Tips untuk Menata Ruang Keluarga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
221020 Ruang Keluarga Ruang Kerja Dekoruma
Daftar Topik

Ruang keluarga adalah suatu ruangan khusus yang harus ada di dalam rumah. Karena ruangan keluarga merupakan ruangan yang bisa menciptakan keeratan hubungan antar sesama anggota keluarga. Ruang keluarga biasanya digunakan untuk tepat berkumpul dengan santai sambil menonton tv atau sekedar mengobrol ringan. Tapi, tak semua orang memiliki rumah yang luas, karena itu diperlukan penataan ruangan agar terlihat fungsional. Jadi, anda bisa menata ruang keluarga agar terlihat fungsional tapi tetap dalam keadaan nyaman saat digunakan dan akan membuat anda betah merasa betah berlama-lama di ruang keluarga tersebut.

Nah, buat anda yang  memiliki rumah tidak begitu luas, dan belum tahu bagaimana cara untuk menata ruang keluarga agar terlihat fungsional, berikut akan kami bagikan beberapa caranya.

Cara Menata Ruang Keluarga Agar Terlihat Fungsional

1. Buat Rak di Pojok Ruang Keluarga Anda


221020 Rak Di Pojok Ruang Interior DesignAnda bisa memanfaatkan ruang keluarga dengan membuat rak di bagian dinding pojok ruangan tersebut. Anda bisa membuat rak dengan konsep mengambang dimana dibagian bawah rak itu tidak menyentuh dengan lantai. Dengan rak konsep yang mengambang  selain bisa untuk menyimpan buku atau hiasan rumah juga bisa  digunakan untuk tambahan ruang penyimpanan di bawahnya dan juga rak model ini akan membuat cantik dan menarik dari ruang keluarga anda

2. Dinding Informasi


221020 Dinding InformasiDi ruang keluarga pasti ada dinding yang kosong bukan? Iya anda bisa memanfaatkan dinding tersebut sebagai dinding informasi. Jadi anda bisa memasang papan tulis di dinding tersebut. Anda bisa menuliskan informasi seperti misalnya  menu makan, kalender atau catatan penting yang memang dibutuhkan dalam keluarga anda.

3. Cermin Besar


221020 Cermin BesarAnda bisa menaruh cermin besar di ruang keluarga. Jadi, biasanya ruang keluarga akan identik dengan adanya sofa, maka anda bisa menaruh cermin di belakang sofa tersebut . dengan menaruh cermin di ruang keluarga itu akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas serta juga dapat memberikan cahaya tambahan. Dan anda bisa memilih kaca yang memiliki bingkai yang unik sehingga ruang anda bisa terlihat menarik. Dan cermin besar itu juga bisa anda buat untuk bercermin  jika akan bepergian.

4. Desain Ruang Keluarga dengan Area Kerja


221020 Ruang Keluarga Ruang Kerja DekorumaBuat anda yang membutuhkan ruang kerja khusus, tapi  ruangan  sangat terbatas. Maka bisa memanfaatkan ruang keluarga sebagai area kerja anda. Jadi, di bagian sudut ruang keluarga perlu anda tambahkan meja dan kursi kerja. Dan jika membutuhkan tempat tambahan untuk perlengkapan kerja, anda bisa membuat rak gantung di dinding  bagian atas meja kerja.

5. Desain Ruang Keluarga dengan Area Makan


221020 Ruang Keluarga Ruang Makan ArchifyJadi, ruang keluarga anda juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang makan. Hal ini akan sangat cocok sekali buat anda yang memiliki rumah yang tidak terlalu luas.  Untuk menata ruang keluarga, anda tidak perlu memposisikan sofa secara lurus bisa juga diposisikan miring. Jadi anda bisa menambahkan meja dengan bentuk bulat  dan kursi makan di area belakang sofa. Dengan desain tersebut, maka ruang keluarga anda akan tampak terkesan lebih manis. Dan sebaiknya jika anda membeli furniture serta perabotan usahakan dengan memilih warna yang senada supaya terlihat lebih seimbang dan enak dipandang.

6. Desain Ruang Keluarga dengan Area Bermain Anak


221020 Ruang Keluarga Area Bermain Anak Tamansari ProsperoJika anda memiliki anak, ruang keluarga pun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan area bermain. Iya karena area bermain anak ini sangat penting untuk proses tumbuh dan kembang si anak. Jadi, anda bisa lebih hemat tempat dan juga  dapat memperhatikan dan menjaga anak pada saat bermain. Untuk membuat area bermain anak, anda bisa menambahkan karpet  bermotif di ruangan agar dapat membedakan fungsi dari ruang keluarga ini.

7. Desain Ruang Keluarga dengan Dapur


221020 Dapur Ruang Keluarga ArchifyIya untuk dapat membuat ruang tampak ideal, luas dan terang anda bisa menggunakan konsep open space. Jadi, dengan digabungnya ruang keluarga dan dapur itu akan lebih tampak berkesan hangat serta tidak adanya batasan. Dan pastinya itu akan terasa nyaman. Selain itu, anda juga akan mudah dalam menyajikan menu makanan pada saat kumpul keluarga.

8. Tirai Sebagai Pembatas Ruangan


221020 TiraiJika anda ingin membuat kamar untuk anak- anak, maka bisa memanfaatkan ruang keluarga. Jadi, anda bisa menyekat ruang keluarga dengan menggunakan tirai sebagai pembatas ruangannya. Karena tirai ini akan menjadi solusi yang terbaik jika anda tidak ada keinginan untuk merubah bentuk bangunannya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang cara menata ruang keluarga agar terlihat fungsional yang bisa kami bagikan. Bagaimana? sangat mudah bukan untuk menata ruang keluarga? Jadi, ini bisa dibuat solusi jika anda memiliki rumah yang tidak begitu luas. Anda bisa mendesain ruang keluarga agar fungsional tapi tetap nyaman dan menarik.

BACA JUGA!

Ingin Membuat Desain Rumah Gratis? Aplikasi ini Bisa Kamu Coba!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA