Teknik Shooting Bola Basket yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
lapangan 4
Daftar Topik

Teknik shooting bola basket. Basket merupakan salah satu olahraga yang sangat di populer di Amerika Serikat hingga Indonesia. Permainan olahraga bola berkelompok ini membutuhkan dua tim yang mampu mencetak poin di keranjang lawannya sebanyak mungkin. Dikenal sejak 1891, basket menjadi olahraga yang menarik hingga banyak kompetisi bola basket diselenggarakan, mulai dari British Basketball League atau BBL di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan di Indonesia sendiri adalah Indonesia Basketball League (IBL). 

Dalam permainan bola basket, dalam sebuah tim terdiri dari 5 pemain yang masing-masing pemain memiliki perannya masing-masing. Posisi pertama adalah Point Guard. Point Guard merupakan posisi pemain yang mampu mengatur jalannya permainan tim. Point Guard juga sering disebut sebagai playmaker karena pemain Point Guard lebih banyak bermain di posisi tengah lapangan. Beberapa Point Guard yang terkenal adalah Stephen Curry, Steve Nash, dan masih banyak lagi. Posisi kedua adalah Shooting Guard. Shooting Guard adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan blocking terhadap shooter lawan saat dalam keadaan defense. Umumnya, para pemain Shooting Guard memiliki persentase shooting terbaik di timnya. Selain blocking, Shooting Guard juga memiliki peran penting untuk melakukan shooting 3 point. Beberapa shooter terkenal adalah Kobe Bryant, James Harden dan lain-lain. 

olahraga 3

Posisi ketiga adalah Small Forward. Small Forward merupakan posisi yang paling banyak diincar oleh para pemain basket. Hal ini karena posisi Small Forward membutuhkan kemampuan bermain yang kompleks, seperti membutuhkan kelincahan, shooting, slam dunk, dan skill basket lainnya yang sudah tidak perlu diragukan. Selain Shooting Guard, Small Forward juga berperan penting untuk mencetak point bagi tim., Contoh pemain Small Forward yang terkenal adalah Lebron James dan Kevin Durant. Posisi keempat dan kelima adalah Power Forward dan Center. Kedua posisi ini memiliki peran untuk melakukan defense rebound yang baik dan skill defense yang baik. Pemain Power Forward dan Center biasanya adalah pemain yang memiliki tinggi badan mencapai 200 cm. Anthony Davis dan Karl-Anthony Towns merupakan salah satu pemain Power Forward dan Center yang terkenal. 

ring basket

Karena point merupakan faktor penentu dalam menentukan pemenang dalam permainan basket, sudah seharusnya shooting merupakan skill yang wajib dimiliki oleh para pemain basket. Untuk kamu yang berencana bermain basket, yuk kita belajar tentang shooting melalui artikel ini!

Pengertian Shooting

Dalam permainan basket, shooting merupakan teknik menembak bola yang dilakukan dengan satu atau dua tangan ke dalam ring lawan untuk mendapatkan poin. Shooting sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Jumpshot dan Non-Jumpshot, seperti lay-up dan slam dunk. 

Jenis dan Cara Shooting Ala Pemain NBA

Pemain NBA, BBL, maupun IBL tidak memiliki jenis shooting yang spesial. Pada dasarnya, para atlet basket profesional dibekali jenis dan cara shooting yang umum dan kemudian dikembangkan melalui latihan-latihan. Jenis dan cara shooting pada permainan basket antara lain

1. One-Hand Set Shoot

Sesuai dengan namanya, teknik shooting ini menggunakan satu tangan saja dan kerap digunakan pada daerah yang bersifat restricted. Teknik shooting dengan satu tangan ini dapat menjadi upaya pemain untuk on ball defense dari serangan lawan dan juga memberikan ruang yang cukup bagi pemain untuk melakukan shooting. Cara untuk melakukan shooting adalah dengan memperhatikan keseimbangan tangan dengan bola serta irama.

Teknik Shooting Bola Basket - 1

2. Free Throw

Free throw merupakan salah satu istilah yang sering didengar karena shooting ini diberikan untuk salah satu tim, karena tim lainnya telah melakukan pelanggaran. Free throw tidak terbatas akan jumlah, sehingga pemain dapat memanfaatkan drawing contact untuk membangun foul di tim lawan. Cara agar sukses melakukan free throw adalah dengan membuat tangan, bahu, dan kaki lebih rileks dan melakukan shoot dengan irama yang tepat.

3. Jump-Shoot

Teknik shooting satu ini membutuhkan pemain untuk melompat setinggi-tingginya agar dapat memiliki ruang shooting yang lega dan dapat menjangkau ring yang berposisi jauh dari pemain. Jump-shoot juga dapat kamu lakukan jika lawan telah berusaha melakukan blocking pada jarak tertentu. Cara untuk melakukan Jump-shoot adalah pastikan posisi siku dan bahu membentuk sudut 45o dan tertuju pada ring. Untuk menghindari cidera, pastikan kamu mendarat pada ruang yang cukup. 

4. Hook-Shoot

Hook-shoot merupakan teknik shooting dengan menggunakan salah satu tangan namun dengan gerakan mengayun, seperti mengait. Teknik shooting ini sempat populer di tahun 1980an. Teknik shooting ini dapat kamu gunakan jika jarak antara pemain dengan ring maksimal 3-4 meter. Cara untuk melakukan shooting ini adalah dengan menguasai bola, melakukan dribbling dengan kedua pivot, kemudian membuat gerakan memutar dan menembak dengan satu tangan. 

5. Lay-up

Teknik Shooting Bola Basket - 1

Lay-up merupakan salah satu teknik shooting yang terkenal dan sering diperagakan oleh para pemain basket profesional. Sebenarnya lay-up merupakan gerakan dasar bagi para pemain bola basket, namun mudahnya untuk diberikan variasi menjadikan lay-up menjadi skill shooting yang keren. Cara untuk melakukan lay-up adalah dengan melakukan dribbling bola dan menguasai bola, kemudian melakukan lompatan dengan satu atau dua kaki sebelum menembakkan bola. 

6. Slam-dunk

Selain lay-up, slam-dunk juga merupakan teknik shooting lainnya yang terkenal dan sering diperagakan oleh para pemain basket profesional, terutama di luar negeri. Para dunker, sebutan untuk mereka yang memainkan slam-dunk, memiliki leaping ability dan fisik yang kuat, karena memadupadankan berbagai skill permainan basket. Slam-dunk juga merupakan salah satu teknik shooting yang memberikan angka kemungkinan untuk point paling tinggi. Cara untuk melakukan slam-dunk adalah dengan loncat setinggi mungkin yang bisa mencapai ring lawan. 

Itu dia sedikit informasi tentang teknik shooting bola basket. Jangan lupa latihan dan terus berusaha ya!

Baca juga:

5 Teknik Dasar Bulutangkis

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA