Tokoh-tokoh Proklamasi dan Perannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
26520-soekarno-hatta
Daftar Topik

Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari para pahlawan yang memperjuangkannya, para pahlawan yang telah rela berkorban dan mempertaruhkan nyawanya agar Negara Indonesia ini merdeka dan tidak dijajah oleh Negara lain. 17 Agustus 1945 adalah tanggal dimana presiden Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh-tokoh proklamasi yang patut kita contoh perjuangannya. Bahkan kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenang jasa para tokoh proklamasi tersebut. Para tokoh proklamator tersebut sangat berperan besar dalam memperjuangkan Negara Indonesia. Serta dalam melawan dan mengusir para penjajah yang singgah di Negara Indonesia.

Buat kamu yang belum tahu siapa saja yang termasuk kedalam tokoh-tokoh proklamasi  kemerdekaan Negara Indonesia, berikut akan kami bagikan tokoh-tokoh tersebut beserta dengan perannya yang harus kamu ketahui.

Inilah Tokoh-tokoh Proklamasi Beserta Perannya dalam Kemerdekaan Indonesia

1. Ir. Soekarno


Siapa sih yang tidak tahu Ir.soekarno? Ir. Soekarno adalah presiden di Negara republik Indonesia yang pertama . Ir. Soekarno adalah salah satu tokoh yang sudah berjuang dengan hebat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno yang biasanya dikenal dengan Bung Karno lahir di kota Blitar di tanggal 6 Juni 1901 dan presiden Ir. Soekarno wafat di tahun 1970 dan tepat pada tanggal 21 Juni. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Bung Karno memiliki peran yaitu membuat teks proklamasi dengan konsep yang akan dibacakan di depan rakyat Indonesia. Teks proklamasi disusun oleh Bung Karno dan Bung Hatta di kediaman  Laksamana Maeda. Dan Bung Karno dalam proklamasi kemerdekaan, beliau juga berperan membacakan teks proklamasi tersebut di jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

2. Mohammad Hatta


Drs. Mohammad Hatta yang dikenal dengan Bung Hatta adalah wakil presiden Negara Indonesia. Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tanggal 12 agustus 1902. Dan Bung Hatta wafat tanggal 14 Maret 1980. Bung Hatta yang merupakan wakil presiden Negara Indonesia ini juga sangat berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bung Hatta ikut dalam menyusun teks proklamasi bersama dengan Bung Karno dan juga Achmad Soebardjo di kediaman Laksamana Maeda. Dan Bung Hatta juga merupakan tokoh yang ikut menandatangani teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

3. Achmad Soebardjo Djojoadisurjo


Mr. Achmad Soebardjo ini juga merupakan salah satu tokoh proklamasi Indonesia. Mr. Achmad Soebardjo ini berperan dalam menyusun teks proklamasi bersama dengan  Bung Karno dan juga Bung Hatta di kediaman Laksamana Maeda. Disamping sebagai tokoh proklamasi Mr. Achmad Soebardjo ini juga dikenal sebagai pahlawan nasional Negara Indonesia. Mr. Achmad Soebardjo adalah seorang diplomat dan juga sebagai menteri luar negeri yang pertama di Negara ini. Gelar yang dimiliki beliau yaitu Meester in de Rechten yang beliau peroleh pada saat menempuh pendidikan di Belanda tepatnya di Universitas Leiden di tahun 1933.

4. Sutan Syahrir


Sutan Syahrir adalah politikus yang lahir pada tanggal 5 maret 1909 di Padang Sumatera Barat. Dan Sutan Syahrir wafat di Swiss  tanggal 9 April 1966. Sutan Syahrir merupakan perdana menteri pertama di Negara Indonesia. Dalam perjuangan proklamasi kemerdekaan, Sutan Syahrir berperan memimpin perlawanan bawah tanah yang bertujuan untuk melawan dan menyerang para penjajah dari Negara Jepang. Dan Sutan Syahrir meninggal pada saat ada pengasingan tahanan politik pada saat itu.

5. Sayuti Melik


Sayuti Melik juga merupakan tokoh proklamasi di mana beliau berperan dalam mengetik naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sayuti Melik adalah suami dari wartawati dan juga aktivis perempuan pada saat itu yaitu Soerastri Karma Trimurti. Beliau telah mengetik teks proklamasi yang telah disempurnakan dari tulis tangan Bung Karno.

6. Soekarni Kartowirjo


Soekarni juga merupakan tokoh proklamasi Indonesia. Soekarni telah berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Beliau mengusulkan bahwa teks proklamasi harus ditandatangani  oleh Bung Karno dan juga Bung Hatta dengan mengatasnamakan bangsa Indonesia. Dan akhirnya usulan itupun disetujui,  Bung Karno dan Bung Hatta pun akhirnya menandatangani teks proklamasi tersebut.

7. Suwirjo


Suwirjo juga merupakan tokoh proklamasi yang berperan dalam acara pembacaan teks proklamasi. Suwirjo yang merupakan seorang yang pernah menjabat sebagai walikota Jakarta dan juga sebagai ketua umum PNI. Suwirjo juga pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri di masa kabinet Sukiman dan Suwiryo. Dan beliau juga pernah menjabat sebagai gubernur Jakarta pada masa proklamasi maka beliau berperan dalam melancarkan dan mengamankan jalannya upacara hari kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

Nah itulah tokoh-tokoh proklamasi beserta perannya yang bisa kami bagikan. Semoga dengan informasi diatas bisa dijadikan referensi dan bahan renungan untuk mengingat betapa besarnya jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Maka dari itu, kita patut untuk mengenang jasa para tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA!

Sejarah Singkat Tentang Peninggalan Kerajaan Banjar

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA