Memahami Teknik Menggiring Bola Basket Yang Benar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
basket 4
Daftar Topik

Teknik menggiring bola basket. Olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan berbagai macam keahlian, mulai atletik hingga teknik mengatur strategi permainan agar mampu memenangkan permainan dengan lebih mudah. Selain itu, beberapa teknik dasar dalam permainan ini juga tetap perlu dipelajari sebagai agar bermain sesuai dengan aturan permainan olahraga bola basket. Beberapa teknik dasar yang umum dalam permainan bola basket adalah seperti passing, shooting, blocking, lay-up, dan dribbling

Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan pola penyerangan dan pertahanan agar mampu menembus lawan dan mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring lawan. Salah satu teknik dasar umum yang tidak akan pernah lepas dari pola permainan ini tentu shooting dan dribbling. Shooting adalah teknik menembak bola dengan menggunakan dua atau satu tangan yang kemudian diarahkan ke ring lawan agar mendapatkan poin. Shooting sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu jumpshot dan non-jumpshot. Lalu bagaimana dengan dribbling? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang teknik dribbling bola basket yang benar. 

Teknik Menggiring Bola Basket - 1

Dribbling itu apa sih?

Kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang” loh, jadi sebelum kita belajar teknik-teknik dribbling yang tepat, kita perlu berkenalan dengan pengertian dribbling itu sendiri. Dribbling adalah teknik dasar bola basket dalam menggiring bola basket dengan cara memantulkan bola ke lantai, baik dengan satu tangan maupun dengan dua tangan, baik secara berlarian maupun berjalan. Sederhananya, dribbling merupakan cara pemain basket menggiring bola dengan memantulkan bola ke lantai. 

Poin terpenting pada dribbling adalah bagaimana pemain mampu menggiring bola agar tidak dapat direbut oleh lawan namun tetap dengan ketentuan permainan bola basket, yaitu menggiring bola dengan cara memantulkannya ke lantai. Dalam melindungi bola agar sulit direbut oleh lawan, kamu telah menggunakan tangan untuk melakukan dribble, namun apakah cukup melindungi bola dengan dribble? Tentu tidak, untuk melindungi bola agar sulit diambil oleh lawan kamu perlu menggunakan tubuhmu untuk melindungi bola. Salah satu teknik untuk menjaga bola dengan tubuh adalah dengan memposisikan tubuh diantara bola dan lawan. Posisi tersebut akan mempersulit lawan melakukan steal pada bola karena tubuh telah berusaha terlebih dahulu untuk menghalangi. 

Teknik Menggiring Bola Basket Yang Benar

Teknik Menggiring Bola Basket - 5

Setelah mengetahui pentingnya dribbling dan pengertiannya, kamu perlu mengetahui teknik dribbling yang tepat. Pada akhirnya, dribbling akan menyesuaikan dengan pola permainan, strategi, hingga bagaimana pemain melakukan dribbling dengan nyaman. Lalu, apa saja macam-macam dribbling dalam permainan bola basket? Berikut adalah sedikit ulasan tentang dribbling pada bola basket ya!

1. Low Dribbling

Low dribbling atau menggiring bola basket dengan rendah merupakan salah satu teknik dribbling untuk menghalangi lawan melakukan steal terhadap bola yang sedang kita giring. Low dribbling ini cocok digunakan pada kondisi dilapangan yang membutuhkan waktu cepat maupun lambat dengan mencari celah untuk menghindari lawan. Selain mempertahankan bola dari steal lawan, teknik low dribbling ini juga dapat digunakan untuk menerobos pertahanan lawan loh. 

2. High Dribbling

Kebalikan dari low dribbling, high dribbling merupakan teknik menggiring bola basket dengan melakukan dribble tinggi. Umumnya high dribbling digunakan pada saat pemain berada jauh dari lawan dan dapat digunakan saat pemain dalam kondisi berjalan atau berlari pelan. Untuk melatih skill high dribbling ini, kamu dapat melakukannya dengan berbagai macam variasi mulai dari yang paling mudah hingga paling sulit. 

3. Crossover Dribble

Pernah melihat pemain basket melakukan dribble dengan memantulkan bola secara menyilang dari tangan kanan ke kiri atau sebaliknya? Teknik dribbling itu disebut sebagai crossover dribbling. Crossover dribbling merupakan teknik dribbling dengan cara memantulkan bola basket secara menyilang. Teknik dribbling ini efektif untuk menipu atau mengecoh lawan agar lawan sulit menebak gerakan selanjutnya. Dapat dilakukan secara santai maupun mendadak membuat teknik crossover dribble menjadi salah satu teknik yang umum digunakan oleh para pemain basket profesional. 

4. Between the Legs Dribble

Selain menyilang, teknik dribbling lainnya yang biasanya kita lihat adalah gerakan memantulkan bola basket melalui kedua kaki (diantara kedua kaki). Teknik dribbling bola basket ini merupakan salah satu teknik dribbling yang perlu dimiliki oleh pemula karena teknik between the legs membutuhkan pemain harus menggiring bola basket terlebih dahulu dan mengawali saat bola basket berada di depan kaki. Walaupun bisa dikatakan sulit, namun jika sudah menguasai teknik dribbling, kamu akan lebih mudah menembus pertahanan tim lawan. 

5. Behind the Back Dribble

Teknik terakhir adalah behind the back dribble. Behind the back dribble juga merupakan salah satu teknik dribble yang umum digunakan oleh para pemain basket profesional. Teknik ini membutuhkan latihan khusus dan cukup sering untuk membangun penguasaan bola. Selain itu, teknik menggiring atau dribbling yang benar dan sudah mahir juga dibutuhkan agar bola tidak lepas dari tangan. Jika kamu memiliki teknik dribble ini, kamu dapat memperkuat tim untuk menembus pertahanan lawan dengan mudah. 

basket 4

Walaupun mencetak poin merupakan cara untuk memenangkan pertandingan basket, namun proses mencetak poin juga sangat berperan penting loh. Teknik menggiring bola basket sangat amat dibutuhkan agar mampu menembus pertahanan lawan dengan mudah. Semakin banyak kita menguasai berbagai teknik dribbling, kita akan semakin mudah bermain dengan bola untuk mengecoh lawan kita. Namun, sebelum kita bermain dengan teknik-teknik dribbling yang menarik, perlu untuk menguasai bola dan teknik dasar dribbling agar saat mempelajari teknik dribbling lainnya semakin mudah dan baik. Selamat berlatih!

Baca juga:

5 Teknik Dasar Bulutangkis

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP