5 Titik Refleksi Kaki Beserta Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
titik-refleksi-kaki
Daftar Topik

Titik Refleksi Kaki – Refleksi kaki pertama kali digunakan oleh bangsa Cina sebagai salah satu metode pengobatan tradisional. Memijat beberapa bagian penting pada kaki dipercaya dapat meredakan beberapa sakit tubuh. Hal ini karena pasalnya saraf kaki terhubung dengan seluruh jaringan yang ada di tubuh.

Kira-kira titik mana saja yang menjadi titik refleksi kaki? Apa saja fungsinya? Temukan jawabannya di artikel a la Blog elevenia satu ini.

Titik Refleksi Kaki dan Fungsinya

refleksi-kaki

Biasanya, refleksi kaki dilakukan dengan beberapa metode. Bisa berupa pijatan-pijatan langsung yang dilakukan dengan jari pada bagian titik refleksi yang tepat. Ada juga metode lain yang menggunakan alat bantu. Refleksi banyak diminati karena efek sampingnya yang sedikit dan tidak menggunakan bahan kimia.

Dilansir dari Halodoc, refleksi kaki dapat meredakan beragam keluhan kesehatan. Mulai dari pegal, nyeri, sakit badan hingga kaki tidak nyaman. Selain itu, refleksi pada kaki dinilai dapat menurunkan tingkat stres dan dapat meningkatkan kualitas hidup. Unik banget bukan?

Menariknya lagi, teknik refleksi ini dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus ke spa. Ini dia beberapa titik penting refleksi kaki yang bisa mengatasi beragam nyeri:

Jari Kaki

jari-kaki

Memijat jari kaki dapat membantu untuk meredakan nyeri pada betis, loh. Karenanya titik refleksi satu ini gak boleh dilewatkan sama sekali. Kamu dapat menggenggam semua bagian jari kaki secara bersamaan, lalu lakukan gerakan dengan memutar. Gerakan ini dipercaya dapat meredekan fleksibilitas kaki.

Selain jari kaki, sela jari juga merupakan salah satu titik refleksi yang penting. Dengan memijat di daerah itu, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat. Diantaranya membantu menjaga kesehatan paru-paru, dada, hingga punggung.

Tumit Kaki

tumit-kaki

Pegal-pegal pada betis juga dapat diatasi dengan pijatan pada tumit kaki. Dalam menekannya, cukup tekan bagian tumit kaki dengan jempol. Kemudian gunakan rangan yang lain untuk memijat bagian kaki lainnya. Dengan melakukannya, kamu akan merasakan sensasi kaki yang lebih relaks.

Sedangkan untuk masalah pinggul, kamu dapat melakukan pijatan di area atas tumit kaki. Selain itu, pijatan ini juga mampu meredakan pegal-pegal pada tubuh.

Punggung Atas Kaki

punggung-atas-kaki

Punggung kaki juga termasuk titik refleksi yang baik loh. Memijatnya dapat membantumu untuk meredakan pegal dan membuat badanmu menjadi semakin rileks

Baca Juga: 5 Merk Kursi Pijat yang Berkualitas

Pergelangan Kaki Belakang

pergelangan-kaki-belakang

Merefleksi titik yang satu ini dapat membantu untuk meredakan tekanan pada urat penghubung tumit dan betis.

Jempol Kaki

jempol-kaki

Kalau merefleksi bagian satu ini ampuh untuk meredakan sakit kepala, hingga mengatasi tegang dan keram pada kaki. Cara melakukannya sangat mudah. Pijatlah area jempol kaki dengan lembut. Dengan begitu, nyeri sakit kepala akan berangsur-angsur berkurang.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP