Tips Menjinakkan Burung Parkit dengan Cepat dan Mudah

0

Burung parkit merupakan salah satu hewan yang dapat dijadikan peliharaan dirumah. Hal ini dikarenakan burung parkit dapat dilatih untuk bisa memenuhi perintah majikannya. Namun banyak yang mengira jika memelihara burung parkit yang sudah dewasa tidak akan bisa untuk dijinakkan. Namun kenyataannya berapa pun umur burung parkit jika dilatih dengan ketekunan serta kesabaran tinggi akan jinak juga.

Hal ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit juga tentunya. Selain itu, dalam melakukan tips menjinakkan burung parkit harus dilakukan secara terus menerus. Dengan demikian, cara menjinakkan atau latihan tersebut nantinya akan menjadi suatu kebiasaan bagi burung parkit.

Cara Menjinakkan Burung Parkit Dewasa

Burung parkit yang sudah memiliki usia satu tahun atau lebih sudah bisa disebut dengan burung parkit dewasa. Berdasarkan hal ini, melatih burung parkit dapat dilakukan dengan teknik Be My Friend. Teknik ini merupakan cara yang dilakukan oleh orang Jepang dan Amerika untuk dapat menjinakkan burung parkit. Teknik ini juga akan ampuh bagi yang baru memelihara burung parkit dewasa tanpa harus melukai atau menjinakkan dengan cara kasar.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti menjadi teman saya yang juga merupakan inti dari teknik ini. Perlu diketahui bahwa burung parkit merupakan hewan yang bersolidaritas atau senang berkumpul. Dalam hal ini jika diletakkan di habitat aslinya maka burung parkit tidak akan menyendiri dan sebaliknya akan berkumpul bersama kawanannya.

Oleh karena itu, jika dipelihara maka burung parkit tentu akan membutuhkan teman dalam kehidupan sehari-harinya. Namun cara ini hanya akan efektif jika dilakukan pada satu ekor parkit saja.

Adapun langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan kandang burung parkit yang cukup besar. Pastikan juga untuk meletakkan kandang tersebut ditempat yang sekiranya burung parkit dapat melihat pemiliknya. Hal ini berguna untuk membiasakan burung parkit terhadap keberadaan pemiliknya.

Setelah itu, langkah kedua adalah jangan melakukan hal apa pun terhadap burung parkit, dengan kata lain tidak melakukan kontak secara langsung. Hal ini dilakukan agar burung parkit dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Biasanya burung parkit akan mulai terbiasa dengan aktivitas dalam lingkungannya setelah 2 minggu. Jika memaksakan untuk melakukan kontak secara langsung maka akan dapat membuat burung parkit menjadi stress di tempat barunya.

Jika sudah membiarkannya beradaptasi selama 2 minggu, maka langkah ketiga adalah interaksi kecil dengan burung parkit sudah bisa dilakukan. Dekatilah burung parkit secara perlahan pada waktu tertentu seperti pagi dan sore.

Awalnya mungkin burung parkit akan terbang kesana kemari karena kaget dengan kehadiran pemiliknya. Namun jika sudah dibiasakan akan mampu membuat burung parkit menerima kehadiran pemiliknya secara perlahan.

Apabila sudah mencapai tahan dimana burung parkit sudah tenang dengan kehadiran majikannya, maka proses pendekatan sudah bisa dikatakan berhasil. Langkah selanjutnya adalah memasukkan tangan ke dalam sarangnya.

Seperti biasa, burung parkit mungkin akan memberikan respon kaget diawal serta sedikit memberontak. Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk bisa membawa suatu hal yang disukainya. Hal yang biasa disukai oleh burung parkit adalah jagung manis segar, kangkung, atau sawi putih. Selain itu juga bisa menggunakan makanan lain kesukaannya.

Lakukanlah hal tersebut dengan frekuensi yang cukup sering dan jangan membiarkan burung parkit tidak makan selama satu hari. Dengan demikian, burung parkit lama kelamaan akan menyadari bahwa kehadiran majikannya merupakan pertanda kedatangan makanan favoritnya.

Selain itu, lakukan pemberian makanan secara variasi agar burung parkit tidak merasa bosan.  Menjinakkan burung parkit dengan teknik Be My Friend ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi hasil yang diperoleh nantinya tentu akan mampu membayar perjuangan menjinakkan burung parkit.

Cara Menjinakkan Burung Parkit Anakan

Jika memelihara burung parkit anakan maka cara menjinakkannya akan lebih mudah jika dibandingkan dengan burung parkit dewasa. Anakan burung parkit dapat diperoleh melalui breeder atau pembudidaya burung parkit. Namun memilih burung parkit anakan harus dilakukan dengan cermat.

Dalam hal ini, pastikan burung parkit memiliki respon ketika disentuh, baik menjauh atau mendekat. Hal ini merupakan salah satu tanda dari burung parkit anakan dalam keadaan sehat. Selain itu pastikan juga bahwa kondisi tubuhnya berada dalam keadaan sempurna seperti paruh tidak pecah dan ukuran badan proporsional.

Tanda lain yang menunjukkan burung parkit anakan dalam keadaan sehat adalah makannya lahap serta jika disentuh bagian paruh maka akan mengeluarkan respon suara berisik.

Sementara itu untuk dapat menjinakkan burung parkit anakan dilakukan dengan tahap awal yaitu mengetahui cara melolohkannya. Tanda dari cara melolohkan burung parkit anakan yang benar adalah  sudah mampu membuatnya merasa nyaman jika majikan didekatnya.

Adapun teknik melolohkan anak parkit dapat dilakukan dengan menggunakan spet atau bekas suntikan yang bersih. Namun gunakan spet yang memiliki karet pentil di bagian ujung sehingga tidak melukai tenggorokan anak parkit.

Pastikan juga untuk selalu menjaganya dalam keadaan bersih sehingga tidak menimbulkan bakteri pada sisa makanannya. Dalam hal ini, pilihlah makanan yang sesuai untuk parkit anakan yang bisa dijumpai di toko atau pasar burung.

Selain itu, menjinakkan anak parkit juga dapat dilakukan dengan peluit pada saat memberinya makanan. Dengan meniupkannya pada setiap kali waktu makan, maka akan dapat membiasakan anak parkit mengenai keberadaan majikannya.

Hal ini juga merupakan pelatihan kepada burung parkit untuk dapat melakukan fly to me atau atraksi. Apabila sudah memiliki respon yang diharapkan saat meniupkan peluit, maka baik sikap fly to me maupun atraksi dapat diajarkan kepada anak burung.

Itulah beberapa tips menjinakkan burung parkit yang dapat dilakukan oleh pemilik baru burung parkit. Pastikan untuk senantiasa berkomitmen dalam menjinakkan burung parkit dengan sabar dan juga telaten. Dengan demikian, proses penjinakan akan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan bagi kamu.