Tips Memilih Desain Tangga Rumah Multifungsi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
desain tangga rumah
Daftar Topik

Dewasa ini desain rumah minimalis semakin banyak dipilih, bahkan saat ini sudah menjadi tren di tahun 2020. Desain rumah minimalis banyak diminati karena memiliki tampilan di yang lebih bersih, rapi dan juga memiliki nilai estetika tersendiri. Meskipun memiliki desain minimalis rumah minimalis, biasanya terdiri dari dua lantai. Yang mana untuk menghubungkan bahkan tai satu dengan lantai dua membutuhkan tangga. Tangga pada rumah 2 lantai menjadi permasalahan tersendiri, khususnya pada desain rumah minimalis, karena harus menyesuaikan dengan isi rumah.

6 Desain Tangga Rumah Mewah Kece Buat Rumah Masa Depanmu!

Untuk membuat desain tangga rumah minimalis dan multifungsi, memang membutuhkan perancangan serta finishing yang tepat. Dalam memilih model ini, tentunya harus memperhatikan desain interior rumah. Hal ini penting sekali untuk dilakukan agar tangga rumah multifungsi.

Desain Tangga Rumah yang Multifungsi

1. Buat Ukuran Lebar Anak Tangga Bervariasi

Ukuran Tangga Yang Nyaman dan Cara Menghitung Anak Tangga dan Bordes | Pengadaan (Eprocurement)

Tips pertama yang harus diperhatikan dalam memilih desain tangga rumah multifungsi yaitu buat ukuran lebar anak tangga yang bervariasi. Untuk menghasilkan pola yang menarik, kreasikan anak tangga dengan lebar yang bervariasi. Selain itu, bisa juga berintegrasi dengan rak pada area mezzainen.

Nah, bagi Anda yang memiliki rumah dengan ruangan yang sempit, Anda tetap bisa membuat tangga minimalis. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan menggunakan pola unik secara vertikal. Dengan memilih desain tangga minimalis ini, Anda bisa menghasilkan tangga yang unik tetapi dapat menghemat tempat.

Baca Juga: Tips Desain Rumah Murah yang Nyaman

2. Berkreasi dengan Desain Railing

14 Model Desain Railing Tangga Minimalis Idaman, Ini Koleksinya | Rumah.com

Apakah Anda memiliki anak kecil? Pastinya merasa tidak aman jika menggunakan desain tangga tanpa pagar pembatas. Selain memperhatikan keamanan, dalam memilih desain tangga harus memperhatikan nilai estetikanya. Ada beberapa material yang bisa Anda gunakan untuk membuat batas tangga. Seperti halnya tali, kaca, tiang besi dan teralis.

Yang terpenting dalam memilih pembatas tangga yaitu pastikan tidak ada ruang di area samping tangga. Hal ini bertujuan agar lebar tangga tidak terpotong. Selain itu, juga bermanfaat agar bisa mengantisipasi bahaya terjepit di antara tangga dan batas tangga.

3. Memasang Dinding Parapet

Kreativitas Desain Tangga Rumah Minimalis Yang Elegan | Jasa Kontraktor Malang - Batu | Desain Arsitek & Renovasi

Memasang dinding parapet juga bisa menjadi solusi yang tepat agar keamanan lebih maksimal. Perlu diketahui bahwa parapet merupakan pembatas berupa dinding yang biasa digunakan pada jalan raya, atap, gedung dan struktur lainnya. Agar desain tangga lebih menarik khususnya untuk rumah minimalis, desain yang digunakan dengan tambahan yang unik dan menarik.

4. Membuat Pembatas Semi Tertutup

Stainless Steel Balustrades | Bespoke Design | Canal Architectural

Tips memilih desain tangga rumah multifungsi yang selanjutnya yaitu menggunakan dinding parapet semi-transparan. Pemilihan dinding ini bisa memberikan efek menonjolkan estetika sekaligus bisa mempertahankan keselamatan saat menggunakan tangga tersebut. Pilihlah parapet semi-transparan yang berbahan kayu atau material lain seperti baja, agar mendapatkan hasil estetika yang maksimal.

5. Tangga Model Split atau Pinguin

Apa itu Rumah Split Level? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui!

Tangga model split juga bisa menjadi solusi yang tepat, karena model ini bisa memberikan hasil anak tangga yang berselang-seling. model desain tangga rumah ini sangatlah multifungsi karena bisa menambah rasa aman, rasa nyaman dan bisa hemat ruang. Tangga model ini memiliki bentuk geometri. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan menambahkan handrail dalam menerapkan desain tangga rumah minimalis.

6. Pemilihan Warna Cat

Memilih Warna Cat untuk Ruangan Kecil, Warna Apa yang Perlu Dihindari? - Harapan Rakyat Online

Tips selanjutnya yaitu pemilihan warna cat. Anda bisa memilih cat yang paling murah asalkan anda bisa kreatif mengubah tangga rumah sederhana tersebut menjadi lebih menarik. Beri sentuhan warna pada tangga, dengan memilih warna uang kontras dan sedikit mencolok dengan interior rumah. Hal ini bisa memberikan efek suasana yang ceria di rumah.

Selain memilih warna yang mencolok, Anda juga bisa memilih warna tangga yang sesuai dengan warna dinding. Pemilihan warna yang sama ini bisa memberikan ilusi optik dan efek dramatis.

7. Kekayaan Material Pada Desain Tangga Rumah

Pemilihan material juga sangat berpengaruh terhadap pesan menarik tangga rumah, dalam hal ini pilihlah desain yang tidak umum. Ada beberapa desain yang bisa anda gunakan seperti halnya menggunakan papan horizontal dari berbagai material. Kesan unik akan terlihat lebih menonjol jika Anda bisa memanfaatkan balok kayu untuk melengkapi gaya rustic. Selain itu, bisa juga menggunakan tangga beton untuk tampilan lebih kontemporer.

8. Desain Tangga Rumah Menggunakan Ubin Geometris

pola, acak, ubin, Desain, tekstur, geometris, mosaik, dekoratif, bentuk, kisi, geometri | Pikist

Tips memilih desain tangga rumah multifungsi yang selanjutnya yaitu menggunakan ubin geometris, yang mana desain ini bisa memberikan tampilan cantik pada ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan elemen grafis seperti ubin dengan pola yang menarik.

Anda juga bisa memaksimalkan tangga minimalis sebagai smart storage, yang mana desain ini memang mengabulkan segi estetik dan fungsional. Model tangga ini sangat multifungsi, karena Anda bisa menambahkan laci untuk menyimpan barang atau menjadikannya rak buku.

Bagi Anda yang berminat tubruk membuat tangga rumah multifungsi, beberapa tips tersebut bisa Anda terapkan. Selain mudah untuk dibuat, desain multifungsi ini bisa memberikan tampilan rumah semakin unik.

Desain Rumah Terbaik dari Berbagai Aspek

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA