Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
18820 Gaya Punggung Detik Spor
Daftar Topik

Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu untuk Pemula – Seperti halnya mesin, tubuh manusia juga perlu dirawat dan dijaga agar bisa tetap sehat dan tidak mengalami masalah. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berenang. Olahraga renang mempunyai banyak manfaat, diantaranya bisa menjaga kesehatan otot tubuh. Namun, untuk melakukan olahraga renang diperlakukan pembelajaran tentang hal tersebut terlebih dahulu. Hal ini karena manusia terbiasa melakukan aktivitas di darat, sehingga apabila tidak mengetahui cara berenang dengan baik bisa menimbulkan efek yang berbahaya.

Ada berbagai gaya di dalam olahraga renang yang bisa dilakukan. Namun, bagi pemula gaya yang dianjurkan adalah renang gaya bebas, Renang Gaya Kupu-kupu, gaya punggung, dan dada. Semua gaya renang tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, yang terpenting harus mau belajar bergerak dan mengambang di dalam air terlebih dahulu.

Berikut beberapa cara yang harus dilakukan jika ingin mempelajari Renang Gaya Bebas bagi pemula:

Menjaga Keseimbangan di Dalam Air

18820 Gaya Punggung Detik Spor
Source: Detik Sport

Di dalam olahraga renang, menjaga keseimbangan tubuh di dalam air sangat penting. Karena hal tersebut merupakan kunci dasar untuk bisa belajar renang dengan gaya apapun. Teknik yang ada pada Renang Gaya Kupu-kupu sedikit berbeda dengan gaya renang lainnya, bahkan gaya renang ini termasuk sulit bagi sebagian orang. Hal ini karena adanya gerakan naik turun yang harus dilakukan secara vertikal dan  harus bisa menjaga posisi tubuh datar dan berada di permukaan air.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan gaya renang kupu-kupu yaitu:

  • Cara Mengambil Nafas

Agar bisa melakukan pengambilan nafas dengan baik saat berenang, naikkan bagian kepala sedikit ke permukaan air sehingga bisa mengambil nafas dengan cukup. Setelah pengambilan nafas selesai, masukkan lagi kepala ke dalam air agar posisi tubuh kembali sejajar dengan permukaan air. Karena, jika tubuh tidak datar dengan permukaan air akan mengakibatkan proses belajar menjadi gagal.

  • Melakukan Pukulan Dolphin

Teknik pukulan dolphin adalah cara memukulkan kaki di dalam air yang digunakan dalam olahraga renang. Teknik pukulan dolphin bermanfaat untuk menghemat tenaga saat melakukan renang dengan gaya kupu-kupu. Cara melakukan teknik dolphin adalah pertama-tama kedua kaki ditekuk tepat pada persendian lutut kemudian diluruskan kembali secara cepat seperti gerakan ekor pada ikan paus.

Hal yang perlu diperhatikan dalam teknik dolphin ini adalah, tidak boleh memukulkan kaki terlalu dalam karena akan menambah beban tubuh bagian depan sehingga menjadi tidak seimbang.

Menggerakkan Kaki

18820 Gerak Kaki Gaya Punggung Berenang Fimela
Source: Fimela

Masalah yang sering dialami oleh perenang pemula adalah mengalami kesulitan dalam menggerakkan kaki di dalam air. lakukan latihan secara rutin agar hal tersebut bisa teratasi. Adapun jika ingin mempelajari renang dengan gaya kupu-kupu, perhatikan beberapa teknik menggerakkan kaki berikut ini:

  • Pastikan posisi kaki lurus mulai pangkal sampai dengan ujung kaki
  • Tekuk sedikit kedua kaki pada bagian lutut setelah itu luruskan kembali dengan cepat untuk melakukan gerakan tendangan
  • Kayuh kedua kaki secara perlahan dan luruskan kembali seperti posisi awal.

Teknik menggerakkan kaki pada renang gaya kupu-kupu sedikit berbeda dengan renang gaya lain. karena gerakan pada kaki dilakukan secara bersamaan dengan teknik yang harus tepat.

Menggerakkan Lengan

18820 Menggerakkan Lengan Gaya Punggung Renang Detik Sport
Source: Detik Sport

Selain kaki, lengan juga menjadi poin penting untuk menunjang keberhasilan berenang dengan gaya kupu-kupu. Karena, lengan mempunyai fungsi menjadi sarana laju agar bisa bergerak. Gerakan lengan pada gaya kupu-kupu harus dilakukan secara bersamaan karena berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan lengan yang ada pada renang gaya kupu-kupu dibagi menjadi dua yaitu:

  • Recovery

Di dalam renang gaya kupu-kupu, ada teknik mendayung dengan lengan yang bernama recovery. Gerakan recovery diakukan saat teknik mendayung akan dimulai. Caranya adalah, lempar tangan sampai keluar dari permukaan air kemudian gerakkan tangan ke bagian depan secara rileks lalu masukkan kembali tangan ke dalam air sedikit melewati bahu. Yang terpenting, pastikan gerakan tangan dilakukan secara bersamaan atau simetris lengan kanan dan kirinya.

  • Dayungan pada Lengan

Secara umum, gerakan mendayung yang dilakukan pada renang gaya kupu-kupu hampir sama dengan cara dayungan lengan pada renang gaya bebas. Namun bedanya, lengan yang digunakan dalam teknik mendayung digerakkan secara bersamaan. Adapun urutannya adalah sebagai berikut;

  1. Saat dayungan akan berakhir, bersiaplah untuk melakukan gerakan recovery.
  2. Lemparkan lengan pada arah samping permukaan air saat melakukan gerakan recovery.
  3. Masukkan kedua tangan ke dalam permukaan air, sampai melewati garis bahu dan kepala.
  4. Masukkan lengan kanan dan kiri ke dalam air sehingga berposisi seperti sikap tunduk.
  5. Gerakkan tangan ke arah luar permukaan air.
  6. Tekuk sedikit bagian siku kemudian gerakkan lengan ke arah dalam.
  7. Lakukan dorongan ke arah dalam dengan menggunakan kedua lengan.
  8. Pada gerakan akdir dayungan, posisi kedua iu jari harus berada tepat diatas paha.
  9. Lakukan kembali gerakan recovery.

Pengkoordinasian Gerakan

18820 Menggerakkan Lengan Gaya Punggu Renang Diadona
Source: Diadona

Saat melakukan renang dengan gaya kupu-kupu, pastikan gerakan antara lengan dan kaki sesuai dengan teknik yang dipelajari. Pada posisi tubuh naik dan turun di permukaan air, 1 kali putaran gerakan lengan berarti 2 kali gerakan kaki (secara lemah dan keras) artinya gerakan kaki harus dilakukan dengan keras saat memulai tendangan dan gerakan kaki dilakukan dengan lemah atau perlahan saat melakukan teknik dorongan.

Jika Anda masih pemula dalam olahraga renang, lebih baik jangan belajar sendiri. Pastikan ada orang yang mendampingi dan bisa berenang dengan baik. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga keamanan untuk diri sendiri. Karena olahraga renang juga cukup beresiko bagi orang yang tidak pernah belajar tentang hal tersebut.

BACA JUGA!

Merk Kacamata Renang Terbaik dan Murah

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA