Tata Cara Sholat Jenazah dan Bacaannya Lengkap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
2320-solat jenazah
Daftar Topik

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan pada jenazah adalah menyolati. Sholat jenazah merupakan salah satu proses dalam mengurus mayit. Tata cara sholat jenazah juga telah disebutkan dalam suatu hadist. Sholat ini memiliki hukum fardhu kifayah. Sehingga, apabila telah ada orang yang melakukannya, maka kewajiiban tersebut akan gugur.

Kemudian, jika tidak ada satupun orang yang melakukan, maka seluruh orang akan mendapatkan dosa karena termasuk dalam mengabaikan dan tidak melakukan kewajiban. Berikut ini merupakan beberapa hal terkait dengan sholat jenazah.

Doa Khusus untuk Jenazah Laki-laki

Apabila Anda melakukan sholat jenazah, sudah pasti antara jenazah perempuan dan laki-laki tidak memiliki kesamaan. Perbedaan tersebut terdapat dalam bacaan doa dan juga cara pelaksanaan sholat jenazah.  Doa dilakukan sebagai upaya untuk mendoakan agar segala dosa yang dimiliki oleh mayit diampuni oleh Allah. Bacaan doa dibaca saat berada dalam takbir yang ketiga. Berikut ini merupakan doa yang dikhususkan untuk jenazah laki-laki.

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu”

Artinya yaitu, “ya Allah, ampunilah, rahmatilah, selamatkanlah dan maafkanlah ia”

Doa tersebut memiliki makna yaitu permintaan ampun kepada Allah agar mengampuni dosa sang mayit serta melimpahkan berbagai rahmat padanya.

Doa Khusus untuk Jenazah Perempuan

Kemudian apabila melakukan shalat jenazah untuk jenazah perempuan. Terdapat beberapa perbedaan namun tidak terlalu jauh. Hanya bagian dhomir nya saja. Pada jenazah laki-laki dhomirnya menggunakan kata ganti “hu”. Sedangkan untuk perempuan maka kata gantinya menggunakan “ha”.

Rukun yang Harus Dilakukan dalam Sholat Jenazah

Sholat jenazah memiliki rukun yang harus dilakukan. Rukun merupakan suatu runtutan dalam sholat jenazah yang harus dilakukan secara  tertib dan berurutan. Tata cara sholat jenazah dapat dilihat dalam rukun berikut ini.

  1. Niat, niat dalam sholat jenazah memiliki perbedaan dengan niat pada sholat fardhu.
  2. Sholat jenazah dilakukan dengan cara berdiri. Tentu saja hal ini berlaku pada orang yang memiliki kemampuan untuk berdiri. Sedangkan orang yang kesulitan maka memiliki pengecualian.
  3. Takbir yang dilakukan adalah sebanyak 4 kali.
  4. Pada saat takbir pertama, harus mengangkat tangan.
  5. Kemudian setelah melakukan takbir pertama, maka membaca surat Al-Fatihah.
  6. Membaca sholawat yang ditunjukkan kepada Rasulullah Saw.
  7. Membacakan doa kepada jenazah. Doa yang dipanjatan untuk jenazah perempuan dan laki-laki memiliki perbedaan.
  8. salam

Niat Sholat Jenazah

Pada saat melakukan sholat jenazah, maka niat sangat penting dan menjadi salah satu komponen yang menyebabkan sholat menjadi sah. Oleh karena itu, mengerti terkait dengan niat sangatlah penting. Tata cara shalat jenazah yang pertama kali harus dipahami adalah terkait dengan niat.

Berikut ini merupakan niat yang dapat dibaca khusus untuk jenazah laki-laki.

“Ushallu ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardhol kifayati ma’miman lillahi ta’ala”

Artinya: “Niat saya aas shalat jenazah laki-laki ini empat kali takbir fardhu kifayah sebagai makmum. Karena Allah Ta’ala”

Kemudian niat yang dibaca untuk sholat jenazah khusus perempuan adalah sebagai berikut.

“Usholli ‘ala hadzihil mayyitati arba’a takbirotin fardhol kifayati ma’mumaan lillahi ta’ala”

Artinya: “Niat saya atas shalat jenazah perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah sebagai makmum, karena Allah ta’ala”

Tata Cara Pelaksanaan dalam Sholat Jenazah

Pelaksanaan sholat jenazah juga memiliki proses dan cara. Bagi orang yang belum pernah melakukan sholat jenazah pasti bingung terkait dengan tata cara pelaksanaannya. Berikut ini merupakan tata cara sholat jenazah.

  1. Niat yang baik adalah niat yang selalu diingat dalam hati. Terdapat berbagai pendapat terkait dengan niat dalam sholat jenazah. Mulai dari diperbolehkan diucapkan, kemudian ada pula yang hanya boleh di ucapkan dalam hati.
  2. Melakukan takbirotul ihram sembari dengan mengangkat kedua tangan sama seperti sholat pada umumnya Kemudian membaca surat Al-Fatihah.
  3. Saat selesai membaca surat al-Fatihah, maka tata cara sholat jenazah selanjutnya yaitu, melakukan takbirotul ikhram yang kedua dengan posisi tangan sama seperti melakukan takbir yang pertama kemudian dilanjutkan membaca sholawat atas nabi.
  4. Setelah melakukan kegiatan takbirotul ihram, maka selanjutnya mengatur letak posisi tangan. Posisi tangan terletak di atas pusar. Posisinya sama persis seperti saat melakukan sholat seperti umumnya.
  5. Melakukan takbirotul ihram yang ketiga dengan cara mengangkat tangan selanjutnya membaca doa yang dikhususkan untuk mayit
  6. Melakukan takbirotul ihram yang keempat dengan cara mengangkat tangan selanjutnya membaca doa
  7. Perbedaan doa yang dibacakan pada takbir ketiga dan ke empat adalah pada subjek yang didoakan. Pada takbir ketiga, doa dikhususkan untuk mayit. Sedangkan doa yang dibacakan pada takbir keempat boleh dikhususkan untuk mayit kembali, atau doa untuk keluarga mayit.
  8. Memberi salam

Keutamaan dari Sholat Jenazah

Tentunya bagi orang yang melakukan sholat jenazah memiliki keutamaan. Keutamaan tersebut merupakan pahala yang besar. Apabila diibaratkan maka pahala yang diperoleh akan sebesar gunung uhud. Terlebih lagi jika orang tersebut merawat jenazah hingga mengiringi dan menguburkan jenazah.

Pembahasan terkait dengan tata cara sholat jenazah memang sangat penting. Pasalnya bagi orang yang tidak pernah melakukan solat jenazah, pasti akan bingung terkait dengan cara pelaksanaannya.

BACA JUGA! 4 Keutamaan Surat Al Mulk yang Luar Biasa

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP