Teknik Arsir: Fakta, Jenis dan Tips Membuatnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
teknik-arsir
Daftar Topik

Teknik Arsir – Untuk menjadikan objek lebih nyata, diperlukan teknik khusus untuk menentukan bagian gelap terang pada sebuah sketsa. Teknik ini dinamakan teknik arsir. Selain menentukan sisi gelap terang dan banyangan, teknik arsir juga dapat membantu menciptakan tekstur objek.

Teknik arsir dibentuk dari guratan garis berbagai bentuk yang dibuat berulang sedemikian rupa. Dalam dunia seni rupa, arsir memiliki beragam jenis dan juga cara pembuatannya, loh. Temukan informasi lebih lanjutnya di artikel khas Blog elevenia yang satu ini.

Seputar Teknik Arsir dan Ragam Cara Membuatnya

jenis-teknik-arsir

Teknik arsir biasa digunakan dalam membuat sketsa dan beberapa jenis gambar. Ini dia informasi selengkapnya:

Fakta Menarik Tentang Teknik Arsir

teknik-arsir

Arsir merupakan salah satu teknik menggambar sketsa yang masing digunakan di masa sekarang. Biasanya, teknik ini digunakan pada semua jenis gambar. Mulai dari ilustrasi, semi-realis, hingga realistik. Namun, pada jenis gambar realis, teknik punya peran yang sangat penting. Yaitu membuah detail tekstur pada gambar menjadi lebih nyata.

Umumnya, arsir dasar dibuat menggunakan beragam jenis pensil dengan ketebalan yang berbeda-beda. Namun pada seni rupa yang lebih lanjut seperti komik, arsir juga dibuat menggunakan alat lain. Misalnya kombinasi pena dan tinta khusus untuk menggambar. Dalam seni rupa digital, teknik ini juga dinilai penting dalam menentukan komposisi objek yang digambar.

Baca Juga: 7 Teknik Melukis, Salah Satunya Teknik Aquarel

Jenis Teknik Arsir

Setelah mengenal lebih dalam tentang fakta unik arsir, kamu bisa menemukan jenis-jenis arsir pada informasi di bawah ini. Ini dia daftar lengkapnya:

1. Arsir Silang (Crosshatching)

arsir-silang

Teknik ini agak berbeda dari jenis arsir lainnya. Arsir silang dibuat dari dua garis yang bersinggungan. Jika dilihat secara teliti, arsiran ini akan membentuk pola bentuk huruf X. Adapun perbedaaan awal garis dan garis berikutnya dalam teknik ini ialah 45 derajat.

Teknik ini punya unggulan khusus dalam menciptakan tekstur kasar atau halusnya suatu benda. Untuk membuat tekstur halus, kamu cukup merapatkan garis satu dan yang lainnya. Sedangkan untuk permukaan kasar, diperlukan jarang yang renggang antara garis satu dan lainnya.

2. Arsir Satu Arah (Hatching)

arsir-satu-arah

 

Teknik yang satu ini sangat membutuhkan goresan garis yang teratur dan searah. Kesan gelap dapat diciptakan dengan melakukan hatching yang agak tebal pada salah satu sisi gambar. Teknik hatching juga cocok menciptakan volume dan juga kesan yang halus pada suatu objek.

Selain itu, hatching juga teknik yang baik dalam menciptakan bayangan dan pencahayaan objek. Tekturnya yang halus membuat gambar semakin rapi dan indah.

3. Arsir Pointilisme

arsir-pointilisme

Bukan hanya teknik melukis, ternyata pointilisme juga masuk ke dalam jenis arsiran, loh. Teknik ini dibuat dengan membuat titik-titik kecil. Kesan warna yang lebih gelap dapat dibuat dengan jarak titik yang lebih rapat dan juga ukuran yang lebih tebal.

4. Arsir Titik

arsir-titik

Walaupun mirip dengan arsir pointilisme, arsiran titik punya karakter yang unik. Kesan yang ditampilkan pada arsir titik ini akan terlihat jauh lebih detail dan realistis. Sehingga cocok digunakan pada beragam objek. Mulai dari benda mati, hingga makhluk hidup seperti tumbuhan, manusia dan juga hewan.

5. Arsir Coretan Bebas

arsir-coretan-bebas

Kalau arsiran yang satu ini bisa dibuat dengan garis-garis yang tidak beraturan. Seperti beberapa coretan spiral acak, ataupun jenis garis tidak rata lainnya. Salah satu keunikan arsiran ini ialah karakternya yang dapat memberi detail permukaan benda. Khususnya pada benda yang memiliki struktur dan juga permukaan yang tidak rata.

6.  Arsir Circulism

arsir-circulism

Sekilas, teknik ini akan mengingatkanmu pada arsiran tak beraturan. Arsir circulism mengandalkan bentuk dasar lingkaran dalam pembuatannya. Pada permukaan gelap, jumlah lingkaran yang dibuat lebih banyak. Arsir jenis ini juga cocok untuk digunakan dalam membuat tekstur bulu dengan pola yang tidak rata. Contohnya bulu tebal pada objek boneka beruang.

7. Arsir Kontur (Contour hatching)

arsir-kontur

Sama seperti arsiran searah, arsiran ini juga dibuat dengan searah. Perbedaannya, teknik ini khusus digunakan untuk memberi detail pada kontur atau permukaan benda. Arsiran ini juga dibuat sesuai bentuk objek sehingga gambar objek yang dihasilkan menjadi lebih detail.

Baca Juga: 10 Teknik Menggambar yang Harus Kamu Ketahui

Tips dan Membuat Arsir dengan Rapi

cara-membuat-arsiran

Dalam membuat arsir, ada beberapa tips dan trik yang bisa mempermudahmu dalam membuar arsiran, diantaranya:

  1. Mengkombinasikan jenis pensil yang digunakan
  2. Menentukan arah cahaya pada benda dengan baik
  3. Membuat bentuk dasar sisi yang terkena cahaya
  4. Menggunakan alat lain untuk memperhalus arsiran
  5. Pelajari tektur dari objek yang ingin digambar.
risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP