Tata Cara dan Niat Sholat Jamak Qoshor

0

Sebagai umat Islam, salat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus selalu dijalankan tepat waktu. bahkan salah juga menjadi tiang agama Islam dan menjadi salah satu bukti bahwa seorang mukmin dan Muslim selalu taat kepada Allah SWT. Allah sendiri sama sekali tidak menyulitkan umatnya dalam perihal ibadah. Dan Allah SWT menunjukkan rasa sayangnya dengan adanya sholat jamak qoshor ketika Anda di dalam perjalanan jauh atau bisa disebut sebagai musafir.

Jika seseorang yang tengah berada di dalam perjalanan jauh maka akan diberikan keringanan pada saat menjalankan salat wajib yang dinamakan sebagai salat jamak qoshor. Namun perlu Anda ketahui tidak semua perjalanan bisa melaksanakan salat jamak qashar karena memiliki persyaratan dan juga ketentuan tertentu. Namun, yang perlu diperhatikan Anda tahu niat sholat jamak qoshor.

1. Tata Cara Sholat Jamak Qashar yang Baik dan Benar


Tata cara dalam melaksanakan dan niat sholat jamak qoshor memang tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. contohnya saja ketika seseorang pergi ke mal kemudian menjamak salat tentu saja hal tersebut merupakan perbuatan yang sangat salah. Sebab, tata cara untuk melaksanakan salat jamak qashar hanya boleh dilaksanakan Ketika seseorang tersebut betul-betul berada di dalam kondisi yang darurat.

Perlu Anda ketahui jika salat jamak qashar tentu akan sangat berbeda dengan salat jamak fatim dan juga jamak takhir, Hal ini dikarenakan salat qashar memiliki makna meringkas. Maknanya ialah salat qasar ini meringkas dari salat yang mempunyai empat rakaat menjadi dua rakaat.

Misalnya saja ketika Anda tengah melakukan perjalanan jauh kemudian memasuki sholat dhuhur maka Anda bisa melakukan sholat dhuhur sebanyak 2 rakaat saja dan begitupun dengan salat isya’. Namun anda perlu mengingat jika salat dengan jumlah 4 rakaat lah yang dapat di qashar sehingga untuk salat subuh dan juga maghrib tidak boleh dilakukan sholat qashar.

Allah pun telah berfirman di dalam Alquran pada surat an-nisa tepatnya di ayat 101:

وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِى ٱلْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُوا۟ مِنَ ٱلصَّلَوٰةِ إِنْ خِفْتُمْ أَن يَفْتِنَكُمُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ ۚ إِنَّ ٱلْكَٰفِرِينَ كَانُوا۟ لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِينًا

“Dan jika kamu tengah bepergian di muka bumi ini, maka diperbolehkan untuk kamu meng-qashar sholat, ketika kamu takut diserang orang-orang kafir sebetulnya orang-orang kafir itulah yang merupakan musuh nyata bagimu”.

  • Niat Sholat Jamak Qoshor Dan Jamak Taqdim Yang Benar

Anda harus paham betul dengan niat sholat jamak qoshor, karena ini menjadi salah satu kunci sholat sah.

أصلي فرض الظهر جمع تقديم بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

“aku berniat melakukan salat fardhu dzuhur 2 rakaat qashar dengan menjamak salat ashar karena Allah ta’ala”.

  • Niat Sholat Qashar Dan Jamak Takhir Yang Benar

أصلي فرض الظهر جمع تأخير بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

“Aku berniat melaksanakan salat fardhu ashar 2 rakaat shalat dengan menjamak shalat dzuhur karena Allah ta’ala”.

2. Perincian Hukum dalam Melaksanakan Sholat Qashar


  • Jawaz Atau Boleh

Seseorang yang boleh melakukan salat qashar ketika iya tengah melakukan perjalanan yang mencapai 84 mil atau 16 farzah, atau bisa juga mencapai 8 KM lebih 640 meter. Tentu saja salat qashar ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang melakukan perjalanan jauh entah itu di darat ataupun laut. dengan cara yang seperti itu maka mereka pun dianjurkan atau disunahkan untuk melakukan salat qashar.

  • Lebih Afdhal Melaksanakan Qashar

Nah, untuk orang-orang yang telah menempuh jarak mencapai 3 marhalah atau 120 km lebih maka akan jauh lebih baik jika melaksanakan sholat qashar.

  • Diwajibkan

Ketika waktu salat sudah tidak cukup untuk digunakan maka cara meringkas salat adalah wajib untuk dilaksanakan.

3. Persyaratan dari Shalat Qashar


Untuk seseorang yang bepergian namun sama sekali tidak memiliki tujuan untuk melakukan maksiat yang mana bepergian tersebut adalah untuk membayar hutang, bepergian untuk menyambung tali persaudaraan ataupun bepergian dalam rangka berdagang. Mengenai jarak yang ditempuh minimal dua marhalah yang mana perjalanan membutuhkan selama 2 hari.

Mengenai ssholat yang di qoshor merupakan salat ada’, yang mana alat tersebut akan dikerjakan pada waktunya sehingga bukan di qodho’, atau bisa juga surat qadha’ yang terjadi selama perjalanan. Sedangkan ketika seseorang telah melaksanakan salat qadha’ dari rumah maka tidak boleh di qashar. Kemudian salat qashar tidak boleh dilaksanakan dengan cara berjamaah.

Nah, pada saat Anda melaksanakan perjalanan jauh sudah tidak perlu cemas perihal masalah sholat. Sebab, sholat qoshor menjadi salah satu jalan yang sangat memudahkan umat muslim di seluruh dunia. Dan demikian sekilas informasi niat sholat jamak qoshor yang bisa diberikan kepada Anda, semoga bermanfaat.

BACA JUGA! 

Tata Cara dan Pelaksanaan Sholat Sunnah Rawatib