Teknik Dasar Fotografi Produk yang Wajib Diketahui

0
17720 Natural Lighting Pinterest
Source: Pinterest

Teknik Dasar Fotografi Produk yang Wajib Diketahui – Saat ini, semua kebutuhan hidup sudah bisa didapatkan secara online bukan? seperti misalnya anda membutuhkan produk- produk tertentu pasti akan sangat mudah jika dibeli dengan online. Ketika anda mencari produk yang diinginkan pastinya yang muncul adalah foto dari produk tersebut bukan? Jadi dengan foto tersebut akan menentukan tertarik atau tidaknya konsumen terhadap produk itu.

Maka dari itu sangat penting sekali foto produk yang keren itu diterapkan jika anda sedang dalam berbisnis online shop. Karena seorang konsumen akan sangat ingin lebih tahu produk yang pastinya dengan foto yang asli. Untuk itu, jika anda seorang bisnis online sangat penting sekali untuk mengetahui teknik dasar agar mendapatkan fotografi produk yang sangat keren. Lalu, apa teknik dasar tersebut? untuk menjawab itu semua kami akan berbagi informasi tentang 7 teknik dasar untuk mendapatkan fotografi produk yang keren.

7 Teknik Dasar Fotografi Agar Mendapatkan Foto yang Keren

1. Gunakan Kamera Smartphone


17720 Kamera Smartphone Rindi Tech
Source: Rindi Tech

Jadi teknik dasar untuk mendapatkan fotografi produk yang keren pertama adalah dengan menggunakan kamera smartphone anda. Jadi untuk menghasilkan foto yang bagus tidak harus dengan kamera mahal seperti DSLR. Dan ini bisa dijadikan solusi jika memang anda sangat low budget. Akan tetapi jika mengambil foto produk dengan menggunakan kamera smartphone tentunya anda harus memperhatikan angle-nya dan teknik lain yang nantinya hasil akan sama dengan  pemotretan dengan menggunakan kamera mahal.

2. Perhatikanlah Pencahayaan


17720 Natural Lighting Pinterest
Source: Pinterest

Teknik dasar yang kedua untuk mendapatkan fotografi produk yang sangat keren adalah dengan memperhatikan teknik dari pencahayaannya. Jadi dengan memperhatikan cahaya pada saat mengambil foto produk, maka itu akan sangat berpengaruh terhadap hasil gambar produk tersebut. untuk mendapatkan cahaya yang gratis yaitu bisa dengan menggunakan cahaya matahari. Jika anda mengambil foto dengan menggunakan cahaya alami, maka foto produk akan terlihat sangat maksimal.  akan tetapi, perlu juga diperhatikan waktu dalam mengambil gambar produk tersebut. hal ini dikarenakan hasilnya akan bergantung terhadap posisi dari mataharinya.  Dan biasanya untuk waktu yang baik yaitu antara jam 12.00 hingga 14.00.

3. Buat Studio Mini


17720 Studio Mini DPReview
Source: DPReview

Jika anda merupakan pemula dalam menjalani bisnis online, dan ketika akan memotret foto produk pasti mengiranya harus menyewa studio yang mengeluarkan biaya cukup banyak.  Namun, untuk solusi yang sangat low budget, anda bisa kok dengan membuat studio mini untuk memotret foto produk tersebut. jadi, anda cukup menyediakan ruangan khusus dan lengkapi dengan lampu sorot, background dan juga perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.  Jadi dengan memiliki studio mini sendiri, maka akan sangat menghemat budget bukan? karena tidak perlu datang berulang kali ke studio foto untuk menyewa setiap akan memotret produk anda.

4. Gunakan Background Polos


17720 Background Polos BigCommerce
Source: BigCommerce

Jika ingin mendapatkan foto produk yang keren sekaligus banyak diminati oleh konsumen, maka gunakanlah background foto yang polos. Hal ini ini karena seorang konsumen akan memperhatikan produknya dengan seksama tanpa harus memperhatikan background yang rame. Jadi dengan background polos akan lebih meningkatkan ketertarikan konsumen untuk membeli produk anda.

5. Gunakanlah Berbagai Macam Angle


Teknik untuk mendapatkan foto produk keren dan pasti juga akan sangat diminati oleh para konsumen yakni dengan mengambil foto produk dari berbagai macam angle. Jadi, produk anda bisa diambil fotonya dari posisi bagian depan, samping, belakang dan juga secara menyeluruh. Dan yang tak kalah penting yaitu foto detail dari produk yang anda jual. Karena setiap konsumen ketika membeli akan mencari detail dari produk tersebut.

6. Jangan Terlalu Banyak Editan


17720 Editing Photoshop Oberlo
Source: Oberlo

Teknik yang selanjutnya untuk menghasilkan fotografi produk yang keren yaitu dengan menghindari banyaknya mengedit foto. Memang jika ingin menghasilkan foto yang keren dan cantik yaitu dengan cara mengeditnya terlebih dahulu sebelum diupload. Akan tetapi jika anda mengedit dengan sangat berlebihan pada foto produk, maka itu akan sangat berpengaruh dalam minat atau tidaknya konsumen terhadap produk anda. Iya karena mereka akan menganggap bahwa produk asli tidak akan sesuai dengan foto produk. Maka dari itu anda cukup menaikkan brightn

ess dan juga contras  saja pada foto.

7. Tambahkan Watermark


17720 Watermark Hura Tips
Source: Hura Tips

Menambahkan watermark dalam mengambil foto produk itu sangat penting, selain itu membuat foto terlihat keren juga itu bisa menghindari jika hasil foto produk anda tidak akan diambil oleh orang lain. Akan tetapi dalam menambahkan watermark, penempatannya pun juga perlu untuk diperhatikan. Yaitu sebaiknya anda menghindari untuk menambahkan watermark di bagian pojok karena hal ini akan sangat mudah untuk dihapus ataupun di crop. Jadi anda bisa meletakkan di bagian tengah dengan secara transparansi agar foto dari produk tidak tertutupi dan sangat jelas jika dilihat.

Nah, itulah sedikit informasi tentang 7 teknik dasar untuk mendapatkan fotografi produk keren yang bisa kami bagikan. Bagaimana, sangat mudah bukan teknik-teknik dasarnya? Jadi, buat anda yang ingin mendapatkan fotografi produk yang keren, bisa banget dengan menerapkan teknik-teknik yang sadah kami bagikan diatas.

BACA JUGA!

Trik Mendapatkan Hasil Foto Makanan yang Bagus