Tips Jitu Memilih Botol Susu yang Tepat untuk Bayi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
memilih-botol-susu-bayi
Daftar Topik

Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi – Dalam perkembangan bayi, botol susu merupakan salah satu perlengkapan yang tidak boleh ketinggalan. Bagi Moms yang agak sulit menghasilkan ASI, botol susu sangat membantu untuk memenuhi gizi bayi. Namun, memilih botol bayi ternyata tidak boleh sembarang.

Kali ini, Blog elevenia akan membagikan tips memilih botol susu bayi yang tepat. Kira-kira apa saja ya? Temukan informasi selengkapnya di sajian artikel yang satu ini. Simak informasinya sampai habis, ya.

Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi yang Tepat

memilih-botol-susu-bayi

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam memilih botol susu bayi yang tepat. Diantaranya bahan, ukuran, volume dan juga desainnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk baca langkah-langkah berikut.

1. Pilih Botol dengan Bahan Plastik

botol-susu-plastik

Bayi belum bisa mengontrol gerak-geriknya sendiri. Karenanya, menggunakan botol plastik sangat disarankan. Selain itu, botol plastik akan cenderung lebih aman dan awet saat terjatuh. Lain halnya dengan botol kaca. Bahan kaca terkenal sebagai bahan yang dapat menyerap panas. Botol kaca juga lebih riskan dan mudah pecah saat jatuh.

2. Lebih Baik Memilih Botol dengan BPA Free

botol-susu-bpa-free

Salah satu kriteria yang pas dalam memilih peralatan bayi ialah sifatnya yang BPA Free. BPA (Bisphenol A) sendiri merupakan zat yang sangat berbahaya untuk tubuh loh, Moms.

Zat ini dapat menyebabkan kelainan otak, gangguan kelenjar prostat hingga perubahan perilaku anak.Sedangkan jika masuk ke tubuh orang dewasa, zat ini akan menganggu kesuburan pria maupun wanita. Karena itu, pastikan untuk memilih botol dengan BPA Free, ya.

3. Pastikan Botol Susu dan Dot Mudah Dicuci

botol-susu-yang-mudah-dicuci

Sebelum membeli botol susu, jangan lewatkan langkah yang satu ini. Beberapa produk botol susu agak sulit dicuci sehingga dapat meninggalkan noda bekas susu. Sehingga kebersihannya pun tidak terjamin. Karenanya, pastikan untuk memilih botol susu dengan bahan dan juga tekstur botol dan dan dot yang mudah dicuci.

Baca Juga: 6 Merk Botol Susu Bayi Terbaik

4. Pilih Botol Susu dengan Desain yang Mirip dengan Payudara Ibu

desain-botol-bayi

Bukan hanya dari bahannya yang berkualitas, desain botol susu yang tepat ternyata punya keunggulan tersendiri. Saat memilih desain botol susu dengan dot yang mirip dengan payudara ibu, bayi akan lebih mudah menggunakannya. Bayi akan lebih mudah memasukkan ke mulut dan menikmati nutrisi susu dengan lebih maksimal.

5. Pastikan Ukuran Botol dapat Digenggam Bayi

botol-dapat-digenggam-bayi-dengan-mudah

Selain desainnya, pastikan juga ukuran botol susu yang dipilih sesuai. Dalam hal ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuran tangan bayi. Pilihlah botol yang dapat digenggam dengan mudah oleh baik. Usahakan untuk tidak memilih botol yang tidak terlalu besar.

6. Sesuaikan Volume Botol Susu dengan Usia Bayi

volume-botol-susu-bayi

Terakhir, parents dapat menyesuaikan volume botol susu dengan usia bayi. Untuk bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan, kamu bisa memilih botol susu ukuran S dengan kapasitas 80-160 ml. Untuk bayi 3-6 bulan, bisa menggunakan botol susu ukuran M dengan kapasitas 160-200 ml. Setelah memasuki usia MPASI, parents bisa memilih botol susu ukuran L dengan kapasitas 200-220 ml.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP