbagai kegiatan pemuda. Apalagi pemuda merupakan generasi baru Indonesia yang mana mereka seharusnya bisa tampil dalam banyak segi. Mulai dari budaya, ekonomi dan juga sosial. Semua segi tersebut telah dianggap menjadi hal yang paling mendasar untuk bangsa Indonesia. Maka dari itu, para pemuda ini seharusnya mampu menyatukan pemikiran mereka untuk bisa melakukan usaha dalam memajukan berbagai segi kehidupan tersebut.

6. Membentuk Badan Sentral


Terakhir tujuan dari diadakannya kongres pemuda 1 ini yaitu untuk membentuk badan sentral. Nantinya badan sentral tersebut diharapkan akan berfungsi sebagai sebuah tempat pembinaan serta wadah untuk para pemuda yang tunggal.

Nah, semua tujuan kongres pemuda 1 diselenggarakan tersebut tentu saja untuk kemerdekaan Indonesia yang menjadi cita-cita bersama. Semoga setelah membaca artikel di atas bisa membantu Anda mengetahui sejarah tentang tujuan diadakannya kongres pemuda 1.

BACA JUGA!