Trik Mudah Mengatasi Telinga Berdengung

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Mengalami telinga berdengung pastinya banyak terjadi pada manusia. Lalu apakah hal tersebut berbahaya? Bagaimana jika telinga berdengung terjadi secara terus menerus? Beberapa kejadian telinga berdengung bisa diakibatkan oleh tinnitus. Artinya, persepsi bising atau keadaan berdenging pada telinga. Bagaimana mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Telinga Berdengung, Apa Bisa Disembuhkan?


Mengalami telinga berdengung memang biasa terjadi pada beberapa orang. Apabila disebabkan oleh tinnitus, kemungkinan untuk diobati hanyalah sedikit. Bahkan apabila penyakit tersebut sudah permanen, kemungkinan untuk disembuhkannya hanyalah 1%. Meskipun tidak bisa disembuhkan, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi telinga berdengung.

Penyebab Telinga Berdengung


Sebelum membahas tentang trik mengatasi telinga berdengung, akan lebih baik jika kamu mengetahui penyebab terjadinya telinga berdengung. Kondisi telinga berdengung bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi bahkan adanya tumor pada kepala atau leher manusia. Untuk mengetahui lebih pastinya, kamu bisa periksa ke rumah sakit dan menemui dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan.

Trik Mengatasi Telinga Berdengung


Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk mengatasi telinga berdengung dengan mudah. Apa saja sih hal yang bisa dilakukan? Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan alat bantu dengar

Terkadang saat kondisi telinga sedang berdengung, pendengaran menjadi berkurang bahkan bisa menghilangkan kemampuan mendengar. Kamu bisa mengurangi kondisi telinga berdengung dengan menggunakan alat bantu dengar khusus yang bernama masking hearing aid.

Namun untuk keterangan lebih lanjut, kamu bisa konsultasi dengan dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan untuk mendapatkan informasi sekaligus alat yang paling cocok digunakan.

Mengetahui penyebab telinga berdengung

Cara ampuh untuk mengatasi masalah telinga berdengung adalah dengan mengetahui penyebab terjadinya telinga berdengung terlebih dahulu. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsultasikan ke dokter. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas penyakit telinga berdengung untuk berbagi pengalaman dan mendengarkan tips dari mereka.

Mengurangi peradangan dan stress kronis

Tanpa disadari, peradangan bagian dalam tubuh sangat mudah menyerang manusia. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko permasalahan telinga mulai dari infeksi biasa hingga peradangan akut. Mengapa peradangan tubuh bisa terjadi? Peradangan tubuh bisa terjadi apabila tubuh melawan penyakit asing yang mengidentifikasikan bahaya untuk kesehatan.

Karena perlawanan tersebut biasanya peradangan muncul dan menyerang bagian telinga sehingga menjadi berdengung. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjaga pola makan sehat dan rutin mengkonsumsi nutrisi serta buah-buahan untuk menunjang kesehatan sehari-hari.

Menghindari sumber suara terlalu keras

Salah satu penyebab terjadinya telinga berdengung adalah mendengar suara yang terlalu keras. Terlalu sering mendengarkan suara dengan volume tinggi bisa memicu terjadinya telinga berdengung bahkan ketulian. Adapun golongan suara keras yang bisa menyebabkan telinga berdengung adalah seperti suara mesin alat berat, suara konser musik, dan beberapa lainnya.

Kelompok suara yang melebihi 85 dB dapat memicu terjadinya penyakit telinga berdengung. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur dimana harus berdiri untuk menghindari kondisi-kondisi di atas. Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur volume handphone pada saat mendengarkan musik atau telepon melalui earphone atau headphone.

Hindari penggunaan cotton bud ketika membersihkan telinga

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud memang suatu kegiatan paling nikmat untuk dilakukan. Namun hal tersebut justru bisa memicu terjadinya penyakit telinga berdengung. Menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga justru bisa menyumbat kotoran dan berakibat infeksi telinga.

Kotoran yang ada pada telinga sebenarnya adalah kotoran yang mampu menangkap bakteri dari luar. Kotoran yang ada di dalam telinga akan keluar dengan sendirinya pada saat kamu sedang makan atau mandi. Jadi, hindari penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga supaya tidak mengalami telinga berdengung.

Mengurangi konsumsi obat-obatan dan alkohol

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, beberapa obat bisa memicu terjadinya tinnitus atau penyakit telinga berdengung yang mana semakin hari bisa semakin parah. Contoh obat yang dapat memicu telinga berdengung adalah obat nyeri dan obat yang mengandung alkohol. Untuk itu, usahakan kamu menghindari beberapa obat seperti antibiotik, antidepresan, dan obat lain agar telinga tetap sehat.

Menderita penyakit telinga berdengung memang bukanlah hal sepele. Akan mengganggu aktivitas sehari-hari apabila hal tersebut telah sampai hingga kondisi akut. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu marilah rajin menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA