Tanaman Pembersih Udara yang Wajib Ada di Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
22720 Peace Lily IDN Times
Daftar Topik

Tanaman ternyata bukan hanya sebagai penghias rumah saja, akan tetapi ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Salah satunya seperti 7 tanaman pembersih udara yang wajib ada di depan rumah Anda berikut ini yang bisa mempercantik dan sekaligus membersihkan udara di sekitar rumah.

7 Jenis Tanaman Pembersih Udara

1. Lidah Mertua


22720 Lidah Mertua Merdek
Source: Merdeka

Tanaman pembersih udara yang ada pada di depan rumah Anda yang pertama adalah lidah mertua. Nama ilmiah dari lidah mertua adalah sansevieria trifasciata dan memang terkenal sebagai tanaman hias yang sangat baik sebagai pembersih udara. Tanaman ini mampu menyerap berbagai macam polutan udara mulai dari nikotin, karbon monoksida, dioksin, trichloroethylene, formaldehyde dan juga benzena.

Selain itu daun lidah mertua dewasa sebanyak 5 sampai 6 lembar bisa membersihkan udara di dalam ruangan hingga 100 meter kubik. Bahkan lidah mertua bisa mendatangkan energi positif jika Anda letakkan di sudut ruangan sebagaimana menurut tradisi Cina yaitu kepandaian, kemakmuran serta panjang umur.

2. Lidah Buaya


22720 Lidah Buaya Grid ID
Source: Grid ID

Tanaman yang aslinya berasal dari Arab memang sejak dulu sudah digunakan manusia untuk diambil manfaatnya. Lidah buaya banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik serta penyubur rambut. Tanaman yang memiliki nama ilmiah aloe vera ini juga baik untuk membersihkan udara karena bisa menyerap formalin, bencana serta bahan-bahan kimia lainnya yang ada di udara.

Lidah buaya tidak membutuhkan perawatan khusus karena tak perlu sering-sering disiram. Sebagaimana yang sudah dibuktikan oleh NASA bahwa lidah buaya bisa melahap formaldehida yang ada di udara. Dengan demikian lidah buaya sangat cocok ada di depan rumah Anda.

3. Majesty Palm


22720 Majesty Palm 1 800 Flowers
Source: 1-800 Flowers

Majesty palm atau yang efek dikenal sebagai palem oleh orang Indonesia merupakan salah satu tanaman hias yang habitat aslinya ada di Mexico serta Amerika tengah yang beriklim tropis. Tanaman ini dikenal sebagai bamboo palm atau juga  red palm dalam bahasa Inggris. Sedangkan bahasa latinnya adalah Chamaedorea seifritzii.

Tanaman hias yang satu ini sangat cocok ada di depan rumah Anda karena bisa menyerap formalin, benzena serta trichloroethylene yang ada di udara. Selain itu dinding yang sudah dicat dan tanaman ini diletakkan di dekatnya mampu menyerap zat yang keluar dari dalam cat tersebut.

4. Anthurium Bunga


22720 Anthurium Bunga Amber Figueroa
Source: Amber Figueroa

Anthurium bunga suka menjadi salah satu tanaman yang cocok ada di depan rumah Anda karena bukan hanya bunganya saat mekar sangat eksotis dan menarik. Bukan hanya mempercantik rumah Anda namun juga sangat baik dalam menyedot zat amonia, xilena, toluene serta formaldehida.

5. Sri Rejeki


22720 Sri Rejeki Hai Bunda Com
Source: Hai Bunda

Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman Sri rejeki kau yang memiliki nama latin Aglaonema. Harga dari tanaman ini cukup mahal bahkan bisa mencapai 100 juta per potnya. Hal tersebut sesuai dengan manfaatnya yang mampu membersihkan udara yaitu formaldehida serta benzena.

Sri rejeki populasinya sangat banyak dan cocok tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Jika Anda meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh, maka daunnya akan melebar dan tangkainya akan memanjang. Namun pastikan Anda sering mengeluarkan tanaman ini agar mendapatkan cahaya matahari.

6. Bunga Krisan


22720 Bunga Krisan Bibit Online
Source: Bibit Online

Bunga krisan atau disebut juga dengan bunga seruni merupakan Bunga Nasional negara Jepang. Namun habitat asli dari bunga krisan ini tersebar di Asia serta timur laut Eropa juga merupakan salah satu tanaman yang cocok ada di depan rumah Anda karena manfaatnya yang luar biasa.

Bunga krisan ini mampu menyerap polutan berbahaya yang ada di udara seperti amonia, benzena, xylene serta formalin. Bunga krisan memiliki nama latin Chrysanthemum yang memiliki daun berwarna indah seperti kuning, merah serta merah muda. Maka dari itu bunga krisan sangat cocok jika Anda tanam untuk mempercantik rumah Anda.

7. Peace Lily


22720 Peace Lily IDN Times
Source: IDN Times

Peace lily adalah tanaman yang cantik dengan bentuk yang panjang dan memiliki warna putih serta merah. Tanaman yang memiliki nama latin Spathiphyllum ini adalah salah satu tanaman pembersih udara yang cocok jika Anda taman di depan rumah. supaya tanaman ini bisa tahan lama sebaiknya Anda meletakkannya di tempat yang teduh dan agak jauh dari cahaya matahari langsung.

Tanaman ini mampu membersihkan udara dengan menyerap benzena, formaldehida, toluena, trichloroethylene serta xylene yang mana zat-zat tersebut banyak dijumpai dalam ruangan. Akan tetapi sebaiknya Anda meletakkan tanaman ini yang jauh dari jangkauan anak-anak. Hal tersebut dikarenakan tanaman tersebut bisa membuat kulit iritasi serta sakit kepala. Untuk merawat tanaman ini cukup mudah karena tidak akan menjadi masalah jika pencahayaannya kurang. Sedangkan harga asli dari peace lily ini adalah Asia tenggara dan Amerika yang memiliki kawasan tropis.

Nah, 7 tanaman pembersih udara di atas semoga bisa menjadi referensi untuk Anda saat akan memilih tanaman.

BACA JUGA!

Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA