Tokoh-Tokoh Penting Dibalik Suksesnya Sebuah Film

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Director BRYAN SINGER lines up a shot on the set of Warner Bros. Pictures' and Legendary Pictures' action adventure Superman Returns.
Daftar Topik

Film merupakan sebuah karya seni yang dilakukan secara bersama atau dilakukan dengan cara kerja kolektif. Dengan kata lain, proses pembuatan film pasti melibatkan berbagai pihak. Unsur-unsur yang terlibat dalam pembuatan film antara lain produser, sutradara, penulis skenario, penata kamera, editor, dan tentunya aktor dan aktris.

Berikut ini penjelasan mengenai unsur-unsur dalam proses pembuatan film.

Produser


Unsur paling penting dalam pembuatan film adalah produser. Produser bisa dikatakan sebagai pimpinan dari suatu tim kerja produksi dalam pembuatan sebuah film. Hal itu dikarenakan produser memegang kewajiban dalam hal mengelola dana yang digunakan untuk biaya produksi film. Produser bisa dikatakan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap berbagai hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan film. Selain dana, ide, dan gagasan, seorang produser pun harus menyediakan naskah yang akan dibuatkan filmnya dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan terkait masalah produksi film.

Sutradara


Salah satu unsur penting dalam pembuatan film, yaitu sutradara. Sutradara merupakan pihak yang paling bertanggung jawab terhadap proses pembuatan suatu film di luar hal-hal yang berkaitan dengan dana dan properti lainnya. Oleh karena itu, biasanya seorang sutradara menempati posisi sebagai “orang penting kedua” setelah produser di dalam sebuah tim pembuatan film. Dalam proses pembuatan film, seorang sutradara bertugas mengarahkan seluruh alur dan proses pemindahan suatu cerita atau informasi dari naskah ke dalam sebuah film.

Penulis Skenario


Penulis skenario merupakan salah satu unsur dalam pembuatan sebuah film. Penulis skenario bertugas untuk menulis skenario film. Skenario film adalah naskah cerita film yang ditulis dengan berpedoman pada standar atau aturan-aturan tertentu.

Skenario atau naskah film ditulis dengan penekanan yang lebih mengutamakan pada visualisasi dari sebuah situasi atau peristiwa melalui adegan demi adegan yang jelas pengungkapannya. Jadi, penulis skenario film adalah seseorang yang bertugas untuk menulis naskah cerita yang akan difilmkan. Naskah skenario yang ditulis oleh penulis skenario itulah yang digarap sutradara untuk dibuat film.

Penata Kamera (Kameramen)


Penata kamera atau lebih dikenal dengan nama kameramen menjadi bagian dari suatu tim pembuat film. Kameramen adalah seorang yang bertanggung jawab dalam proses pengambilan gambar dalam proses pembuatan film. Oleh karena itu, kehadiran kameramen dalam sebuah pembuatan film sangat penting.

Artis


Sebuah film tidak akan diproduksi jika tidak ada artis yang menjadi bintang dalam film tersebut. Artis memiliki peranan penting sebagai salah satu unsur film. Seorang artis memerankan adegan yang ada di dalam naskah film

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP