Pengetahuan Tentang Teknik Lari Jarak Menengah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Teknik Lari Jarak Menengah
Daftar Topik

Teknik lari jarak menengah. Salah satu cabang olahraga yang ada adalah lari jarak menengah, berdasarkan jarak tempuh lari jarak menengah yakni dari 800 m dan 1500 m. Untuk memulai lari jarak menengah biasanya dimulai dengan start jongkok yang dimulai dengan 800 m. Semua atlet pelari jarak menengah akan berlari di lintasannya masing-masing. Ketika para pelari sudah melewati tikungan pertama, mereka diperbolehkan untuk masuk ke dalam lintasan pertama. Sesuatu yang perlu diperhatikan saat melakukan lari jarak menengah adalah penyesuaian kecepatan, stamina atau kekuatan dari diri masing-masing.

Berbicara mengenai jarak menengah, teknik yang digunakan berbeda dengan teknik lari jarak pendek. Hal ini karena ketika lari jarak menengah harus menempuh lintasan yang lebih jauh. Saat melakukan lari jarak menengah, para pelari harus pandai mengatur strategi agar dapat memenangkan perlombaan. Sehingga untuk pelari jarak menengah harus bisa mengatur dan menghemat tenaga mereka saat berlari. Penurunan energi sangat dihindari saat melakukan lari jarak menengah. Berikut kami jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin mencoba lari jarak menengah. 

Lari Jarak Menengah

Poin Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Lari Jarak Menengah

  • Posisi Tubuh, posisi tubuh menjadi salah satu poin penting bagi kamu yang akan mencoba lari jarak menengah. Perhatikan posisi tubuh agar memiliki posisi kecondongan yang pas. Usahakan tubuh lebih rileks dan menghadap ke depan. 
  • Langkah Kaki, poin selanjutnya adalah langkah kaki yang gerakannya harus dilakukan dengan lebih santai atau lebih lambat dari pelari sprint dan terkoordinasi dengan baik. 
  • Ayunan Lengan, poin ketiga adalah ayunan lengan yang harus mengayun ke depan dan belakang dalam kondisi terkoordinasi dengan gerakan kaki serta tangan depan. Ayunan tangan depan harus sedikit mencapai ketinggian bahu. 

Tips Berdiri Saat Start Lari Jarak Menengah (1.500 m)

Terdapat tiga bagian yang merupakan start saat kamu melakukan lari jarak menengah, antara lain:

  1. Pada saat aba-aba “bersedia”, kamu diharuskan melangkah maju ke depan, selanjutnya berdiri tegak di belakang garis start.
  2. Pada aba-aba “siap”, atlet lari jarak menengah harus mengambil sikap kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, tidak diperbolehkan menginjak start, serta badan condong ke depan
  3. Pada aba-aba “ya”, pelari dipersilahkan untuk mulai berlari dengan kecepatan yang tidak maksimal, cukup dengan kecepatan setengah atau tiga perempat. 

Teknik Gerakan Lari Jarak Menengah

Sebelum melakukan gerakan lari jarak menengah, sebaiknya kamu memperhatikan teknik-teknik berikut ini: 

  • Atlet lari jarak menengah diharapkan posisi kepala dan badan tidak terlalu condong. 
  • Posisi sudut lengan juga harus diperhatikan, sudut lengan bisa berada pada posisi antara 100-110 derajat.
  • Perhatikan saat akan melakukan pendaratan, hal ini dilakukan untuk menghindari cedera berat pada atlet. Daratkan pada tumit, hindari pendaratan dengan ujung kaki. 
  • Ayunkan kedua lengan untuk mengimbangi gerak kaki kamu saat berlari. Hal ini dilakukan agar energi yang dimiliki tetap terjaga. 
  • Teknik gerakan jarak menengah yang selanjutnya adalah dengan mengayunkan lutut kedepan, usahakan tidak melebihi tinggi pinggul. 
  • Teknik terakhir untuk melakukan lari jarak menengah adalah dengan menggerakkan tungkai bawah dari belakang ke depan tidak terlalu tinggi. 

Seluruh teknik gerakan yang telah disebutkan sebaiknya diperhatikan dengan baik, agar pada saat berlari tidak terjadi cedera atau penurunan energi. Sehingga, pelari tetap dalam stamina yang maksimal dan dapat melakukan lari jarak menengah dengan baik.

Teknik Lari Jarak Menengah

Teknik Melewati Tikungan Bagi Pelari Jarak Menengah

Saat melewati tikungan lari, atlet harus memperhatikan beberapa teknik berikut ini, antara lain:

  • Langkah yang utama adalah dengan memperhatikan garis lintasan. Berlarilah sedekat mungkin dengan garis lintasan sebelah kiri. 
  • Langkah kedua dapat melakukan dengan badan yakni dengan putarkan kedua bahu kamu ke kiri dan memiringkan kepala ke kiri. 
  • Terakhir adalah dengan melebarkan sudut lengan kanan daripada lengan kiri. 

Gerakan Saat Memasuki Garis Finish Lari Jarak Menengah

Bagi pelari jarak menengah diperlukan beberapa gerakan yang tepat untuk memasuki garis finish pelari jarak menengah. Mulai dari saat memasuki garis finish dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Simaklah beberapa hal di bawah ini terkait dengan gerakan saat memasuki jarak menengah:

1. Cara Pelari Jarak Menengah Memasuki Garis Finish

  • Usahakan untuk terus berlari tanpa mengubah sikap lari sampai benar-benar mencapai garis finish. 
  • Busungkan dada serta luruskan kedua tangan ke belakang. 
  • Bagi kamu pelari jarak menengah, salah satu bahu dimajukan ke depan atau dada dapat diputar ke salah satu sisi. 
  • Tundukkan kepala serta ayunkan kedua tangan ke belakang

29420-lari jarak jauh 3

2. Hal yang perlu diperhatikan saat akan mencapai garis finish

  • Perhatikan frekuensi dan langkah kaki saat akan mencapai garis finish, perlebar langkah saat berlari dan perhatikan frekuensi kaki. Percepatlah frekuensi kaki ketika akan memasuki garis finish. 
  • Berbeda dengan lompat jauh, pada saat lari jarak menengah tidak disarankan untuk melakukan gerakan melompat pada saat dekat dengan garis finish. 
  • Fokuskan perhatian kamu pada garis finish, karena apabila kamu tidak fokus akan berdampak pada hal-hal lainnya seperti frekuensi berlari. 
  • Walaupun terdapat pita yang terbentang di garis finish, jangan berusaha untuk mencapainya dengan menggunakan tangan. Tetap berlari dengan tenang dan biarkan badan kamu meraih pita tersebut. 
  • Ketika telah melewati garis finish, jangan berhenti mendadak. Tetaplah lari dengan tenang, kemudian turunkan frekuensi berlari kamu. 

Itulah sekilas tentang lari jarak menengah yang bisa kamu simak baik-baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Perhatikan dan implementasikan teknik-teknik yang telah disebutkan diatas, selamat mencoba!

Baca juga:

5 Teknik Dasar Bulutangkis

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP