Tips Mendesain Rumah Sederhana yang Nyaman

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
rumah minimalis
Daftar Topik

Seseorang yang menyukai hal-hal simpel dan sederhana, akan menyukai rumah bergaya minimalis bercorak sederhana. Sederhana adalah pola berpikir, bekerja, dan cara hidup. Ia merupakan cara pKamung baru dalam melihat desain sebagai refleksi gaya hidup masyarakat yang praktis, ringan, dan efisien.

Rumah sederhana juga bisa memiliki karakter yang lebih jelas meski bentuk dan ruang geometrisnya relatif simpel. Kesannya pun bisa dibuat lebih kokoh dan kuat dengan ruang-ruang kosong yang hanya dilengkapi sedikit perabotan dan ornamen. Semakin sederhana konsepnya maka kualitas desain, ketersediaan ruang, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin baik.

Tetapi perlu diingat, apabila sebuah rumah dibangun dalam bentuk dan tatanan yang terlalu sederhana, ia akan terlihat membosankan dan tidak menarik perhatian. Oleh karena itu, perencanaan merupakan hal yang penting di sini.

Bentuk rumah sederhana tidak selalu harus selalu kotak stKamur, tetapi dapat pula berwujud aneka rupa geometri yang tetap serasi. Namun, jika rumah tersebut harus dan perlu memiliki bentuk kotak, maka bentuk kotaknya merupakan hasil dari proses kebutuhan fungsi, bukan karena pemaksaan ataupun latah mengikuti tren. Kesederhanaan merupakan kata kunci utamanya, sehingga mempengaruhi desain dan metode pembuatannya.

Menciptakan Desain Rumah Sederhana


Memiliki rumah yang sederhana namun tampak cantik, pastilah menjadi impian bagi Kamu yang sudah berkeluarga. Mendesain rumah sederhana adalah hal yang sebenarnya tidak terlalu susah, bahkan bisa dilakukan oleh Kamu tanpa harus menyewa jasa desainer.

Bila Kamu memiliki rumah atau masih ingin membangun rumah, Kamu bisa membuat desain rumah sederhana dengan cukup mudah. Hal yang paling penting adalah keselarasan antara perabot/furniture, warna, dan juga penataan ruang.

Menciptakan desain rumah sederhana pada intinya adalah merancang rumah sesederhana mungkin. Misalnya, dalam rumah hanya disediakan ruang-0ruang yang dibutuhkan tanpa ada tambahan ruangan lain, seperti ruang makan, ruang tidur, ruang tamu, dapur, dan lain sebagainya.

Menciptakan rumah dengan tema sederhana memang banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. selain tidak membutuhkan banyak ornamen-ornamen dalam rumah, desain rumah sederhana juga menjadi trend desain rumah yang saat ini.

Desain rumah sederhana atau bisa juga dikatakan desain rumah minimalis ini menjadi pilihan bagi orang yang tidak menyukai desain-desain rumit. Komsep rumah Eropa yang banyak menggunakan ukiran-ukiran detail dan warna-warna yang khas memang masih banyak dipilih, akan tetapi sebagian besar orang menilai konsep rumah dengan detail yang banyak membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar tentunya.

Tips Mendesain Rumah Sederhana

Besar atau kecilnya rumah bukanlah menjadi masalah untuk meciptakan desain rumah sederhana. Berikut adalah beberapa tips bagi Kamu yang ingin menciptakan rumah sederhana impian Kamu.

  • Rumah sederhana adalah rumah yang tidak terlalu banyak memiliki perabotan atau furniture. Belilah perabot yang penting dan memang dibutuhkan, misalnya kursi, meja, ranjang, lemari, dll. Jumlah perabotan pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, bukan keinginan.
  • Desain rumah sederhana identik dengan rumah minimalis, jadi sebaiknya belilah barang-barang yang memang mengusung tema tersebut. Pilihlah perabotan yang sederhana dan tidak memiliki terlalu banyak detail.Misalnya, belilah sofa dengan satu corak atau satu warna, bukan sofa yang memiliki corak “ramai” dan terkesan mewah. Contoh lainnya, belilah meja ruang tamu sederhana, bukan meja dengan penyangga yang penuh ukiran atau aksesoris lainnya.
  • Untuk warna dalam desain rumah sederhana, sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak jenis warna yang kontras dalam satu rumah atau ruangan. Penggunaan bermacam-macam warna yang terlihat saling kontras, tidak akan menimbulkan keserasian ruangan.Misalnya, dalam ruang kamar tidur, Kamu bisa memakai warna dinding putih, untuk warna ranjang dan perabotan lain bisa memakai warna serupa atau warna lain yang tetap terlihat kalem.

    Bila ingin memakai warna kontras, sebaiknya pilih 1-2 warna saja yang sesuai dengan warna dinding. Misalnya, menggabungkan warna putih dengan merah dan oranye, atau menggabungkan warna putih dengan hitam.

  • Dalam penataan perabot, pastikan dalam satu ruangan tidak terlalu banyak barang agar ruangan tidak terkesan sempit. Letakkan barang yang penting dan hindari penambahan dekorasi yang tidak terlalu penting dan bia menimbulkan kesan “sesak” pada ruangan tersebut.
  • Desain rumah sederhana memang terletak pada pemilihan perabot dan penataannya, namun tetap harus didukung oleh hal-hal lain yang bisa membuat rumah sederhana menjadi tampak cantik.Pastikan cukup banyak cahaya yang masuk ke ruangan, sehingga rumah Kamu tidak tampak suram. Jaga pula kebersihan rumah Kamu sehingga tetap nyaman untuk dihuni. Adanya jendela dan ventilasi sangatlah penting untuk pengaturan sirkulasi udara, agar rumah sederhana Kamu tidak pengap dan bau.

Pada intinya, mendesain rumah sederhana merupakan desain rumah minimalis. Tanpa banyak ornamen, dan perabotan dalam rumah sederhana ini menggunakan tata ruang, peralatan, ornamen, dan lainnya seminim mungkin. Tentu hal tersebut berbeda dengan desain rumah yang lainnya.

Tanpa mengurangi pemanfaatan semua aspek dalam rumah, rumah dengan desain sederhana ini mampu meminimalisasi segala hal dalam rumah tersebut. Hal inilah mengapa desain rumah ini disebut dengan rumah sederhana.

Desain Rumah Sederhana

Rumah dengan desain sederhana biasanya akan sering ditemukan di daerah pinggiran kota. Selain itu, desain sederhana juga biasanya sering digunakan di kawasan perumahan baik perumahan pribadi maupun perumahan dinas.

Desain rumah sederhana identik dengan rumah satu lantai dengan bentuk yang konvensional. Kesederhanaan dalam bentuk dan desain rumah memiliki beberapa kelebihan, sehingga beberaoa orang memilih bentuk dan desain rumah yang sederhana.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebuah rumah dengan desain sederhana biasanya memiliki ruang-ruang umum penting, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang dapur, kamar mandi, toilet, dan kamar tidur. Ruangan yang efisien menggambarkan rumah sederhana juga sesuai dengan program keluarga berencana pemerintah.

Program pemerintah tersebut menyarankan satu keluarga terdiri atas empat orang, yaitu dua anak dan kedua orangtua. Desain rumah sederhana kini mulai banyak digunakan oleh orang-orang. Bukan hanya karena biaya pembangunan atau pembuatan rumah yang terjangkau, tetapi rumah sederhana juga memiliki kelebihan. Berikut adalah kelebihan rumah dengan desain sederhana;

Jumlah Ruang yang Tepat

Dengan desain rumah sederhana, jumlah ruangan pun tidak begitu banyak dan besar, sehingga membuat rumah sederhana tidak boros ruangan. Hal ini juga memungkinkan penggunaan lahan untuk rumah tidak begitu besar. Dengan kondisi demikian, lahan yang tersisa dapat dimanfaatkan untuk hal lain, seperti taman bermain anak, taman tumbuhan, atau bila memingkinkan bisa dibuatkan gazeebo.

Mudah Dirawat

Rumah dengan desain sederhana memiliki kelebihan lain, yaitu mudah untuk dirawat dan dibersihkan. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan rumah. Kesibukan dalam keseharian Kamu tentunya menjadi alasan untuk memperhatikan keadaan rumah. Dan dengan desain sederhana pada rumah Kamu, Kamu tidak perlu mengkhawatirkan kondisi rumah Kamu.

Penggunaan Biaya yang Kecil

Dengan bentuk rumah yang sederhana, tentunya biaya dalam pembangunan rumah akan lebih ringan. Hal ini dikarenakan rumah sederhana memiliki satu lantai dan ruangan-ruangan yang sedikit, sehingga tidak perlu biaya lebih untuk membangun dan mengisi interior rumah sederhana tersebut. Ditambah lagi dengan perabotan yang mengisi rumah pun tidak perlu terlalu banyak. Tentu saja, hal tersebut sangat menguntungkan bagi orang yang memiliki anggaran terbatas.

Desain rumah sederhana ini sangatlah banyak manfaatnya, selain meminimalisasikan lahan yang ada, rumah dengan desain sederhana juga mampu menjadi salah satu alternatif bagi Kamu yang memiliki anggaran dana yang terbatas. Banyak ide-ide dalam desain rumah sederhana, Kamu hanya tinggal mengeksplor dan mengembangkan lahan yang Kamu miliki.

Demikianlah pembahasan mengenai desain rumah sederhana yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP