5 Tips Cerdas Memilih Suplemen Tubuh yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
suplemen-tubuh
Daftar Topik

Tips Memilih Suplemen Tubuh – Saat sibuk dan banyak aktivitas, biasanya kita kurang memperhatikan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menggantikannya, suplemen tubuh bisa dijadikan salah satu penyelamatnya, nih. Suplemen biasanya mengandung banyak nutrisi baik mulai dari vitamin, serat, hingga mineral.

Kira-kira, bagaimana ya cara yang baik untuk memilih suplemen tubuh? Temukan jawabannya di sajian artikel Blog elevenia yang satu ini! Simak informasinya sampai habis, ya.

5 Tips Cerdas Memilih Suplemen Tubuh yang Benar

 1. Tentukan Tujuan (Goals) Kamu dalam Menggunakan Produk

tentukan-tujuan-mengkonsumsi-suplemen

Langkah pertama, tentukan tujuan pemakaian produk suplemen. Sepeerti untuk menjaga daya tubuh, suplementasi vitamin dan/atau mineral, meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan tulang, atau untuk pilihan manfaat lainnya.

2. Cermati dan Tentukan Bahan Aktif yang Akan Digunakan

cek-bahan-aktif-suplemen

Selanjutnya, kamu bisa mencari tahu tentang bahan aktif yang digunakan. Dalam hal ini kamu bisa browsing ataupun meminta rekomendasi dari para professionals. Pastikan kembali bahwa bahan-bahan tersebut aman untuk diri sendiri ataupun orang yang akan menggunakan produk.

Apabila kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti alergi atau lainnya yang memerlukan perhatian khusus, kamu perlu lebih hati-hati memilihnya ya!

3. Carilah Toko Terpercaya untuk Membeli Produk

membeli-suplemen

Setelahnya, kamu bisa memilih dan membeli produk secara offline maupun online, sesuai dengan preferensi toko maupun rentang harga yang kamu pilih.

Baca Juga: Merk Vitamin Penambah Berat Badan untuk Dewasa

4. Setelah Produk Tersedia, Jangan Lupa untuk CEK KLIK!

cek-klik

Selanjutnya, jangan lupa untuk CEK KLIK pada kemasan obat. CEK KLIK adalah singkatan dari Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, Cek Kedaluwarsa. Progam tersebut dikampanyekan oleh BPOM sebagai cara cek obat. Tujuannya untuk mencegah kemungkinan konsumen menggunakan produk yang tidak resmi, palsu, atau kedaluwarsa. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Cek Kemasan: Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik (tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dan lain-lain)
  • Cek Label: baca informasi produk yang tertera pada kemasan produk dengan cermat (nama produk, komposisi, aturan pakai, dan peringatan khusus)
  • Cek Izin Edar: pastikan produk memiliki izin edar dari BPOM, dapat dilakukan dengan cek melalui aplikasi/website Cek BPOM.

Untuk produk suplemen kesehatan, kode Izin Edar diawali dengan kode SD (untuk produk yang diproduksi di Indonesia) atau diawali dengan kode SI (untuk produk impor yang dibuat di luar negeri). Kode ini kemudian diikuti dengan 9 digit numerik, contohnya: POM SD 201 685 831.

Untuk produk obat tradisional (jamu), kode izin edar diawali dengan kode TR (untuk produk yang diproduksi di Indonesia) atau diawali dengan kode TI (untuk produk impor yang dibuat di luar negeri). Kode ini kemudian diikuti dengan 9 digit numerik, contohnya: POM TR 202 564 051.

Ada juga produk yang kode izin edarnya diawali dengan HT (untuk kategori Obat Herbat Terstandar) atau FF (untuk kategori Fitofarmaka). Kode ini kemudian diikuti dengan 9 digit numerik, contohnya: POM HT 202 564 051.

  • Cek Kedaluwarsa: pastikan produk tidak melewati batas waktu kedaluwarsa

5. Konsumsi Produk Suplemen Kesehatan dengan Bijak

konsumsi-suplement-dengan-bijak

Terakhir, konsumsi suplemen dengan bijak. Pastikan kamu mengunakannya hanya saat diperlukan, ya. Yaitu saat tubuh kita memerlukan suplementasi. Misalnya untuk membantu mempercepat penyembuhan atau untuk memelihara daya tahan tubuh. Ikuti juga aturan pakai yang tertera pada masing-masing kemasan produk.

(Dikutip dari SOHO Global Health)

Temukan produk SOHO Global Health lainnya di elevenia. Raih Promo Bebas Ongkos Kirim untuk Beragam Produk Kesukaanmu. Ada juga diskon dengan minimal belanja mulai dari Rp 50.000 yang siap menunggumu. Di elevenia, semua yang kamu cari, ada.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP