Teknik dan Cara Menanam Anggrek dengan Mudah

0
21720 Anggrek Bawah Matahari Old Farmers Almanac
Source: Old Farmer's Almanac

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bunga sangat indah. Sehingga tak heran jika sebagian banyak orang menjadikan anggrek sebagai tanaman bunga hias. Semakin banyak orang yang berminat memelihara anggrek. Semakin banyak peminat anggrek, kini harganya juga semakin mahal. Mengingat cara menanam serta merawat anggrek juga membutuhkan usaha ekstra.

Seperti yang telah kita ketahui anggrek merupakan bunga dengan ciri khas tersendiri, karena tumbuh menempel pada pohon-pohon. Nah, apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin menanam anggrek? Jika benar, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya bagi pemula. Tak perlu khawatir karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai teknik dan cara menanam anggrek.

Jenis Bunga Anggrek


21720 Jenis Bunga Anggrek Kompasiana
Source: Kompasiana

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menanam bunga anggrek, perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis bunga anggrek yaitu anggrek Epiphyt dan Terrestris. Dengan kata lain, anggrek Epiphyt hidup dengan cara menempel pada tanaman lain, sedangkan anggrek Terrestris hidup pada tanah humus yang subur.

Nah, jika Anda berencana untuk menanam bunga anggrek, penting sekali untuk mengetahui media yang akan digunakan. Media ini juga harus disesuaikan dengan jenis anggrek tersebut. Sebenarnya budidaya anggrek tidaklah ribet. Bahkan, untuk menanamnya tidak membutuhkan pot dan bisa menempel pada tanaman lain.

Lokasi Tanam yang Baik untuk Anggrek


21720 Anggrek Bawah Matahari Old Farmers Almanac
Source: Old Farmer’s Almanac

Teknik dan cara menanam anggrek yang pertama yaitu memperhatikan lokasi tanam yang baik dalam hal ini disarankan untuk memilih lokasi dengan intensitas matahari yang cukup mengingat pertumbuhan anggrek dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. agar anggrek bisa tumbuh secara maksimal usahakan untuk menyesuaikan jenis anggrek dengan tingkat intensitas matahari.

Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahayanya anggrek terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pertama yaitu jenis tanaman anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung, jenis anggrek yang cocok dibudidayakan pada tempat terbuka adalah anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.

Ada tiga jenis anggrek dengan intensitas cahaya matahari yang berbeda. Jenis pertama anggrek Vanda, arachnis dan renanthera yang harus mendapatkan sinar matahari secara langsung. Jenis kedua yaitu anggrek Ancedium, anggrek Cattleya dan anggrek Dendrobium. Yang mana jenis anggrek ini bisa tumbuh pada tempat yang tidak terkena sinar matahari. Jenis ketiga yaitu Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis yang bisa tumbuh di halaman rumah teduh.

Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek


21720 Anggrek Rafael
Source: Rafael Florist

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah memastikan kondisi lingkungan yang tepat perhatikan ketinggian pot anggrek karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anggrek ada tiga jenis ketinggian lokasi tanaman anggrek yaitu 500 sampai 1000 mdpl untuk jenis Dendrobium dan Oncidium. Sedangkan dengan ketinggian 500 mdpl untuk anggrek jenis Vanda dan Arachnis.

Lokasi yang paling tepat agar pertumbuhan anggrek bisa maksimal yaitu di ketinggian dengan angin sepoi-sepoi. Selain itu, Agar tanaman anggrek bisa tumbuh subur serta menghasilkan bunga yang indah perlu juga memperhatikan kelembaban udara.

Pemilihan Bibit Anggrek


21720 Bibit Anggrek SHP
Source: SHP

Cara menanam anggrek yang paling dasar yaitu memilih bibit anggrek yang tepat. Sangat disarankan untuk memilih bibit yang sudah berusia 1 tahun dan memiliki daun serta akar. Karena dengan ciri-ciri tersebut bibit siap dibudidayakan.

Setelah bibit anggrek siap, langkah selanjutnya tinggal menanamnya ke dalam plastik. Setelah 3 bulan, langsung pindahkan ke dalam pot kecil yang berukuran 6-12 cm. Nah, agar pertumbuhan bunga anggrek lebih maksimal, berikan pupuk organik. Bunga anggrek bisa dipindahkan ke dalam pot yang berukuran besar jika sudah memasuki 3 bulan selama di pot kecil.

Perawatan Tanaman Anggrek


21720 Perawatan Tanaman Anggrek Ubaya
Source: Ubaya

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawat tanaman anggrek. Seperti halnya setelah 3 bulan, akar akan tumbuh dan keluar dari tanah. Cara mengatasinya yaitu dengan memindahkannya ke pot yang lebih besar. Setelah anggrek sudah memiliki batang yang tinggi jangan sampai roboh. Maka dari itu harus menggunakan tiang penyangga pada batang tetap berdiri tegak.

Langkah selanjutnya yaitu menempatkan tanaman anggrek pada suhu yang tepat. Lokasi yang tepat yaitu dengan suhu 14 – 36 derajat celcius. Karena anggrek akan mengalirkan bunga yang indah jika bisa menjaga suhu secara tertulis.

Cara Memindahkan Anggrek


21720 Memindahkan Anggrek Taiwan Today
Source: Taiwan Today

Setelah tanaman anggrek semakin besar, Anda harus memindahkannya pada pot baru yang lebih besar. Siapkan pot yang baru lalu cabut bibit anggrek pada pot yang lama. Setelahnya, tinggal pindahkan anggrek tersebut pada pot baru. Tambahkan sedikit media tanam seperti pakis cincang serta pastikan posisinya Sampoerna. Setelahnya tinggal meletakkan tanaman anggrek tersebut pada lokasi yang tepat.

Cara menanam anggrek sebenarnya tidaklah rumit. Bahkan, untuk melakukannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Tetapi tetap lakukan cara perawatan yang tepat agar anggrek bisa tumbuh maksimal.

BACA JUGA!

Cara Menanam Bunga Matahari dari Biji