7 Teknik Melukis, Salah Satunya Teknik Aquarel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
1. teknik aquarel
Daftar Topik

Teknik aquarel. Melukis adalah salah satu cara untuk mengungkapkan ekspresi atau perasaan pembuatnya. Pada awalnya melukis dilakukan pada dinding goa atau batu, namun kini melukis dapat dilakukan dengan menggunakan banyak media. Hasil dari melukis atau lukisan merupakan contoh karya seni seni rupa dua dimensi karena hanya memiliki dua sisi dan ukuran panjang serta lebar.

Seni lukis memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya dan pada setiap era memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Selain banyak aliran, seni lukis juga memiliki banyak teknik yang sering digunakan oleh para seniman. Teknik yang tentunya akan menghasilkan karya yang berbeda. Berbagai teknik ini dipengaruhi oleh jenis media, jenis cat, dan tentunya jenis lukisan yang ingin dihasilkan.

Teknik Melukis

Tahukah kamu bahwa ada berbagai macam teknik dalam melukis? Setiap orang tentu akan menyesuaikan teknik-teknik yang ada dengan kemampuannya. Memilih teknik lukis yang tepat sangat penting untuk menghasilkan lukisan yang bagus. Beberapa teknik yang biasa digunakan dalam melukis antara lain adalah:

1. Cara Melukis dengan Teknik Aquarel

1. teknik aquarel

Teknik aquarel adalah teknik melukis yang menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan. Teknik aquarel merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan hasil sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang. Kamu perlu menggunakan cat yang cukup encer supaya hasil lukisanmu menjadi tipis dan ringan. Cat yang terlalu kental akan memberikan kesan berat dan terlalu tebal. Selain itu, kamu perlu memperhatikan kualitas dari cat air dan kertas yang akan kamu gunakan. Untuk melukis dengan teknik aquarel, kamu disarankan menggunakan kertas aquarel. Namun jika memang harga kertas aquarel terlalu mahal, kamu tetap dapat menggunakan buku gambar biasa. Tentunya, kualitas lukisan yang dihasilkan akan berbeda kualitasnya. Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah kuas. Ada beragam merek kuas sehingga kamu bisa menyesuaikan kuas yang akan kamu gunakan dengan kantongmu.

2. Teknik Plakat

teknik aquarel 2. teknik plakat

Teknik plakat adalah teknik yang digunakan dalam melukis yang bertolak belakang dengan teknik aquarel. Jika teknik aquarel bertujuan menghasilkan lukisan yang tipis dan ringan, maka sebaliknya dengan teknik plakat. Teknik plakat justru menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal hingga menutupi latar belakang objeknya. Teknik seni lukis ini sering digunakan oleh pelukis profesional untuk menghasilkan lukisan yang mempesona dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

3. Teknik Goresan Ekspresif

teknik aquarel 3. teknik goresan ekspresif

Teknik goresan ekspresif merupakan teknik dalam melukis yang memberikan kesan bebas. Hal ini tidak lepas dari cara pembuatannya yang tidak terpaut pada alat tertentu. Kamu bisa menggunakan alat berupa jari, tangan, kuas, ataupun objek lain yang kamu anggap menarik.

4. Teknik Mozaik

teknik aquarel 4. teknik mozaik

Teknik mozaik atau timbul adalah pembuatan karya seni rupa yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Teknik mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karena sifatnya yang dua dimensi dan masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya.

5. Teknik Spray

5. teknik spray

Teknik spray adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Tujuan menggunakan teknik ini yakni untuk menghasilkan lukisan yang lebih halus dan motif yang unik dari hasil percikan cat. Tanpa kamu sadari, kamu sering melihat contoh lukisan ini di jalanan. Kalau kamu sering melihat graffiti di tembok-tembok jalan, itulah salah satu contoh lukisan dengan teknik spray.

Bac Juga: 10 Teknik Menggambar yang Harus Kamu Ketahui

6. Teknik Pointilis

6. teknik pointilis

Teknik lukis pointilis adalah teknik melukis dengan cara menggunakan titik-titik untuk menghasilkan lukisan. Oleh karena itu, teknik pointilis membutuhkan kesabaran yang lebih dibandingkan dengan teknik lukis lainnya. Untuk mengatur gelap terang lukisan, para pelukis biasanya menggunakan gradasi warna.

7. Teknik Tempera

7. teknik tempera

Teknik lukis tempera adalah teknik melukis yang dilakukan dengan cara mencampurkan kuning telur ke dalam cat sebagai bahan perekat. Biasanya lukisan dengan teknik tempera dibuat menggunakan media kanvas, kayu, maupun tembok. Teknik ini cukup terkenal di Eropa pada tahun 1200 hingga 1500. Contoh seniman Italia yang terkenal menggunakan teknil tempera adalah Duccio dan Simone Martini.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP