Tugas Administrator Keuangan dalam Perusahaan

0
12820 Administrasi Keuangan Perusahaan
Source: Jagad

Tugas administrator memang hampir sama dengan staff keuangan karena sama-sama mengurusi masalah keuangan perusahaan, namun terdapat perbedaan yang mencolok disini. Jika staff keuangan sering melakukan perhitungan keuangan secara spesifik, administrator keuangan lebih cenderung dalam mengatur keuangan secara umum.

Modal utama dalam menjadi administrator keuangan yaitu memiliki kemampuan dalam hal analisa dan perhitungan. Kemampuan tersebut menjadi pondasi awal dalam administrasi, karena administrasi sendiri dikenal sebagai dunia sistem keuangan. Sehingga kemampuan tersebut harus dimiliki terlebih dahulu sebelum menjadi administrator perusahaan.

Fungsi Administrasi Keuangan Perusahaan


12820 Administrasi Keuangan Perusahaan
Source: Jagad

Sebuah perusahaan pastinya sangat membutuhkan yang namanya administrasi keuangan. Administrasi ini memiliki beberapa fungsi yang perlu dipahami, sebagai berikut.

1. Fungsi Pembelanjaan 

Kebutuhan pembelanjaan untuk seluruh kegiatan perusahaan pastinya akan membutuhkan dana. Dengan adanya administrasi ini, maka seluruh kegiatan akan mendapatkan dana dengan tepat.

2. Fungsi Pembagian Laba 

Fungsi ini dapat diartikan dengan adanya administrasi, maka dana yang berasal dari perusahaan dapat digunakan untuk mengembangkan usaha-usaha yang ada di perusahaan.

3. Fungsi Investasi 

Fungsi investasi merupakan pengelolaan dana yang digunakan untuk menjalankan aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuan.

4. Fungsi Mencari Dana 

Sesuai dengan namanya, fungsi ini bertujuan mendapatkan modal dari dalam maupun luar perusahaan untuk membantu usaha-usaha yang ada di perusahaan.

Syarat Menjadi Administrator Keuangan Perusahaan


12820 Administrator Keuangan Fresh Consultant
Source: Fresh Consultant

Dalam menjadi administrator keuangan tidaklah mudah, apalagi dalam sebuah perusahaan. Kebanyakan yang memenuhi untuk menjadi administrator yaitu yang sudah mengambil jurusan akutansi ataupun sejenisnya. Selain itu, untuk syarat yang diberikan oleh setiap perusahaan memang cukup berbeda. Namun, Anda bisa melihat syarat secara umum yang harus dipenuhi ketika ingin menjadi administrator keuangan.

Syarat umum untuk menjadi administrator keuangan perusahaan yaitu dapat mengatur keluar masuknya keuangan, selalu cermat dalam mengurus keuangan, memiliki tanggung jawab yang besar, dapat dipercaya, bisa menganalisa hasil kerja, memiliki sikap cekatan dan rapi dalam menjalankan tugas dan mempunyai ketelitian menganalisa dokumen.

Kewajiban Administrator Keuangan Perusahaan


12820 Administrator Keuangan Berdiklat
Source: Berdiklat

Administrator keuangan perusahaan memiliki kewajiban yaitu memeriksa uang dari wewenang staff keuangan, membayar tagihan dari kontraktor dan vendor, melakukan kerja sama dengan bidang lain mengenai kebijakan administrasi, melunasi hutang perusahaan,  memeriksa laporan AP/AR, faktur dan nota supplier tentang hutang piutang.

Kewajiban tersebut harus dipenuhi dengan baik oleh administrator keuangan, karena memang masalah keuangan perusahaan sangat tergantung dengan adanya administrator. Apalagi keberadaan administrator keuangan dalam perusahaan sangat lah penting. Sehingga menjalankan kewajiban merupakan salah satu upaya untuk membuat keuangan perusahaan terkelola dengan baik.

Tugas Administrator Keuangan dalam Perusahaan


12820 Arsip Faktur iStock
Source: iStock

Tugas administrator keuangan dalam sebuah perusahaan tidak hanya mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan, melainkan ada beberapa tugas lain yang harus diselesaikan. Untuk mengetahui tugas dari administrator beserta penjelasannya, berikut informasinya untuk Anda.

1. Membuat Arsip Faktur 

Arsip faktur dalam dunia keuangan dapat berfungsi untuk memastikan status hutang/piutang perusahaan. Jadi setiap adanya hutang/piutang yang dilakukan oleh perusahaan, administrator harus segera membuat arsip. Dengan begitu, maka hutang/piutang yang dilakukan oleh perusahaan akan terus terpantau dengan baik.

2. Membuat Perencanaan Keuangan 

Kebutuhan perusahaan dalam melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan keuangan sangat banyak. Sehingga membuat perencanaan keuangan dapat mengatur keuangan perusahaan menjadi tetap stabil. Perencanaan yang harus dilakukan meliputi perencanaan pengeluaran, perencanaan pembayaran, perencanaan peminjaman dan perencanaan penerimaan.

3. Membuat Surat Tagihan

Surat tagihan ini ditujukan untuk para pelanggan perusahaan. Hal ini perlu dilakukan untuk bisa mengelola kredit perusahaan dengan baik. Dalam menjalankan tugas ini, administrator harus bekerja dalam membuat serta mencetak surat tagihan. Setelah itu surat tagihan akan dikirim kepada para pelanggan.

4. Menginput Pembayaran

Setiap pelanggan yang datang untuk melakukan pembayaran, administrator harus siap menginput pembayarannya. Selain itu, administrator juga harus menginput pembayaran ke supplier dengan tepat. Supaya dapat memastikan keakuratan dan ketepatan dalam pembayaran maupun penerimaan.

5. Mengarsip Dokumen Transaksi 

Untuk menjaga ketertiban dalam keuangan perusahaan, seorang administrator harus bisa mengarsipkan dokumen transaksi dengan baik. Apalagi dokumen ini sangat penting untuk menjadi bukti terjadinya transaksi. Selain itu, dengan mengarsipkan dokumen juga akan memudahkan administrator dalam mencari dokumen yang dibutuhkan.

6. Menyusun Kebijakan Anggaran (H3)

Kebijakan anggaran yang harus disusun administrator yaitu mulai dari anggaran belanja, anggaran peminjaman dan masih banyak lagi. Kebijakan anggaran disini sudah menjadi tugas dari administrator, sehingga untuk dapat membuat anggaran menjadi adil maka perlu dilakukannya penyusunan kebijakan anggaran.

Tugas administrator dalam mengatur keuangan perusahaan sangat banyak. Jadi setiap tugas yang diberikan harus benar-benar dijalankan dengan sungguh-sungguh. Untuk menjadi administrator keuangan memang harus mempunyai kecermatan dalam menyelesaikan semua tugas tanpa terkecuali, sehingga keuangan perusahaan akan tetap menjadi stabil.

BACA JUGA!

Pengertian dan Fungsi Rasio Keuangan