Tips Desain Rumah Murah yang Nyaman

0

Rumah idaman tidak selalu harus selalu mewah. Rumah juga bisa dibuat berdasarkan beberapa jenis budget, termasuk yang hemat. Namun, calon pemilik rumah harus pintar bersiasat untuk mendapatkan rumah murah yang tidak murahan.

Untuk membangun rumah murah yang cantik, calon pemilik harus mengetahui trik-trik pembuatan dan memilih bahan-bahan bangunan yang murah tetapi berkualitas. Misalnya, jika bahan marmer berada di luar jangkauan budget, calon pemilik rumah bisa mencoba metode unfinished ataupun material ekspose (semen ekspose) pada lantai. Selain lebih hemat, lantai semen selalu tampak bersih dan tidak membuat kesan berminyak jika belum digosok. Dinding pun bisa diberi metode serupa (bata ekspose) sehingga tidak perlu diberi plester dan cat.

Pada bagian plafon, calon pemilik rumah bisa melakukan penghematan dengan membiarkan beton menjadi plafon. Sisa-sisa bahan keramik atau potongan material lain pun bisa dijadikan kolase pada dinding, baik di dalam rumah maupun di luar, sebagai ornamen.

Masih banyak trik-trik untuk menghemat dalam membangun rumah idaman yang murah namun tidak berkesan murahan. Desain-desain unik dan minimalis yang saat ini berkembang bisa juga dipilih sebagai salah satu trik untuk membuat rumah dengan desain rumah murah.

Mencari Desain Rumah Murah


Memiliki rumah sendiri tentunya merupakan dambaan setiap orang. Apalagi rumah merupakan kebutuhan utama yang sangat penting untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai gangguan dan pengaruh buruk lingkungan. Karena itu bila ada informasi rumah murah, bisa dipastikan akan menyedot minat banyak orang. Begitu juga menyangkut desain rumah murah, tentunya juga akan sangat dibutuhkan masyarakat. Pada zaman yang serba mahal saat ini, sebenarnya tidak mudah bahkan rasanya mustahil mendapatkan rumah yang harganya murah. Di berbagai daerah, dari perkotaan hingga pelosok, umumnya harga rumah sudah cukup tinggi. Hal ini terutama dikondisikan oleh tingginya permintaan masyarakat sementara suplai yang ada relatif sangat sedikit.

Apalagi harga tanah juga memperlihatkan kecenderungan yang meningkat dengan cepat. Bahkan sebagian besar komponen harga sebuah rumah ditentukan oleh harga tanah. Dengan tingginya harga tanah maka akan sulit mengharapkan adanya harga rumah yang murah. Sebuah rumah dikatakan relatif murah tentunya bila harga tanah tidak terlalu tinggi. Sehingga komponen lainnya dari bahan-bahan bangunan bisa ditekan pula untuk mendapatkan rumah yang relatif murah dan terjangkau.

Akan tetapi, saat ini harga tanah yang relatif murah masih berada di wilayah yang dirasa kurang strategis, seperti didaerah perhutanan, pelosok-pelosok daerah yang memang belum disentuh modernisasi, dan lain sebagainya. Hal inilah yang mengakibatkan sulitnya mendapatkan rumah-rumah yang memiliki harga relatif murah.

Utnuk itulah, untuk memecahkan tersedianya rumah dengan harga murah ini dibuat desain rumah murah yang bisa diimplementasikan dalam bangunan rumah yang diinginkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rumah idaman tidak harus selalu dibuat diatas tanah atau lahan yang luas dan megah. Rumah idaman juga bisa dibuat dengan desain yang unik, sederhana, dan tentunya tidak memakan biaya yang tinggi.

Seperti yang sudah banyak diketahui, saat ini desain rumah minimalis menjadi pilihan semua kalangan dalam membangun rumah. Desain rumah minimalis ini bisa diterapkan pada luas bangunan dan lahan apa saja. yang terpenting dalam desain rumah murah ini adalah terciptanya kenyamanan, kesederhanaan, dan penghematan dalam pembangunan rumah murah ini.

Bahan Yang Tersedia

Lantas bagaimana bentuk desain rumah murah ? Kalau Kamu sering mengamati rumah-rumah di berbagai daerah di Indonesia, Kamu tentu menemukan perbedaan menyolok yang membedakannya.

Rumah-rumah di Kalimantan, dimana kayu tersedia begitu melimpah, banyak rumah dibangun dengan bahan utama kayu. Baik untuk membuat dinding rumah, lantai, bahkan atapnya. Mereka tidak membangun rumah dengan batu bata yang disemen untuk dindingnya maupun semen diplester atau menggunakan keramik sebagai alas lantainya.

Suatu bentuk rumah tentunya dibuat dengan banyak pertimbangan. Model dan bentuk rumah di Kalimantan yang banyak menggunakan bahan kayu semacam itu tentu saja juga mempertimbangkan soal bahan bakunya. Dengan bentuk rumah kayu semacam itu tentu saja biaya pembangunannya akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan dinding tembok yang relatif lebih mahal.

Begitu juga para kontraktor maupun pengembang dalam membuat desain rumah murah tentunya juga mempertimbangkan soal bahan baku. Selain itu, tentunya masalah kualitas bangunan tak jarang juga menjadi komponen yang bisa ditekan untuk menekan faktor biaya. Karena itulah kalau Kamu hendak mencari rumah murah, sebaiknya berhati-hati dan teliti agar nantinya tidak malah menyesal dengan kualitas bangunan yang ada.

Banyak saat ini perumahan-perumahan menawarkan berbagai macam tipe rumah dengan harga yang cukup murah. Dengan harga yang relatif murah dan juga penawaran-penawaran yang dilakukan sangatlah intens maka banyak orang yang tergiur dengan tawaran rumah murah di berbagai perumahan.

Namun, hal tersebut sering menimbulkan berbagai macam masalah dikemudian harinya. Masalah-masalah yang sering muncul pada perumahan murah ini adalah material yang digunakan dalam membangun rumah tidaklah berkualitas. Bahkan tidak jarang ditemukan perumahan yang banyak merugikan pihak penghuni rumah tersebut.

Inilah yang menjadi salah satu alasan diperlukannya sikap bijak dari para pengelola perumahan murah dan para calon pembeli dalam setiap transaksinya. Jika dilihat dari segi harga, perumahan-perumahan memang sering menawarkan harga-harga murah kepada calon pembeli. Namun, hal tersebut tidak menjamin rumah yang dihuninya merupakan hunian yang nyaman dan juga berkualitas cukup baik.

Tips Desain Rumah Murah dan Faktor Penghuni

Meskipun murah, sebenarnya sebuah rumah bisa didesain secara lebih artistik dengan kualitas yang tidak terlalu mengecewakan. Sejumlah arsitek yang merasa peduli dengan tingginya harga rumah mencoba menyajikan desain rumah agar terjangkau oleh masyarakat luas.

Kalau Kamu perhatikan, desain-desain rumah tersebut mencoba memadukan bahan dinding batu bata dengan kayu dan bambu. Selain bahan-bahan tersebut harga murah, namun yang penting desain rumah murah tidak mengorbankan faktor kesehatan dan kenyamanan para penghuninya.

Faktor penghuni dari desain rumah murah biasanya akan menyeimbangkan antara keefisiensi lahan yang ada dengan penghuni yang menjadi tokoh utama dalam rumah murah tersebut.

Tidak hanya sebagai langkah penghematan dalam pembangunan rumah, memanfaatkan faktior lingkungan juga bisa menjadi sebuah langkah untuk membuat kenyamanan suasana rumah lebih terasa. Dengan begitu, desain rumah murah dan nyaman ini akan menjadi suatu keistimewaan bagi para penghuni rumah yang ada didalamnya.

Sebagai langkah untuk membuat desain rumah murah, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah penghematan dalam membangun rumah idaman. Penghematan dalam membangun rumah murah ini bisa dilakukan dengan memilih dan mendesain rumah yang mengikuti kontur alam.

Penghematan murah ini bisa dilakukan dengan meminimalisir biaya material dalam pembangunan rumah dan juga biaya perawatan rumah. Jika kedua hal tersebut dipikirkan secara matang maka hal tersebut akan membantu Kamu dalam mendesain rumah murah yang tidak murahan idaman Kamu.

Salah satu alternatif untuk menghemat biaya pembangunan dan perawatan rumah, tanpa mengabaikan desain yang terkesan alami, Kamu bisa mencoba metode pengerjaan pembangunan rumah yang setengah jadi. Artinya, Kamu hanya perlu melakukan sedikit kreatifitas dalam membangun rumah sebelum selesai ke tahap finishing.

Misalnya, penggantian lantai yang berbahan mamer bisa Kamu ganti dengan menggunakan semen seperti yang sebelumnya dijelaskan. Lantai semen atau yang biasa disebut juga dengan semen expose dapat membantu Kamu dalam perawatan rumah. Selain murah, metode ini juga sangat membantu bagi Kamu yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan lantai.

Lantai dengan metode semen expose biasanya akan terlihat mengkilapn dan bersih walaupun tidak dibersihkan secara rutin. Hal tersebut berbeda dengan lantai marmer atau keramik yang akan terlihat berminyak jika tidak dibersihkan.