Tips Melakukan Backpacker ke Malaysia

0
161020 Wisata Malaysia
Source: TripZilla Indonesia

Malaysia menjadi salah satu Negara tetangga yang paling dekat dengan wilayah perbatasan Indonesia. Maka tidak heran banyak masyarakat yang melakukan backpacker atau plesiran ke Negeri Jiran tersebut. Selain itu, jaraknya yang cukup dekat membuat orang Indonesia tidak jarang melakukan wisata kesana. Mungkin jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan tentu tidak akan semahal ketika Anda pergi ke Eropa maupun Negara yang lain.

Bagi Anda yang ingin backpacker ke Malaysia dan ingin hemat kantong, baik itu mulai pemberangkatan sampai di tujuan. Tentunya Anda harus memperhitungkan secara cermat agar Anda tidak kelabakan saat berada disana. Apa Anda termasuk orang yang pertama kali ingin melakukan backpacker? Jika iya, ikuti beberapa tips backpacker ke Malaysia berikut ini.

Tips Melakukan Backpacker ke Malaysia

1. Tentukan Budget Liburan


161020 Budget Liburan BP Guide
Source: BP Guide

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin bepergian baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri adalah menentukan budget liburan. Hal ini dinilai sangat penting agar Anda dapat memanajemen diri sendiri. Apalagi jika tempat yang ingin Anda kunjungi tersebut adalah luar negeri. Untuk itu, pilihlah tiket akomodasi yang terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Malaysia saat sedang sepi-sepinya turis disana. Anda bisa berkunjung ke negeri Jiran tersebut ketika bulan November sampai Maret. Karena pada bulan tersebut bukanlah liburan panjang, sehingga diprediksi tidak banyak yang datang. ANda juga harus menghindari backpacker ke Malaysia saat sedang ada perayaan, seperti Idul Fitri, Imlek, Deepavali, dan natal. Sebab saat itulah harga hotel bisa melambung tinggi.

2. Menyusun Itinerary dengan Detail


161020 Itinerary Pinterest
Source: Pinterest

Hal selanjutnya adalah menyusun itenary mengenai tempat apa saja yang ingin Anda kunjungi. Tentunya Anda tidak ingin backpacker menjadi kurang maksimal karena kurangnya perencanaan bukan. Oleh sebab itu, tentukan dulu tempat mana saja yang menjadi target kunjungan, karena hal ini juga berkaitan dengan budget untuk tiket masuk wisata tersebut. Perhitungkan pula biaya transportasinya.

Apabila hal ini tidak direncanakan, tentunya Anda akan mengalami penambahan biaya. bagi Anda yang ingin masuk ke tempat yang tidak dipungut biaya tiket bisa mencari pantai, museum, monumen bersejarah.

3. Packing Sesuai Kebutuhan


161020 Packing StyleBlueprint
Source: StyleBlueprint

Agar bagasi Anda tidak melebihi muatan pastikan Anda hanya membawa apa yang diperlukan saat melakukan backpacker ke Malaysia. Kemasi barang Anda serapi dan seefisien mungkin. Backpacker menuntut Anda untuk packing secara mandiri dan cepat. Bawa saja barang seperti perlengkapan ibadah, alat untuk mandi, beberapa baju, skin care.

Selain itu, usahakan memilih baju dengan kain tidak terlalu tebal seperti katun. Baju dengan bahan tersebut dikenal nyaman untuk dipakai dan mudah menyerap keringat. Dengan membawa baju yang tidak terlalu tebal Anda bisa menghemat tempat dalam tas. Saat mengemas barang pastikan Anda menatanya serapi mungkin, untuk baju bisa digulung dan dimasukkan ke plastik vacuum.

4. Penginapan Terjangkau


16102 Akomodasi Penginapan Effy Talks Life
Source: Effy Talks Life

Anda tidak punya tempat tinggal di Malaysia? Kalau begitu pastikan Anda mencari penginapan dengan harga yang ramah kantong namun nyaman seperti guesthouse dan hostel. Beberapa penginapan bisa Anda pilih sesuai budget Anda. dianjurkan untuk memilih tempat yang dekat dengan sarana transportasi umum agar mudah untuk mobilisasi.

Anda bisa menginap di tempat yang dekat dengan Central Market, Jalan Hang Kasturi serta Jalan Bukit Bintang. Ketiga daerah tersebut bisa dibilang dekat dengan sarana transportasi. Tentunya hal ini akan menguntungkan Anda, dimana bisa menginap di kawasan jantung kota.

5. Gunakan Transportasi Publik


161020 Public Tranportation Malaysia FMY
Source: FMT

Anda tentu ingin wisata backpacker Anda tidak mengeluarkan budget terlalu banyak. Maka dari itu gunakan transportasi umum untuk beralih dari satu tempat ke tempat lainnya. Coba dikira-kira apabila Anda selalu menggunakan transportasi semacam taksi atau kargo. Tentunya budget yang semula sudah tertata rapi tiba-tiba membengkak.

Transportasi umum di Malaysia juga kabarnya sudah terintegrasi sehingga nyaman untuk dinaiki. Harganya juga terjangkau di kantong para backpacker yang pasti Anda harus menentukan rute perjalanan dulu ya. Apabila Anda menaiki sarana transportasi di dalam kota biaya yang dikenakan sekitar RM90. Atau Ana juga bisa membeli kartu Touch n Go agar perjalanan Anda semakin mudah. Selain itu, di Malaysia juga tersedia G0-KL yang merupakan bus wisata gratis keliling Kuala Lumpur. Anda akan menemukan bus tersebut mulai pukul 6 pagi sampai 11 malam ketika hari Senin – Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 7 pagi sampai 11 malam.

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, saat melakukan backpacker jangan lupa untuk membawa botol minum sendiri ya. Jadi, kapan kiranya Anda akan berkunjung menjelajahi Negeri Jiran. Anda sudah tahu hal apa saja yang akan Anda lakukan sebelum berkunjung. Jadi apalagi yang Anda tunggu, segera lakukan beberapa tips di atas dan menjelajah dengan nyaman.

BACA JUGA!

Travel: 24 Jam di Ubud

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: