Tips untuk Mempelajari Renang Gaya Dada

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8920 Gaya Dada Artikel Materi
Daftar Topik

Renang gaya dada memiliki cara berenang yang sangat mirip dengan katak ketika berenang. Oleh karena itu, gaya ini memiliki nama lain gaya katak. Dalam pembelajaran atau pelatihan renang gaya dada, pemula harus menggunakan tips tertentu agar proses latihan bisa berjalan cepat dan lancar.

Pasalnya renang gaya ini masih tergolong dalam gaya yang sedikit sulit untuk pelatihannya. Berikut ini merupakan tips yang bisa dilakkukan pada saat seseorang belajar berenang menggunakan gaya dada atau katak.

1. Tips Mempelajari Gaya Dada Posisi Meluncur


8920 Gaya Dada Posisi Meluncur Pendidikanmu
Source: Pendidikanmu

Pada saat meluncur, seseorang harus memperhatikan posisi tubuh dan awal mula yang tepat. berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan saat belajar meluncur.

  1. Meluncur dimulai dengan meletakkan badan di pinggiran kolam. Kemudian bagian telapak kali di usahakan untuk menyentuk pinggiran dinding kolam. Hal ini merupakan upaya untuk persiapan meluncurkan diri agar memiliki luncuran yang cepat dan jauh.
  2. Badan condong ke depan. Condongnya badan ke depan bisa diletakkan sejajar atau berimpit dengan permukaan air. Posisi tangan di luruskan ke depan dan keadaan rapat.
  3. Sambal menjaga keseimbangan dari badan, Anda bisa langsung menjorokkan badan ke depan sambal kaki mendorong kuat. Apabila dorongan yang dilakukan kuat, maka badan akan menuju ke depan dengan cepat dan jauh.

2. Tips Mempelajari Gaya Dada Posisi Gerakan Kaki


8920 Gaya Dada Sensen Swimming School
Source: Sensen Swimming School

Pada saat belajar renang gaya dada, maka posisi kaki menjadi bagian yang paling penting. Apabila Anda berenang biasa, maka kaki akan sama seperti gaya bebas. Jadi, dalam berenang gaya dada, posisi kaki harus diperhatikan.

  1. Posisi badan saat berenang di telungkupkan. Kemudian dapat mulai dengan melakukan pegangan terlebih dahulu pada bagian dinding kolam.
  2. Usahakan kepala ada di bagian atas agar bisa digunakan untuk bernapas.
  3. Pada bagian kaki, terlebih dahulu kaki di tarik ke samping kemudian kaki bisa diluruskan. Hal tersebut dilakukan berulang kali. Pada intinya sam dengan kata ketika berenang.
  4. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan ini adalah kai tidak boleh tegang. Dalam artian kaki harus menjadi lebih rileks.
  5. Gerakan ini awalnya akan terlihat sulit, tetapi jika dilakukan pengulangan beberapa kali maka gerakan akan menjadi sempurna.

3. Tips Mempelajari Gaya Dada Posisi Gerakan Tangan


8920 Gaya Dada Liputan6
Source: liputan6

Pada saat berenang, sangat penting untuk terus menjaga keseimbangan tubuh. Hal tersebut agar tubuh tetap melaju lurus dan tidak belok atau miring ke dalam air. Oleh karena itu, pelatihan pada bagian tangan menjadi sangat penting.

  1. Pada saat berlatih gerakan tangan, Anda dapat mencoba menggunakkan papan jika merasa kesulitan.
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan luncuran seperti cara pertama. Saat meluncur, tangan yang lurus bisa di taraik ke arah bagian dada. Penarikan tangan ini di ikuti dengan gerakan melakukan dayungan.
  3. Apabila dilakukan berulang kali, maka tubuh akan berjalan ke depan dengan seimbang dan ke arah lurus.

4. Tips Mempelajari Gaya Dada Bagian Pernapasan


8920 Gaya Dada Berenang
Source: Berenang

Bagian pernapasan merupakan bagian yang harus dipelajari dengan sungguh-sungguh. Karena bagian ini masuk ke dalam bagian yang sulit. Teknik bernapas merupakan teknik pengambilan udara secara singkat, agar perenang tetap memenuhi kebutuhan oksigen dalam otak. Tentu saja setiap gerakan renang atau tipe gaya renang memiliki teknik pengambilan nafas yang berbeda.

Pada gaya dada mengambil napas dilakukan dengan mendongakkan atau mengangkat kepala ke atas. Hal itu dilakukan saat tangan menuju samping atau gerakan tangan berada di samping.

Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah kondisi kepala. Usahakan kepala untuk tetap berada pada bagian bawah air. Karena apabila kepala Anda menghadap ke depan, maka leher akan menjadi mudah lelah, sehingga berenang akan terasa melelahkan.

Pernapasan dalam renang gaya ini harus dilakukan secara berpola. Jadi, anda tidak bisa mengambil napas seketika atau tidak sesuai pola. Hal tersebut akan menjadikan berenang mudah kelelahan dan sebagainya. Umumnya para perenang mengambil napas saat mereka telah selesai melakukan gerakan sebanyak 2 kali dan kelipatannya atau 4 kali dan kelipatannya.

Renang gaya dada akan menjadi mudah untuk dipelajari jika Anda mengerti tips atau cara mudah dalam melakukannya. Lebih mudah lagi jika dalam proses belajar atau berlatih, anda meminta bantuan yang telah ahli. Mereka akan memberikan arahan yang sesuai dan yang paling mudah dengan mempertimbangkan kemampuan Anda.

Renang gaya dada bisa menjadi pilihan terbaik saat Anda ingin mempelajari teknik berenang selain gaya bebas. Meskipun masih tergolong sulit, namun gaya renang ini merupakan gaya yang mudah untuk dilakukan setelah gaya bebas. Oleh karena itu, para pemula umumnya akan mempelajari renang gaya dada setelah mereka menguasai renang gaya bebas.

BACA JUGA!

Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu untuk Pemula

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA