Tips Jitu Cara Mengatasi Anak Susah Makan

anak susah makan

Anak seringkali susah untuk makan, entah itu karena dia banyak jajan atau memang kurangnya nafsu makan. Hal itu, membuat para ibu fustasi karena khawatir anaknya jadi tidak sehat dan tidak cukup mendapatkan gizi untuk pertumbuhannya. Bunda pasti bingung bagaiman cara mengatasi si kecil yang susah makan, padahal Bunda sudah banyak melakukan berbagai cara seperti membujuknya dengan film kartun, memasak makanan yang menarik, bahkan sampai disuapi.

Seorang dokter anak yang bernama Huffington Post mengatakan bahwa anak yang pemilih makanan hanya salah satu caranya si anak itu menegaskan kemandiriannya. Dia cenderung akan makan apa yang dia inginkan dan di waktu yang dia tetapkan.

Dengan demikian, Bunda tidak perlu terlalu cemas, yang penting tahapan tumbuh kembangnya sesuai dan berjalan dengan baik.

Untuk mengatasi anak yang susah makan kami berikan beberapa tips yang bisa Bunda lakukan di rumah berikut ini:

Rencanakan Menu Lengkap Yang Berbeda Setiap Hari

Anak bahkan orang dewasa pun akan merasa bosan dengan hidangan yang sama di setiap harinya. Maka dari itu, Bunda harus bisa mengkreasikan menu makanan yang unik agar anak tidak bosan dan tertarik untuk memakannya. Selain tampilannya yang menarik, pastikan makanan yang Bunda buat mengandung cukup gizi untuk masa pertumbuhan si anak.

Jangan Menjadikan Setiap Waktu Makan Menjadi Ajang Pertengkaran

Ketika anak mulai memilih – milih makanan seringkali membuat orangtua kesal. Tapi cabalah untuk bersabar dan jangan memaksa anak untuk memakan makanan yang dia tidak suka. Mungkin tidak mudah untuk melakukannya, tapi Bunda harus tetap hati – hati dengan kebiasaan pemilih makanan itu, karena khawatir akan memicu gangguan pola makan.

Buat Catatan Tentang Apa Saja Yang Dimakan Anak Dalam Sehari

Ketika anak tidak mau makan makanan yang kita siapkan pada waktu yang kita tentukan, jangan dulu khawatir. Bisa jadi anak sudah kenyang karena makanan yang ia makan saat bersama teman atau kerabatnya tanpa Bunda ketahui. Agar Bunda tidak terlalu khawatir, Bunda bisa tanyakan kepada orang – orang yang pada hari itu bersama si anak tentang apa saja yang ia makan entah itu cemilan atau makanan lainnya. Jadi, bukan berarti anak tidak mau makan besar karena dia kelaparan atau malas makan ya Bunda.

Minta Bantuan Jika Membutuhkan

Jika Bunda sudah kewalahan dalam menghadapi anak yang mulai membandal saat disuruh makan, mintalah bantuan orang dewasa lain seperti ayah atau kakaknya untuk membujuk sia anak agar mau makan. Tetapi jika dokter mengatakan bahwa si anak tidak ada gangguan dalam masa pertumbuhannya, Bunda jangan terlalu khawatir dan jangan terlalu memaksanya. Walau demikian, Bunda jangan cepat menyerah untuk mengikuti si anak yang ingin makan junk food, karena tidak sehat.

Sediakan Kudapan Tinggi Kalori Untuk Cemilan

Agar Bunda bisa memastikan si kecil tetap dapat asupan energi walaupun dia tidak makan pada saat waktu makan, Bunda perlu menyediakan makanan atau kudapan yang yang tinggi kalori untuk dijadikan cemilan. Dengan begitu anak tetap mendapatkan asupan energi sepanjang hari. Contoh kudapan tinggi kalori adalah buah, kacang – kacangan, selai kacang, dan keju. Jadi jika anak tidak makan nasi, dia akan tetap mendapat kalori dari cemilan yang Bunda siapkan.

Turuti Kemauan Anak

Jangan memaksa anak untuk makan jika dia tidak mau makan makanan yang sudah kita sediakan. Walaupun kita menyiapkan makanan mahal yang bergizi, ketika anak sedang tidak mau memakannya, makan akan mubazir. Jadi tidak ada salah bila kita ikuti kemauan si anak. Bisa jadi hari ini ia hanya ingin makanan yang berkuah dan besok dia hanya ingin makanan yang manis – manis. Coba Bunda ikuti saja terlebih dahulu selagi yang dia mau itu makanan yang sehat.

Jangan Menyuruhnya Makan

Watak anak memang seringkali melakukan hal yang kebalikan dari yang orangtuanya suruh. Jadi Bunda coba untuk tidak menyuruh anak untuk makan atau malah melarang anak untuk makan. Maka anak akan sendirinya meminta makan.

Memberikan Suplemen

Jika si kecil memang susah makan, bahkan dia bisa bertahan berjam – jam tidak makan, maka Bunda perlu bantuan. Dengan memberinya suplemen yang mengandung temulawak maka akan membantu menambah nafsu makan si anak. Bunda bisa gunakan suplemen bentuk cairan atau jelly seperti permen.

Jangan Membanding – bandingkan

Jangan sedih dengan melihat anak lain yang makannya lahap atau jika ada komentar yang mengatakan anak Bunda kurus. Kamu cukup pastikan si kecil sehat dan tumbuh kembang dengan baik, walaupun kurus jika sehat kamu tidak perlu khawatir atau malah membandingkannya dengan anak lain.

Berikan Contoh

Biasanya anak selalu mengikuti apa yang orang dewasa lakukan. Jadi jika kamu mau si anak suka makan sayur maka kamu harus contohkan dengan makan sayur juga. Berikan contoh yang bisa diteladani oleh si anak.

Bunda, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan, ingat ya jangan gunakan paksaan kepada anak, karena nantinya dia malah akan membangkang. Tetap pastikan anak tumbuh kembang dengan baik dan berikan dia vitamin atau suplemen tambahan agar dia tumbuh dengan baik dan sehat. (elevenia)