Trik Mendapatkan Hasil Foto Makanan yang Bagus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
4620-food photographer
Daftar Topik

Saat ini, foto makanan atau biasa disebut dengan food photography menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh banyak orang bahkan bisa dijadikan sebagai salah satu bidang pekerjaan dengan penghasilan cukup menggiurkan apabila tahu teknik dan trik pintarnya. Makanan menjadi salah satu objek unik, karena mempunyai perpaduan warna-warna cantik sesuai dengan aneka ragam jenisnya.

Foto juga bisa dijadikan sarana promosi bagi Anda yang mempunyai usaha di bidang kuliner, caranya adalah dengan mengunggah hasil foto di dalam berbagai platform media sosial sehingga bisa dilihat oleh banyak orang serta lebih hemat dari segi biaya dan juga waktu. Agar dapat menghasilkan foto yang bagus, maka diperlukan media pendukung berupa kamera.

Bagi yang tidak punya kamera SLR atau DSLR tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak merk smartphone dengan fitur kamera unggulan serta bisa menghasilkan foto bagus seperti hasil kamera professional. Cermati ulasan di bawah ini untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus serta instagramable dengan objek makanan.

8 Trik Mendapatkan Hasil Foto Makanan yang Bagus

1. Siapkan Makanan dengan Sedikit Porsi


Hal pertama yang perlu dilakukan jika ingin menjadikan makanan sebagai objek foto yaitu, siapkan makanan dengan porsi lebih sedikit. Hal ini bertujuan agar makanan tidak terlalu penuh di piring sehingga terlihat kurang rapi, makanan dengan porsi yang sedikit juga akan menampilkan detail perpaduan warna dari beberapa jenis makanan di dalamnya jadi akan lebih indah untuk di foto.

2. Periksa Tampilan Makanan


Setelah menyiapkan makanan, jangan lupa untuk memeriksa presentasi atau tampilan makanan. Pastikan makanan tersaji dengan rapi serta menggunakan piring yang pas sesuai dengan hidangan. Selain itu, pemanis makanan dengan garnish atau hiasan khusus yang bisa membuat tampilan menjadi lebih cantik.

3. Siapkan Komposisi Pendukung


Siapkan alat makan serta tata beberapa barang yang sesuai dengan tema makanan, misalnya yang akan di foto adalah cake strawberry maka Anda bisa meletakkan beberapa buah strawberry sebagai bahan dasar kemudian di tata dalam bentuk melingkar di sekitar piring tentunya dengan memperhatikan kontras warna serta tata letaknya.

Komposisi subjek yang diatur secara tepat akan menambah daya tarik pada objek foto sehingga tampilan tidak monoton pada satu warna saja, Anda juga bisa menambahkan buah lain yang kontras warnanya dengan makanan agar semakin segar dan menambah kesan eksotis.

4. Perhatikan Pencahayaan


Selain trik, cahaya juga menjadi  salah satu faktor utama agar bisa mendapatkan foto yang lebih bagus dan unik. Pilih  pencahayaan yang bagus untuk memfoto, salah satunya dengan memanfaatkan sinar matahari karena lebih natural dan tidak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk memakainya.

Usahakan untuk mengambil foto di tempat yang banyak cahaya mataharinya, contohnya bisa di ruang tamu, beranda rumah atau jika sedang mengunjungi restoran bisa memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela karena memiliki intensitas cahaya bagus serta mendukung untuk kegiatan pengambilan foto. Adapun waktu yang direkomendasikan untuk mengambil foto yaitu, pada pagi atau saat sore hari karena pada waktu tersebut cahaya matahari tidak terlalu berlebihan sehingga kamera bisa maksimal untuk mengambil foto objek.

5. Gunakan Sudut Pengambilan Gambar Secara Tepat


Untuk pengambilan  foto dengan objek makanan, angle yang bagus biasanya adalah dari sisi atas. Karena mengambil foto dengan sisi ini akan membuat objek makanan menjadi lebih terlihat detailnya serta enak untuk dilihat daripada mengambil gambar berdasarkan sudut 45 derajat. Namun, jika Anda juga bisa mengambil gambar dari sisi samping atau sudut 90 derajat dengan tetap memperhatikan arah cahaya serta tidak membelakanginya.

6. Tentukan Gaya Pengambilan Foto


Gaya pengambilan foto yang dimaksud disini yaitu, konsep portrait atau landscape. Mayoritas foto yang diambil secara portrait akan lebih mudah untuk memunculkan unsur dua dimensi, namun agar foto Anda terlihat unik sebaiknya ambil foto secara landscape dan portrait sehingga kreatifitas bisa semakin terasah.

7. Foto dengan Teliti


Salah satu hal yang sering terjadi saat mengambil foto adalah hasilnya yang kabur karena beberapa hal seperti tangan bergetar saat memegang kamera. Oleh sebab itu, sesuaikan pengaturan rana pada kamera Anda sehingga bisa membuat foto menjadi lebih tajam tanpa adanya getaran kecil yang ikut terekam pada kamera. Sesuaikan pengaturan kamera berdasarkan kondisi cahaya di lokasi pengambilan gambar agar mendapatkan hasil foto yang tidak kabur serta sesuai dengan harapan.

8. Gunakan Aplikasi Edit Foto


Untuk membuat hasil foto menjadi lebih menarik, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi edit foto seperti Vsco dan Snapseed agar tampilan foto menjadi semakin menarik. kedua aplikasi edit foto tersebut sering digunakan untuk mengedit foto oleh para food blogger sebelum di post pada website maupun media sosial. Jangan lupa atur kontras serta saturasinya agar foto terlihat halus serta alami.

Beberapa trik foto makanan diatas bisa digunakan apabila ingin memotret menggunakan kamera maupun smartphone. Jangan lupa tentukan konsep pemotretan agar bisa menghasilkan foto yang bagus.

BACA JUGA!

Trik Mobile Photography Yang Wajib Kamu Tahu

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA